Tuesday, 8 June 2021

Qubisa Tempat Belajar dan Kursus Online Gratis Tanpa Ribet

Beberapa hari yang lalu saya membaca postingan  instagram story punya seorang teman, dia bercerita dengan membagikan pengalamannya memanfaatkan waktu luang selama pandemi ini untuk menambah ilmu baru dengan belajar dan kursus secara online, di tengah kesibukannya kerja dan kuliah online. Saya cukup takjub dengan apa yang dia lakukan, dengan waktu yang padat, namun masih bisa membagi waktunya.

kursus online qubisa

Saat ini Ia sedang belajar memperdalam ilmu digital marketing karena berhubungan juga dengan pekerjaan dia, dari QuBisa salah satu platform belajar online.
Saya minta tips ke dia, bagaimana caranya mengatur waktu agar bisa selalu termotivasi menjalankan rutinitas sehingga bisa multitasking dan tetap bisa fokus belajar. Kuncinya cuma satu sih katanya, semangat! Hmm.

Jujur saja, tidak bisa dipungkiri pandemi ini membuat kondisi psikologis dan ekonomi menjadi sedikit tidak stabil. Jangankan untuk mikirin belajar, terkadang untuk semangat bangun pagi saja rasanya susah dan gelisah. Banyak sekali yang berputar-putar di kepala. Saya harus ngapain lagi nih hari ini? Biar bisa menjalani hidup dan enjoy dengan keadaan yang sekarang ini? Semua usaha sepertinya sudah saya coba. Tapi kayak saya masih stuck di situ aja.

Rasanya bosan, kerja di rumah terus karena mobilitas yang terbatas. Mau kemana-mana pun masih khawatir takut terpapar virus covid-19 di luaran sana yang kasusnya masih terus meningkat di Indonesia dan harus berpikir cermat juga mengatur keuangan agar tidak minus dan berantakan.

Saya sadar, setiap orang punya masalahnya sendiri, dan punya solusi sendiri untuk mengatasi itu, tapi terkadang kita butuh sesuatu yang benar-benar membakar biar semangat, yak kan?

Well, saya sebetulnya saya ingin sekali ikut kursus-kursus online seperti yang dilakukan teman saya itu. Buat menambah keterampilan baru atau memperdalam skill yang sudah ada, agar bisa menjadi bekal kehidupan dan mengikuti perkembangan jaman saat ini, yang serba digital. Saya pengen belajar edit video biar menarik untuk channel youtube, karena saat ini konten video sangat diminati semua orang. Namun masalahnya, saya tidak cukup punya tabungan khusus untuk modal online course yang berbayar.

Karena rata-rata untuk bisa mengikuti kelas  belajar kursus online dari professional dan berkualitas itu berbayar. Dan biasanya, biayanya tidak sedikit untuk beberapa sesi.

Tapi teman saya itu bilang, Ia kursus online digital marketing tidak mengeluarkan banyak biaya. Apalagi katanya di Qubisa bisa kursus online gratis. Jadi dia mengoptimalkan yang ada saja dengan terus mengasah kemampuan belajarnya.

Yahhh... mengapa saya baru tau, ya??

Qubisa Platform Belajar Daring

Yah, karena masih pandemic kita masih melakukan adaptasi new normal, tatap muka secara langsung masih dibatasi, jadi belajar online atau daring masih menjadi pilihan utama saat ini. Mengikuti apa yang teman saya lakukan. Saya akhirnya mencari tau ada pelatihan dan kursus online apa saja di qubisa.

Nah, ternyata di microlearning QuBisa banyak tersedia video-video pembelajaran berdasarkan kategori yang kita cari, seperti:

  • Bisnis
  • Desain
  • Financial dan akunting
  • Human resouser
  • IT dan software
  • IT development
  • Lifestyle and health
  • Personal development
  • Sales Marketing
  • Teaching dan academic

Kategori-kategori di atas itu dibagi lagi dengan sub kategori yang lebih spesifik. Tidak hanya untuk keperluan di career development saja, tapi untuk hobi-hobi seperti memasak, make up atau kecantikan, music dan lainnya juga ada. Tinggal pilih tipe kelasnya dan dimanfaatkan saja sesuai kebutuhan.

Ya, karena ini sistemnya online, jadi kita mempelajarinya lewat video yang sudah dibuat dan dibagikan di QuBisa oleh instruktur di bidangnya masing-masing.

Karena tertarik dengan edit video untuk channel youtube, di kelas tipe microlearning saya mencari pelatihan belajar online untuk edit video dan kiat membangun konten di youtube agar bisa berkembang. Di situ saya menemukan video-video yang dishare oleh Su Rahman (Web Master, SEO expert, dan penulis) salah satu instruktur di QuBisa.

Dan kebetulan sekali pas banget ada yang saya cari tentang tutorial untuk edit video green screen menggunakan Movavi Video Editor di lomba video microlearning festival berhadiah 95 juta yang dibagikan oleh Su Rahman. Duh, saya bahagia sekali menemukan cara belajar untuk edit video ini dari platform belajar online di QuBisa.

 
Saya juga penasaran bagaimana membuat video untuk youtube dan mendapatkan viewers banyak walau subcribernya sedikit. Di video yang dibahas Su Rahman dengan judul, “Fenomena youtuber dapat banyak views tapi subscriber sedikit” itu ada triknya. Contohnya dengan membuat konten atau topik yang sedang banyak diperbincangkan dan diminati audiens, istilah jaman sekarang itu viral. Orang-orang akan lebih banyak menonton video yang kita buat karena rasa ingin tahu bukan karena butuh, kecuali jika kita membuat channel Youtube dengan niche khusus.

Untuk youtube yang sudah dimonetize, subscriber sedikit tidak menjadi masalah, yang terpenting viewsnya banyak karena dengan views yang meningkat terus, secara tidak langsung akan menghasilkan adsense yang banyak juga. Logikanya menurut Su Rahman, semakin banyak views semakin banyak pula adsense yang tampil. Namun jika channel belum dimonetize, sebaiknya diimbangi dengan konten yang dibutuhkan penonton.

Di QuBisa cara belajarnya ternyata gampang, nggak ribet, karena kita tinggal menonton atau menyimak saja tutorialnya dari video, dan kalau ingin lebih expert dan bertanya lebih lanjutnya lagi bisa mengikuti kelas berbayar yang tersedia. Atau bisa mengikuti webinar-webinar dengan materi menarik, jadwalnya bisa dilihat langsung di website atau melalui official sosial media QuBisa.

 Foto: Pexels + Canva

6 comments:

  1. senangnya ya mbak mel
    sekarang bisa belajar banyak hal secara online
    uda gitu gratis ya mbak, Qubisa benaran pilihan yg tepat

    ReplyDelete
  2. Belajar daring sekarang jadi pilihan di masa pandemi. QU melengkapi semua pelajaran itu untuk melengkapi tujuan hidup kita.

    ReplyDelete
  3. Aku rencana mau menambah ilmu melalui belajar online mba. Dan langsung pengen ke Qubisa saja jadi lebih menyenangkan )

    ReplyDelete
  4. Cukup lengkap juga kategori Qubisa ini. Saya tertarik dengan kategori yang berbau IT. Semoga Qubisa bisa menambah wawasan yang menunjang pekerjaan saya sekarang yang selalu menuntut update perkembangan.

    ReplyDelete
  5. solutif banget nih, platform Qubisa
    Udah lama pingin belajar online agar mahir SEO, belajar bikin video untuk YouTube dan lain lain
    Ternyata ada di Qubisa ya?

    ReplyDelete
  6. Menarik sekali ini teh Mel. Perlu dicoba nih Qubisa, buat mengisi waktu selama di rumah aja. Jadi biar tetep produktif. Anw aku juga lagi suka nonton tentang bangun channel youtube juga nih teh hehe. Goodluck yah Teh Mel, semoga yiutube channel nya bisa berkembang ;)

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin