Tuesday, 8 June 2021

Qubisa Tempat Belajar dan Kursus Online Gratis Tanpa Ribet

Beberapa hari yang lalu saya membaca postingan  instagram story punya seorang teman, dia bercerita dengan membagikan pengalamannya memanfaatkan waktu luang selama pandemi ini untuk menambah ilmu baru dengan belajar dan kursus secara online, di tengah kesibukannya kerja dan kuliah online. Saya cukup takjub dengan apa yang dia lakukan, dengan waktu yang padat, namun masih bisa membagi waktunya.

kursus online qubisa

Saat ini Ia sedang belajar memperdalam ilmu digital marketing karena berhubungan juga dengan pekerjaan dia, dari QuBisa salah satu platform belajar online.
Saya minta tips ke dia, bagaimana caranya mengatur waktu agar bisa selalu termotivasi menjalankan rutinitas sehingga bisa multitasking dan tetap bisa fokus belajar. Kuncinya cuma satu sih katanya, semangat! Hmm.

Jujur saja, tidak bisa dipungkiri pandemi ini membuat kondisi psikologis dan ekonomi menjadi sedikit tidak stabil. Jangankan untuk mikirin belajar, terkadang untuk semangat bangun pagi saja rasanya susah dan gelisah. Banyak sekali yang berputar-putar di kepala. Saya harus ngapain lagi nih hari ini? Biar bisa menjalani hidup dan enjoy dengan keadaan yang sekarang ini? Semua usaha sepertinya sudah saya coba. Tapi kayak saya masih stuck di situ aja.

Rasanya bosan, kerja di rumah terus karena mobilitas yang terbatas. Mau kemana-mana pun masih khawatir takut terpapar virus covid-19 di luaran sana yang kasusnya masih terus meningkat di Indonesia dan harus berpikir cermat juga mengatur keuangan agar tidak minus dan berantakan.

Saya sadar, setiap orang punya masalahnya sendiri, dan punya solusi sendiri untuk mengatasi itu, tapi terkadang kita butuh sesuatu yang benar-benar membakar biar semangat, yak kan?

Well, saya sebetulnya saya ingin sekali ikut kursus-kursus online seperti yang dilakukan teman saya itu. Buat menambah keterampilan baru atau memperdalam skill yang sudah ada, agar bisa menjadi bekal kehidupan dan mengikuti perkembangan jaman saat ini, yang serba digital. Saya pengen belajar edit video biar menarik untuk channel youtube, karena saat ini konten video sangat diminati semua orang. Namun masalahnya, saya tidak cukup punya tabungan khusus untuk modal online course yang berbayar.

Karena rata-rata untuk bisa mengikuti kelas  belajar kursus online dari professional dan berkualitas itu berbayar. Dan biasanya, biayanya tidak sedikit untuk beberapa sesi.

Tapi teman saya itu bilang, Ia kursus online digital marketing tidak mengeluarkan banyak biaya. Apalagi katanya di Qubisa bisa kursus online gratis. Jadi dia mengoptimalkan yang ada saja dengan terus mengasah kemampuan belajarnya.

Yahhh... mengapa saya baru tau, ya??

Qubisa Platform Belajar Daring

Yah, karena masih pandemic kita masih melakukan adaptasi new normal, tatap muka secara langsung masih dibatasi, jadi belajar online atau daring masih menjadi pilihan utama saat ini. Mengikuti apa yang teman saya lakukan. Saya akhirnya mencari tau ada pelatihan dan kursus online apa saja di qubisa.

Nah, ternyata di microlearning QuBisa banyak tersedia video-video pembelajaran berdasarkan kategori yang kita cari, seperti:

  • Bisnis
  • Desain
  • Financial dan akunting
  • Human resouser
  • IT dan software
  • IT development
  • Lifestyle and health
  • Personal development
  • Sales Marketing
  • Teaching dan academic

Kategori-kategori di atas itu dibagi lagi dengan sub kategori yang lebih spesifik. Tidak hanya untuk keperluan di career development saja, tapi untuk hobi-hobi seperti memasak, make up atau kecantikan, music dan lainnya juga ada. Tinggal pilih tipe kelasnya dan dimanfaatkan saja sesuai kebutuhan.

Ya, karena ini sistemnya online, jadi kita mempelajarinya lewat video yang sudah dibuat dan dibagikan di QuBisa oleh instruktur di bidangnya masing-masing.

Karena tertarik dengan edit video untuk channel youtube, di kelas tipe microlearning saya mencari pelatihan belajar online untuk edit video dan kiat membangun konten di youtube agar bisa berkembang. Di situ saya menemukan video-video yang dishare oleh Su Rahman (Web Master, SEO expert, dan penulis) salah satu instruktur di QuBisa.

Dan kebetulan sekali pas banget ada yang saya cari tentang tutorial untuk edit video green screen menggunakan Movavi Video Editor di lomba video microlearning festival berhadiah 95 juta yang dibagikan oleh Su Rahman. Duh, saya bahagia sekali menemukan cara belajar untuk edit video ini dari platform belajar online di QuBisa.

 
Saya juga penasaran bagaimana membuat video untuk youtube dan mendapatkan viewers banyak walau subcribernya sedikit. Di video yang dibahas Su Rahman dengan judul, “Fenomena youtuber dapat banyak views tapi subscriber sedikit” itu ada triknya. Contohnya dengan membuat konten atau topik yang sedang banyak diperbincangkan dan diminati audiens, istilah jaman sekarang itu viral. Orang-orang akan lebih banyak menonton video yang kita buat karena rasa ingin tahu bukan karena butuh, kecuali jika kita membuat channel Youtube dengan niche khusus.

Untuk youtube yang sudah dimonetize, subscriber sedikit tidak menjadi masalah, yang terpenting viewsnya banyak karena dengan views yang meningkat terus, secara tidak langsung akan menghasilkan adsense yang banyak juga. Logikanya menurut Su Rahman, semakin banyak views semakin banyak pula adsense yang tampil. Namun jika channel belum dimonetize, sebaiknya diimbangi dengan konten yang dibutuhkan penonton.

Di QuBisa cara belajarnya ternyata gampang, nggak ribet, karena kita tinggal menonton atau menyimak saja tutorialnya dari video, dan kalau ingin lebih expert dan bertanya lebih lanjutnya lagi bisa mengikuti kelas berbayar yang tersedia. Atau bisa mengikuti webinar-webinar dengan materi menarik, jadwalnya bisa dilihat langsung di website atau melalui official sosial media QuBisa.

 Foto: Pexels + Canva

51 comments:

  1. senangnya ya mbak mel
    sekarang bisa belajar banyak hal secara online
    uda gitu gratis ya mbak, Qubisa benaran pilihan yg tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Makin beragam tempat belajar online yak

      Delete
  2. Belajar daring sekarang jadi pilihan di masa pandemi. QU melengkapi semua pelajaran itu untuk melengkapi tujuan hidup kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, belajar daring jd pilihan saat ini.

      Delete
  3. Aku rencana mau menambah ilmu melalui belajar online mba. Dan langsung pengen ke Qubisa saja jadi lebih menyenangkan )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbaak, banyak ilmu yg dishare di sana

      Delete
  4. Cukup lengkap juga kategori Qubisa ini. Saya tertarik dengan kategori yang berbau IT. Semoga Qubisa bisa menambah wawasan yang menunjang pekerjaan saya sekarang yang selalu menuntut update perkembangan.

    ReplyDelete
  5. solutif banget nih, platform Qubisa
    Udah lama pingin belajar online agar mahir SEO, belajar bikin video untuk YouTube dan lain lain
    Ternyata ada di Qubisa ya?

    ReplyDelete
  6. Menarik sekali ini teh Mel. Perlu dicoba nih Qubisa, buat mengisi waktu selama di rumah aja. Jadi biar tetep produktif. Anw aku juga lagi suka nonton tentang bangun channel youtube juga nih teh hehe. Goodluck yah Teh Mel, semoga yiutube channel nya bisa berkembang ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cobain Mas. Semoga berkembangnya channel youtubenya

      Delete
  7. iya nih, suka penasaran sama orang yg aktif bgt membuat konten, penasaran sama manajemen waktunya ya. memang ada trik dan tipsnya yaa, makanya perlu juga ikut kelas biar dapat mentor yang pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku jg lagi belajar ttg manajemen waktu jg

      Delete
  8. Alhamdulillah belajar dan upgrade skill jdi lebih mudah ya sekarang Mba

    ReplyDelete
  9. Saya udah daftar qubisa nya ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  10. Aku pun kemarin girang banget waktu nyobain kelas kilat di QuBisa. Banyak banget pikuhan materi belajarnya. Trus nggak panjang panjang banget videonya. Jadi kalau masih belum paham, nggak jauh jauh ngulangnya.

    ReplyDelete
  11. Pembelajaran jaman now lewat video mempermudah kita memahami ya Mel, apalagi adanya Qubisa ini mempermudah kita untuk apgred skill sesuia dengan kebutuhannya masing2.

    ReplyDelete
  12. pandemi ini bisa jadi salah satu cara utnuk upgrade skill ya.. daripada di rumah bingung ngapain, ternyata belajar online seru

    ReplyDelete
  13. nah enak ini ada temmpat belajar online yang komplit dan praktis, bisa meningkatkan kemampuan lewat video-video yang memudahkan kita memahami subjek pelajaran

    ReplyDelete
  14. Saya juga kemarin sempat belajar tips interview disini. Ternyata materinya daging semua dan dijelaskan langsung oleh coach berpengalaman. Keren sih.

    ReplyDelete
  15. Sekarang makin banyak pilihan kursus online nih. Bisa menambah ilmu juga ya mba. Bisa nih cek-cek Qubisa

    ReplyDelete
  16. Belajar hal baru bisa jadi pengalihan positif dari pandemi ini. Kalau ada pelatihan menulis fiksi, aku tertarik banget nih. Ayo dong Qubisa, tambah topik belajar heheee

    ReplyDelete
  17. menyennagkan ya, sekarang sudah bisa dengan mudah mau belajar dimana saja, kapan saja. Aksesnya juga makin beragam jadi semoga anak-anak Indonesia makin maju pendidikannya :)

    ReplyDelete
  18. Pilihan materinya banyak banget ya di QuBisa, jadi bisa upgrade skill sesuai dengan passion dan minat kita kemana

    ReplyDelete
  19. cara belajarnya ternyata gampang, nggak ribet, karena kita tinggal menonton atau menyimak saja tutorialnya dari video ya kak

    ReplyDelete
  20. Jadi, menjadi youtuber itu bergantung pada jam tayang ya. Bukannya jumlah subscriber. Hal terpentingnya adalah bagaimana kita membuat konten yang bermanfaat untuk para penonton juga.. Dan kita bisa belajar itu di qubisa....

    ReplyDelete
  21. Saya juga tertarik mendalami digital marketing nih mbak... Di qubisa ada kelasnya juga ya? Mau ah meluncur ke qubisa. Siapa tahu jadi jago jualan online..

    ReplyDelete
  22. Banyak juga kategori pembelajaran di Qubisa, jadi buat para fresh graduate bisa deh mulai pantengin platform Qubisa biar dapet banyak insight sambil nunggu panggilan kerja

    ReplyDelete
  23. Wah baru tau tentang qubisa..jadi pingin masuk ke sana. Aku pingin belajar ngoding buat bagusin blog aku

    ReplyDelete
  24. Asik banget nih bisa ikutan kursus, mo coba jadinya Qubisa

    ReplyDelete
  25. Wah bisa belajar ilmu daging dengan gratis lagi ya, lagi kaya gini budgetnya lebih terbatas hihi

    ReplyDelete
  26. wah...bisa blajar apa aja dong ya mbak dengan Qubisa. Sekarang apa2 srba mudah ya

    ReplyDelete
  27. Lengkap banget ya mbak jadi kita bisa upgrade skill dengan cara yang mudah

    ReplyDelete
  28. Aku selalu semangat awalnya kalo nemu2 yang kayak gini... tapi begitu jalan kelasnya, motivasi langsung drop. terus gak selesai deh

    ReplyDelete
  29. aplikasi yang bemanfaat dan bsia dipakai secara gratis , wow

    ReplyDelete
  30. Mumpung pandemi ya banyak-banyakin ikut kursus online, krn kalo mau ikut offline juga kan masih terbatas dan pastinya biayanya juga mahal. Nah kalo ada yg gratis kenapa mesti bayar hehehe

    ReplyDelete
  31. kren banget nih qubisa, pilihan video pembelajarannya cukup banyak dan bervariasi berdasarkan bidang yang dibutuhkan ya, seperti:
    Bisnis
    Desain
    Financial dan akunting
    Human resouser
    IT dan software
    IT development
    Lifestyle and health
    Personal development
    Sales Marketing
    Teaching dan academy

    ReplyDelete
  32. Namanya simple banget, bikin yang masuk web ini udah dibangun rasa percaya diri, pun online ya. Mksh infonya kak ijin teruskan pada yang membutuhkan ini.

    ReplyDelete
  33. Merasa terbantu banget dengan qubisa. Sebagai seorang introvert yang terlalu nyaman sendiri di rumah, belajar lewat qubisa ini berguna banget. Banyak pula bidang pembelajarannya

    ReplyDelete
  34. Platform YouTube memang saat ini menjadi ladang bisnis yang basah dan banyak dicari.

    Mulai dari remaja, ibu muda, orang biasa hingga publik figur berbondong-bondong membuat channel YouTube. Bukan tanpa alasan, sebab hanya dengan menjadi content creator YouTube, ga usah jadi aktor atau aktris terkenal sudah bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah dalam waktu relatif singkat.

    Cuman ya gitu, konten yang menarique - tak selamanya menjadi faktor penentu kebrhasilan youtube. Ada juga faktor X (kata kunci ajaibnya : VIRAL) yang sampai saat ini jadi misteri buatku hehehhe

    perlu kerjasama kok antara si content creator - videografer - editor dan itu kalo mau serius dan menghasilkan dalam jumlah besar. Nhaaaa kalau QUBISA bisa mengajarkan kita untuk jadi content creator pencetak dollar whoaaaa aku ikutaaaaan!

    ReplyDelete
  35. keterampilan abad 21 semakin berkembang. Lewat kursus online seperti di Qubisa gini nih bisa dapat banyak ilmu yang relevan dengan perkembangan zaman.

    Btw, ada tesnya gak kalau ikut kursus di sana? pre-test, post-test gitu mbak walau kursusnya free.

    ReplyDelete
  36. Baru tau infonya. Trimakaaih ya, Melly.♥️๐Ÿ’œ

    ReplyDelete
  37. Pilihan untuk kursusnya lumayan banyaaak ya Mel.. di saat pandemi ini kita bisa tambah ilmu terus yaaa

    ReplyDelete
  38. Bagus nih Qubisa. Makin banyak pilihan untuk kursus online.

    ReplyDelete
  39. wah senangnya ada Qubisa ini ya mbak
    bisa meningkatkan skill nih
    mana gratis dan bersertifikat pula

    ReplyDelete
  40. Wah asik banget ini Qubisa ya
    Bener-bener memfasilitasi yang mau serius belajar sesuai dengan minat dan bakatnya
    Udah gratis, bersertifikat dan siap jadi tenaga ahli pula
    Dan yang paling penting, kursusnya bisa online
    Jadi bisa dilakukan dari mana saja

    ReplyDelete
  41. Dengan qubisa semua dipermudah ya, apalgi buat para newbie yang ingin mengembangkan minat dan bakat, sangat cocok untuk join di Qubisa

    ReplyDelete
  42. Info yang menarik kak Melly, tambah banyak MOOC yang pastinya bermanfaat. Kalau aku suka pakai IndonesiaX, tapi ingin coba juga QuBisa. Salam hangat๐Ÿ™‚

    ReplyDelete
  43. keren banget nih qubisa.com pilihan kelasnya cukup banyak, mulai yang berbayar hingga yang gratisan

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin