Thursday, 9 April 2015

Membaca Novel Gratis di Smartphone Android

ebook. Foto :muycomputer.com


Yang gratis-gratis itu emang selalu diburu ya. Siapa coba yang nggak suka gratisan? Cuma orang yang sudah terlanjur kaya, mungkin, yang kurang suka gratisan.
kalau saya sih, selama ada yang gratisan, kenapa harus repot-repot bayar? Hahaha
Termasuk membaca novel, kebetulan karena saya bukan orang yang gampang mengeluarkan duit, jadi kalau mau beli-beli buku fisik di toko buku atau online shop itu musti berpikir puluhan kali. Apalagi kalau hanya sekedar memuaskan dahaga bacaan. Bahasa lainnya, saya ini kere tapi kece (apa siihh Mel!) :D
Karena keterbatasan itulah saya musti cari cara biar otak saya nggak sepi-sepi banget dengan bacaan, terutama novel-novel roman atau mungkin yang sesuai dengan selera saya. Berburu diskon buku salah satunya, selain itu saya mencari ebook atau buku yang dapat dibaca via komputer. Sejak internet menjadi kebutuhan yang sudah tidak bisa ditinggalkan, buku-buku karya penulis populer atau yang best seller biasanya sudah banyak yang menjadi ebook.


wattpad

Kalau dulu mungkin orang-orang musti menginstall aplikasi khusus untuk membaca ebook, namun belakangan hal itu sudah ditinggalkan karena dinilai ribet. Saya termasuk yang males ribet itu. Maunya setelah download langsung bisa dibaca tanpa perlu otak atik lagi. (kalau nggak mau ribet ya beli bukunya dong, Mel!) :D

Yaudah sih.

Tapi kalau baca di komputer capek kan, ya? Nggak bisa dibawa tiduran, nggak bisa baca novelnya di angkot atau kereta, pokoknya nggak mobile banget, deh...
Untungnya dijaman sekarang ini kita semua udah dimudahin banget sama segala hal, dari baca buku, cari makan, cari ojek, cari taksi, penginapan, tiket pesawat, kereta dan lainnya. Mau apa aja tinggal menjentikkan jari di smartphone yang kita punya. Cling..semua tersedia.

Ada satu website yang sampai sekarang masih menjadi favorite saya kalau butuh bacaan ringan, website ini banyak sekali novel-novel keren (novel bersambung) yang dibuat membernya. Namanya Wattpad. Saya membaca cerita-cerita di wattpad sejak beberapa tahun yang lalu, tapi baru bikin akunnya 4 tahun ini. Kalau dulu saya suka banget membaca fanfiction, biasanya cerita-cerita aktor Korean Drama gitu :D

Sejak punya smartphone Android, aplikasi wattpad ini benar-benar jadi favorite banget buat saya. Karena walaupun tanpa jaringan internet, saya tetap bisa membaca kelanjutan cerita yang ditulis authornya. Cerita-cerita yang ditulis di wattpad ini, menurut saya nggak kalah keren, kok, dengan cerita-cerita yang ada di buku, yang sudah diterbitkan. Baik indie ataupun major. Aplikasi ini bisa menyimpan banyak cerita yang sudah kita favoritkan. Kita juga nggak perlu bingung sampai mana, dihalaman berapa terakhir cerita yang kita baca, karena wattpad akan langsung membuka di halaman terakhir yang kita baca. Begitupun kalau ada cerita baru, lanjutan yang ditulis authornya, jika konek internet, akan ada notifikasinya langsung, kita juga bisa memberikan komentar-komentar, tanggapan terhadap cerita itu. Seru.. Wattpad menyediakan banyak pilihan bahasa, karena penggunanya sendiri dari berbagai negara.

list bacaan


Tapi memang, kita musti kudu sabar menunggu lanjutan ceritanya sampai selesai di wattpad, apalagi kalau pas kebagian di part yang bikin penasaran, terkadang ada juga authornya yang malas atau kehabisan ide meneruskan ceritanya bakal seperti apa, ada juga yang memang tidak sempat untuk menulis, macam-macam kendalanya. Padahal ceritanya bagus. Jadinya yaa..sebagai pembaca kita disuruh mengarang sendiri lanjutannya kayak gimana.

halaman di wattpad


Contohnya cerita yang di tulis akun @lestari88 ini, yang judulnya Jodoh Pengganti. Bercerita tentang seorang Bagas yang terpaksa menggantikan menjadi mempelai pria dihari pernikahan kakaknya. Yang saya suka, ditulisnya dengan sudut pandang Islami. Tapi..ya itu..authornya sudah setahun ini nggak update cerita. Huh.



Selain wattpad dan novel-novel dengan file PDF, ada juga aplikasi khusus yang dibuat Oryzaee yang bisa kita download dan install di smartphone android. Kelebihannya aplikasi ini kita bisa membaca ceritanya sampai habis, jadi kayak baca ebook biasa. Kekurangannya, tampilannya kurang menarik, dalam satu aplikasi hanya satu cerita. Jadi kalau mau disimpan (dengan cerita yang berbeda), kita musti sering-sering download dan install aplikasinya. Dan itu menuhin widget atau shortcut di layar hape.

oryzaee

play books

Kalau mau yang berbayar ada aplikasi yang disediakan oleh google sendiri, yaitu play books, yang ini lebih enak, kita bisa menyimpan banyak cerita, seperti perpustakaan. Enaknya kalau pakai play books, selain buku-bukunya dalam bentuk ebook yang update, harga-harganya juga sedikit lebih murah dibandingkan buku asli yang kita beli di toko buku.

Selain tiga pilihan itu, sepertinya masih banyak ya aplikasi diluaran sana yang gratisan, kita tinggal pilih mana yang bikin nyaman dan sesuai selera.

Update portal yang menyuguhkan berbagai macam cerita asli Indonesia. Teman-teman juga bisa membaca novel gratis di smartphone android dari website ceritera.net. Saya sedang tertarik dengan kisah Legenda 11 Kisah Lamafa yang ada di ceritera itu.




31 comments:

  1. Sekarang memang eranya ebook banget ya, praktis sekali sih memang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Praktis dan nggak banyak ngabisin uang :D

      Delete
  2. aku suka download mel tapi dibacanya ya gitu nunggu senggang :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mbak.
      Bacanya nanti klo pas lg santai :D

      Delete
  3. jarang baca novel di ponsel atau kompie
    masih belom move on dari edisi fisik ketimbang digital :)
    tapi kalo majalah online dalam format pdf sering juga mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku 22nya udah bisa menyesuaikan.
      klo mata capek liat layar, balik ke buku fisik.

      Delete
  4. Yang suka buka wattpad anakku, de Mel. Emang sih baca gratisan itu enak hahaha.... #yaiyalah
    BTW jadi inget teman kita yang suka nulis di wattpad tapi merahasiakan identitasnya :D

    ReplyDelete
  5. mel, aku langsung unduh loooo

    ReplyDelete
  6. aku malah baru tahu lho mbak mel tentang watpad ini. kurang kekinian ya :D

    ReplyDelete
  7. Aku jadi pengen aplot jugak, tapi sayang hp ku ngga memadai.. Wkwkwk :D

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Yang pengin baca2 novel gratis, mampir ke sini yuk! ;)

    Http://nayacorath.wordpress.com

    ReplyDelete
  10. Langsung download nih...
    Sekalian belajar nulis novel juga....
    Baru 1 halaman... buntu.. hehe

    ReplyDelete
  11. salam sesama pengguna wattpad ya..... :)

    ReplyDelete
  12. yg pengen membaca Martial God Asura dan Highschool DxD volume 19 bahasa Indonesia kunjungi hidrile.blogspot.co.id


    tiap hari update utk MGA

    ReplyDelete
  13. makasih atas infonyaa.. lumayan bisa baca novel gratis dikantor tanpa harus pegang bukunya :))

    ReplyDelete
  14. Aku juga baru kenal wattpad hampir setahun... tanggal 22 besok aku setahun di wattpad...
    @gaachan

    ReplyDelete
  15. ga cuma komik/manga ya skrg, novel juga bisa baca online.
    jgn lupa bli yang asli di toko2 terdekat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Untuk menghargai para pengarangnya

      Delete
  16. Bener .... Jodoh Pengganti bikin galau karena ga tuntas

    ReplyDelete
  17. Postingan yang bermanfaat. Silahkan kunjungi BLOG INI dan
    EBOOK-ans. untuk mendownload ebook lebih banyak.

    Rekomendasi tempat download ebook bahasa inggris KLIK di sini.

    ReplyDelete
  18. wajib di coba nie aplikasi baca novel gratisnya

    ReplyDelete
  19. Baca watty jg eee
    Tapi aku gak pasang aplikasinya

    ReplyDelete
  20. Saya sedang nyari2 aplikasi baca ebook yg enak, bisa dicoba juga

    ReplyDelete
  21. melfeyadin, jadi inspirasiku buat nge blog lagi, terima kasih

    tolong visit balik ya ke blogku, disini aku posting tentang skenario dan lainnya, bisa baca banyak-banyak skenario

    http://bacaskenario.blogspot.com//

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu