Tuesday 9 June 2020

Begini Cara Mudah Nonton Serial Drama dan Film Asia di Telegram

Daebak, saya kemana saja selama ini, baru tau kalau ternyata nonton Drama Korea dan drama-drama Asia lainnya atau film dari negara lain pun bisa lewat Telegram, aplikasi pengirim pesan serupa Whatsapp, Line dan lainnya. Padahal Telegram sudah ada sejak jaman saya masih SD dulu, ya kan? Telegram sebagai alat komunikasi masyarakat dunia jika ingin mengirimkan pesan.


Dulu, sebelum ada Telepon, SMS, Whatsaoo, e-Mail, Line, dan lainnya seperti sekarang, orang-orang menggunakan Telegram untuk mengirimkan pesan singkat dengan cepat. Ya kalau ingin mengikuti perkembangan teknologi, kita beruntung hidup di jaman sekarang, yang semuanya serba digital. Dimudahkan dalam segala hal. Tinggal sentuh layar hape, kita bisa melakukan banyak hal.
Tapi Telegram dulu dan sekarang jelas sangat berbeda ya. Walaupun sama-sama cepat dalam mengirimkan pesan.

Sebentar, saya tuh termasuk orang yang nggak begitu suka jika kebanyakan aplikasi di smartphone. Aplikasi Telegram ini termasuk yang bolak balik saya install-uninstall. Karena saat itu saya berpikir, Telegram belum begitu berfungsi maksimal untuk saya manfaatkan sebagai alat komunikasi. Maksudnya sudah cukup lah pakai Whatsapp saja, atau sosial media lain untuk menjalin komunikasi dengan lainnya. Toh, orang-orang yang berinteraksi dengan saya ya itu-itu saja. Nggak terlalu banyak. Komunitaspun lebih banyak menggunakan WA.

Kalau kebanyakan aplikasi di handphone pun tak bagus kan kalau nggak terpakai, memenuhi memory saja. Alhasil beberapa aplikasi saya hapus karena jarang dipakai, termasuk si Telegram ini.

Dan mungkin saya ini memang kudet (kurang update) dan nggak gaul dengan banyak orang penggemar film/drama. Karena memang aslinya nggak begitu suka nonton. Tapi akibat dari wabah Corona ini, saya mencari banyak cara agar tak bosan di rumah. Ya salah satunya nonton drama Korea, selain belajar memasak, mencoba resep masakan baru di Kosan, tentunya.

Baca juga: 7 Peralatan Masak Sederhana Yang Perlu Dimiliki Anak Kos

Selama ini saya nonton Drama Korea di aplikasi berlangganan Viu, Netflix, Iflix dan lainnya, namun karena ada beberapa serial drama atau film yang nggak tayang di layanan streaming tersebut, saya mencoba mencari alternatif lain. Misalnya download dari website ilegal (jangan ditiru) untuk mencari link download-nya. Atau yang sedang ramai dibahas banyak juga yang nonton lewat facebook. Tapi karena facebook ini updatenya terlalu cepat, nyari linknya susah dan tenggelam dengan postingan terbaru, akhirnya saya menyerah untuk nonton serial drama Asia di Facebook.

Ok, deh dari pada kebanyakan celotehan nggak penting juga, saya mau share saja hasil usaha saya dalam mencari cara nonton serial drama Asia gratis di internet tanpa ribet. Cara ini sebenarnya sudah banyak diposting oleh netizen lainnya, tapi nggak apa-apa deh ya saya repost untuk update postingan blog saya hehe.


Drama China: Love Designer

Cara Nonton Drama Korea Jepang di Telegram.

Yang pertama, tentu saja teman-teman pecinta drakor harus download dan install aplikasi Telegram-nya terlebih dahulu di handphone masing-masing melalui playstore dan istore. Aplikasi Telegram ini juga tersedia versi desktop (pc/laptop).

Setelah diinstall, silahkan diregistrasi seperti biasa, gunakan data-data yang benar, agar jika suatu waktu terjadi error dengan akun Telegramnya bisa diperbaiki dengan cara yang benar. Setelah itu biar nggak bingung pelajari terlebih dahulu cara menggunakan Telegram dengan baik, cek satu-satu fiturnya dan fungsinya untuk apa saja. Walau Telegram sama-sama aplikasi untuk bersosial media, namun tentunya ada beberapa perbedaan dengan aplikasi lainnya.

Setelah mengerti atau paham cara menggunakan Telegram, saatnya mencari grup-grup yang menyediakan video-video serial drama yang kita cari. Caranya bagaimana?

Manfaatkan fitur SEARCH!

nonton-drakor-di-telegram
Versi desktop

Kalau sudah mengerti bagaimana caranya memanfaatkan fitur search, tinggal temukan saja grup-grup pecinta drama korea yang menyediakan video nonton serial drakor atau drama asia lainnya, salah satunya yang banyak membernya itu K-Lovers. Segampang itu, kok.

__
Telegram versi smartphone

Tapi, perlu diperhatikan juga, setelah masuk grup drakor ini, teman-teman nggak boleh manja. Kita harus usaha sendiri untuk mendapatkan link ataupun video yang kita inginkan. Tenang, admin-adminnya baik-baik kok. Seperti yang saya bilang tadi, pelajari dulu aplikasi Telegram sebelum mulai mencoba nonton drakor di aplikasi ini.

Nggak ribet kok, asalkan kita mau belajar dan berusaha mencari caranya bagaimana. Karena jika sudah paham, banyak sekali informasi atau keuntungan yang bisa kita dapatkan. Nggak cuma soal nonton serial drama atau film lainnya, tapi ada juga grup-grup khusus yang bisa kita manfaatkan untuk belajar tentang hal lainnya.

Nah, nggak enaknya nonton film di Telegram kalau pake hape atau smartphone videonya itu akan otomatis ke-download dan tersimpan di memori hape. Kalau nggak punya kapasitas memori, ini bikin penuh. Walau size setiap episodenya nggak lebih dari 200mb. Jadi kalau nggak mau repot mindahin datanya ke laptop/pc/flashdisk, yang nontonnya pakai desktop aja, karena kita bisa streaming langsung tanpa harus download.

6 comments:

Terima Kasih - @melfeyadin