Wednesday 11 October 2023

Mengelola Keuangan Untuk Persiapan Biaya Pendidikan Anak

Tidak ada dalam bayangan saya, jika tahun ini saya akan berubah status menjadi seorang ibu, menjadi orang tua untuk Noura, bayi perempuan yang cantik, anak pertama kami yang lahir di bulan Mei kemarin. Sejak kehadiran Noura, bahkan sejak saya pertama kali saya dinyatakan positif hamil, banyak hal yang saya pikirkan. Antara siap dan belum siap. 

Bayar Sekolah Online
Foto: Liputan6

Di masa kehamilan, ada seorang teman berpesan kepada saya, "Mel, mumpung anak masih dalam kandungan, aku cuma mengingatkan untuk mempersiapkan tabungan pendidikan untuk anakmu nanti setelah tumbuh besar dan siap bersekolah".

Jujur pernyataan teman saya itu seperti 'tendangan' seakan saya dipaksa untuk maju dan berpikir kedepan seperti apa. Awalnya saya cuek, "Halah, anak belum lahir aja udah mikirin sekolah dan pendidikan" pikir saya.

Tapi apa yang dikatakan teman saya itu membuat saya merenung kembali, apalagi setelah melihat kondisi keuangan kami yang sepertinya belum ada kemajuan sama sekali sampai saat ini. Lalu saya pun melihat bagaimana teman-teman saya di sekitar rumah yang sedikit kesulitan terhadap biaya pendidikan anak-anak mereka yang setiap tahunnya terus meningkat, terutama untuk yang mengenyam pendidikan di sekolah swasta.

Ditambah baru saja kejadian, salah satu anak teman baik suami hampir putus sekolah, karena orang tuanya tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan membayar SPP. Well, melihat kondisi ini sebenarnya saya nggak perlu kaget, karna dunia pendidikan di negara kita ini memang masih banyak kendala. Bukan hanya teman baik suami yang kesulitan dalam membiayai pendidikan anak-anaknya, tapi di luaran sana, banyak lagi yang seperti itu dan mungkin lebih buruk dari itu.

Dari situ saya berpikir, mengelola keuangan dan mempunyai tabungan untuk biaya pendidikan anak itu penting banget. Tapi seperti yang saya bilang tadi, kondisi keuangan yang belum stabil juga menentukan bagaimana perencanaan keuangan itu akan dibuat.

Namun sebagai manusia yang punya akal, sebenarnya kita nggak perlu begitu mengkhawatirkan akan beberapa hal kesulitan yang mungkin akan terjadi di kemudian hari, karena sebagai manusia yang beriman juga, kita punya Tuhan yang selalu siap mendatangkan rezeki asal kita mau berusaha. Dan di dunia yang serba canggih dengan teknologi digital seperti sekarang ini, banyak hal yang bisa kita perbuat dan lakukan untuk mendapatkan pinjaman dana darurat untuk biaya pendidikan anak.

Salah satunya adalah fitur baru JULO Kredit Digital untuk biaya pendidikan anak.

JULO Biaya Pendidikan

JULO Kredit Digital

JULO ini adalah perusahaan finansial teknologi inovatif karya anak bangsa yang berdiri sejak tahun 2016, untuk merevolusi akses produk keuangan untuk jutaan masyarakat Indonesia. Yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Indonesia agar lebih mampu lagi dalam mengelola dan mencapai kondisi keuangan yang lebih stabil, agar kualitas hidup masyarakat Indonesia juga lebih meningkat, serta dapat mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

Saat ini JULO sudah berproses begitu cepat, fitur-fiturnya easy friendly dan bisa digunakan untuk semua kebutuhan keuangan. Dalam perjalanannya sejak 2016 hingga sekarang, JULO sudah banyak mendapatkan penghargaan diberbagai kategori di bidang keuangan.

JULO sendiri aman dan terpercaya karena sudah berizin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Untuk pengguna yang ingin memanfaatkan JULO Kredit Digital, pengajuannya juga cepat dan mudah, cukup daftar sekali, namun bisa pakai limit berkali-kali kapanpun dibutuhkan. 

JULO Kredit Digital

Melalui JULO Kredit Digital, kita dapat melakukan berbagai transaksi keuangan, seperti tarik dana, transfer dana, bayar pulsa/data, bayar listrik, BPJS, dan lainnya. Dan yang terbaru di 2023 ini adalah fitur JULO Tiket Kereta dan JULO Biaya Pendidikan.

Namun seperti yang sudah sedikit saya bahas di atas, saya akan mengulik sedikit tentang JULO Biaya Pendidikan.

JULO Biaya Pendidikan

Fitur Biaya Pendidikan JULO ini adalah fitur pembayaran biaya pendidikan untuk kebutuhan sekolah, seperti bayar SPP, uang sekolah, uang gedung/pangkal yang sering menjadi kendala para orang tua. Belum lagi biaya seragam, uang kegiatan, les, dan banyak lagi keperluan lainnya.

JULO Biaya Pendidikan ini tersedia untuk di segala jenjang pendidikan resmi di seluruh Indonesia, mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga kuliah. Ada ribuan list sekolah yang bisa kita pilih

Ada beberapa keunggulan yang ada di JULO, di antaranya;

  • Limit JULO Tinggi
    Di sini kita bisa leluasa bayar beragam biaya pendidikan, karena limitnya bisa sampai 15 juta rupiah. Belum lagi sisa limitnya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya tanpa harus melunasi pinjaman terlebih dahulu.

  • Tenor JULO Panjang dan Fleksibel
    Sangat praktis karena kita bisa membayar berbagai biaya pendidikan melalui JULO dengan pilihan tenor yang fleksibel - hingga 9 bulan yang bisa disesuaikan tanggal bayarnya.

  • Fitur JULO Yang Lengkap dan Praktis
    Dengan fitur biaya pendidikan, kita bisa membayar apapun kebutuhan bayar pendidikan dengan mudah praktis.

Lalu bagaimana caranya kita sebagai orang tua jika sedang membutuhkan biaya pendidikan dan ingin menggunakan fitur biaya pendidikan pada aplikasi JULO?

Untuk mengajukan Kredit JULO Biaya Pendidikan, kita dapat mendownload aplikasi JULO terlebih dahulu di playstore, lalu memahami dan mengikuti petunjuk cara bayar SPP online serta biaya pendidikan lainnya dengan JULO.

Ada 3 langkah mudah berikut yang bisa diikuti.

JULO Kredit Digital
  1. Pertama download dan registrasi pengguna di aplikasi JULO dengan lengkap sesuai data yang diperlukan, lalu klik fitur Biaya Pendidikan.
  2. Yang kedua, tambahkan detail sekolah tujuan, dengan cara mengisi form nama sekolah yang ada di list, nomor rekening, nama siswa dan nomor induk siswa dengan benar.
  3. Yang ketiga, masukkan nominal pembayaran dan pilih tenornya sesuai kemampuan, lalu terakhir konfirmasi pembayaran biaya pendidikan online dengan PIN dan Tanda Tangan Elektronik kita.

Dilihat dari cara mudah dalam mengajukan pinjaman dana darurat untuk biaya pendidikan, JULO bisa menjadi satu solusi untuk Orang Tua dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak. Yang harus diperhatikan dan dipahami lebih detail lagi, setelah mendapatkan kemudahan dalam menggunakan JULO Kredit Digital untuk biaya pendidikan online, kita pun harus disiplin dalam membayar cicilannya. Agar kelak kita bisa tenang dalam mengelola keuangan yang selanjutnya.

5 comments:

  1. Wah benar banget tuh, Kak kadang saya juga bingung tentang mengelola keuangan anak

    ReplyDelete
  2. Ternyata sekarang ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mempermudah mengatur keuangan sekolah anak nih ya. Keren

    ReplyDelete
  3. Lumayan mudah nih ya, Kak ternyata ketika hendak menggunakan aplikasi tersebut

    ReplyDelete
  4. Saya jadi ingin menggunakan aplikasinya juga nih, Kak agar bisa menjadi lebih mudah dalam mengelola keuangan biaya pendidikan anak

    ReplyDelete
  5. Banyak banget nih ya, Kak ternyata keunggulan dan kemudahan jika menggunakan aplikasi di atas

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin