Friday, 22 March 2019

Resep Masak Tongseng Sapi Buat Pemula



Beberapa hari yang lalu saya datang ke salah satu festival kuliner terbesar yang diadakan oleh salah brand Kecap yang hits banget di Indonesia. Dan itu pertama kalinya saya mengunjungi Festival Kuliner dari brand ini, yang setiap tahunnya selalu diadakan. Untungnya lokasi festival ini mudah dijangkau juga akses transportasinya banyak pilihan. Walaupun sempat nyasar sebentar, karena salah pintu masuk, yang akhirnya saya harus jalan kaki dari FX Sudirman ke titip lokasi event itu digelar. Tapi nggak jadi masalah, karena ada di pusat kota, Gelora Bung Karno jadi mudah ditemukan. Dan lagi sekarang di area GBK itu trotoar buat pejalan kaki sudah nyaman banget, saya jadi suka dan betah jalan kaki, yang tadinya kepikiran buat naik ojek online.

Sampai di lokasi festival, saya kaget banget ternyata pengunjungnya membludak, walau cuaca panas, tapi antusias mereka buat nyobain kuliner-kuliner khas daerah yang berkumpul jadi satu di GBK itu patut diacungin jempol. Baru kali itu saya datang ke Festival Kuliner yang pengunjungnya sampai antri buat nyobain semua kulinernya. Mau cari tempat duduk susah karena penuh, pokoknya ramai banget, membludak. Saya sampai bingung, yang tadinya mau ke stand kuliner yang sudah saya list dari rumah, malah nggak jadi karena nggak tahan dengan antrian pembelinya. Padahal saya pengen banget sama yang namanya Tongseng Pak Budi Asli Solo yang juga menggelar stand di sana dan sudah sangat terkenal. Tapi ya itu tadi, sepertinya pengunjung festival hari itu juga mengincar kuliner yang sama seperti saya.

Padahal saya sudah lapar banget dan perjalanan hari itu lumayan lama karena kereta commuter line yang sedikit telat, ditambah saya harus jalan kaki yang jaraknya lumayan jauh. Energi saya terkuras, Tongseng dengan kuah kentalnya sudah menari-nari di depan mata, lidah saya sudah mengecap-mengecap terus karena aroma semua bumbu dalam masakan yang digelar hari itu bercampur jadi satu. Tapi berasa zonk, karena melihat semua stand penuh antrian pembeli. Hiks, akhirnya saya membeli menu masakan yang ada saja, salah satunya ada di list yang sudah saya buat. Lontong Balap dari Surabaya.


Tapi rasa penasaran saya dengan Tongseng Pak Budi itu benar-benar sudah diujung lidah banget. Karena penasaran itu lah saya nyoba nyari resepnya di google dan saya mau praktekkan sendiri cara membuat membuat Tongseng seperti itu.


Untungnya ya, jaman yang serba canggih begini resep apa saja sudah ada di internet, termasuk resep-resep andalan dari satu kuliner khas daerah seperti Tongseng Pak Budi. Resepnya sendiri saya dari website brand Kecap yang menggelar festival itu.

Setelah dibaca, ternyata bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat Tongseng itu mudah ditemukan. Fix deh ini saya harus buat sendiri, tapi karena baru ada waktu untuk membeli semua kebutuhan membuat Tongseng, baru hari Kamis kemarin terealisasikan.


Well, berikut resep yang saya sadur dari web kuliner tersebut, bahan dan jumlah takaran nggak sama persis dengan yang ada di resep, tapi saya buat menyesuaikan dengan ukuran saya. Tongseng itu katanya enak pakai Daging Kambing, tapi kalau bukan lebaran Idul Adha, cari Daging Kambing lumayan susah, nggak banyak dijual di pasaran. Jadi untuk resep Tongseng yang saya buat, saya menggunakan Daging Sapi.

Tongseng Sapi 

Bahan:

200 gr Daging Sapi
250 ml Santan Kemasan
500 ml Air
4 Lembar Daun Salam
2 Cm Lengkuas
1 Batang Serai
1 Genggam Kol (saya pakai Kol Ungu dan Putih)
1 Buah Tomat
2 Buah Cabe Rawit Merah
2 Sendok Kecap
4 Sendok Minyak Untuk Menumis
2 Siung Bawang Merah
2 Siung Bawang Putih
Masako Rasa Sapi

Bumbu:

3 Siung Bawang Putih
4 Siung Bawang Merah
5 Butir Lada
1 Sendok Teh Ketumbar
3 Buah Kemiri
2 Cm Jahe
2 Cm Kunyit
Garam dan Gula Secukupnya.

Cara Memasak ala Saya.
  • Rebus Daging, 
  • Ulek bumbu-bumbu sampai halus. Kecuali Serai dan Lengkuas, cukup digeprek saja. 
  • Rebus santan dengan bumbu halus, daun salam, lengkuas dan serai sampai mendidih dan sisihkan.
  • Tumis irisan bawang merah+putih+cabe sampai harum lalu masukkan daging.
  • Tambahkan kol, kecap, gula, garam dan Masako, bumbu penyedap masak.
  • Tuang santan ke dalam masakan lalu masak hingga mendidih.
  • Terakhir masukkan tomat dan daun bawang. 
Karena saya lupa membeli daun bawang, satu item ini tidak dimasukkan. Untungnya ada Kol Ungu yang membuat tampilan warnanya menjadi lebih cantik. Saya suka banget sama sayur kol ini, yang putih maupun ungu. Kalau yang putih saya nggak pernah ketinggalan nyetok di kulkas. Apalagi yang ungu, walau sedikit mahal dibanding yang putih. Tapi manfaatnya lebih banyak, salah satu yang saya suka ialah mencegah kanker dan bisa menurunkan berat badan. Biasanya kol ungu ini saya buat campuran salad atau dimakan mentah sebagai lalapan.

Kata orang-orang yang sering memasak, proses memasak inilah yang menentukan enak dan nggak enaknya sebuah masakan. Bahan-bahan apa saja yang dimasukkan terlebih dahulu, juga waktu untuk memasaknya. Tapi karena saya nggak pandai memasak. Saya hanya mengira-ngira saja. Namun satu tips dari seorang teman. Kalau kita belum jago masak, yang paling penting ketika mencoba masakan adalah jangan pernah pelit bumbu. Dan tips itu selalu saya terapkan setiap kali memasak atau mencoba menu masakan yang baru pertama kali saya buat. Seperti pada menu Tongseng ini.


Selain bumbu-bumbu dapur yang saya perbanyak agar masakannya nggak hambar, saya selalu mengandalkan Masako, bumbu penyedap masak. Biasanya saya selalu stok Masako Rasa Ayam, tapi karena kali ini menu masakan saya buat adalah Tongseng Sapi, jadi saya tambahkan Masako Rasa Sapi. Nih, kenapa saya suka Masako dari dulu. Karena saya nggak bisa masak, jadi mengandalkan banget bumbu penyedap ini. Apalagi sekarang Masako punya kemasan dengan resep-resep baru berisi resep sayuran yang menggiurkan. 
Rasanya juga lebih lezat dibanding yang sebelumnya, karena ekstrak daging ayam dan sapinya 3 kali lebih banyak. Terbuat dari daging dan rempah pilihan. Dan yang paling penting produk Masako ini Halal!.

Balik lagi ngomongin Tongseng. Setelah matang dan saya test ke tetangga kosan, respon mereka membuat saya pengen masak terus. "Enak, Mbak Mel" katanya. Ya ampun, ini kan Tongseng pertama yang saya buat karena penasaran nggak kebagian Tongseng Pak Budi di Festival Kuliner hari itu. Haha. Alhamdulillah ya. Besok mau coba masak Semur Daging, kebetulan masih ada sisa daging di kulkas.

113 comments:

  1. Suamiku penggemar tongseng nih. Bisa contek resep nih aku biar bisa bikin tongseng juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo bikin bu, aku baru kali ini nyoba resepnya. Ternyata enaaak hihihi

      Delete
  2. Wah enaknyaaa, aku mau Mel tongsengnya. Aku nggak seberapa suka kalo daging kambing, lebih suka daging sapi sih. Noted resepnya, kapan-kapan mau bikin juga ah. Pasti tambah sedep ini karena pakai masako yaa? Aku juga pakai masako kalo masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini pake sapi mbak, krn gada kambingnya hehe.
      Mba Li harus bikin, pasti enak, kan jago masak yaaaa.

      Delete
  3. Aku sering nih mel bikin tongseng kambing. Suamiku doyan kambing soalnya hehehehe. Ditambah Masako tambah enak nih ya tongsengnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, tau gitu minta resep mak irul juga ya hehehe, pasti resepnya juga enak.

      Delete
  4. Aku pernah bikin tongseng juga Mel, sekali dan nangih sebenere. Kupenasaran sama rasa kol ungunya mel, boleh dong minta, henene

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli sendiri mbaaak hahaha, kol ungu di superindo banyak :D

      Delete
    2. Kol ungu ni cocoke buat salad aja yak, klo digoreng enak gak y

      Delete
  5. Woooh salah baca blognya malem2 jd laper mba reye reye

    ReplyDelete
  6. Setuju, "kalau masak jangan pelit bumbu" Karana dibalik masakan yang lezat tersimpan bumbu yang cukup dan pas ya hihi. Ngiler sama tongseng nya, mari masak Masako!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, aku praktekin banget soal bumbu ini.

      Delete
  7. Paling suka nih tongseng apalagi disajikan selagi hangat kalau dulu sering lewat tuh abang-abang sekarang mah udah ga ada. Makasih ya mba resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi dingin pake tongseng hangat, terus dicampur jadi satu. Ya Allah nikmat bgt hehehe

      Delete
  8. Wah, baca ini langsung lapar seketika. Kapan-kapan mau cobain juga resep bikin tongseng sapi ala Mbak Melly.. Biasanya sih kalau bikin tongseng ya tongseng kambing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang enak pake kambing krn lebih beraroma katanya.
      Tp kan cari kambing susah

      Delete
  9. ih tongseng enak banget lho makan pas hujan hahaha, dengan nasi panas dan kerupuk plus teh anget pas deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat, aku kemarin makan tongseng ini pake kerupuk, padahal lg batuk wkwwkwkw

      Delete
  10. Wah ini enak, mau coba juga

    ReplyDelete
  11. Yaah enak lah. Lawang dikasih. Kalo dikasih aku juga mau wkwjwjkw

    ReplyDelete
  12. Waduh, enak banget nih tongseng. Aku belom pernah bikin lho. Catet resepnya ah. Nanti mau bikin juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain bikin mbak, ternyata lumayan mudah, bumbunya mudah didapat.

      Delete
  13. Wah keren nih mba Melly bisa bikin tongseng sendiri, aku mau resepnya ya mba. Mau nyoba juga ah dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, makasih mbak.
      Ini pertama kalinya bikin

      Delete
  14. Saya suka tongseng, duh, enak juga. Ternyata bikinnya mudah soalnya saya lom pernah bikin, hi hi.
    Tongseng sapi resep Mbak bisa dipraktikkan kalau idul adha dan dapat jatah daging qurban. Bumbu dan cara masaknya praktis serta mudah, ditambah Masako rasa sapi bisa menambah mantap citarasanya.
    Hem, harus tunggu idul adha, nih. Soalnya tak sanggup beli daging merah. Boleh juga dicoba dengan bikin tongseng ayam kalau tak sabaranm ha ha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, klo gada daging sapi atau kambing, bisa ganti dg ayam. gak kalah enak ternyata.

      Delete
  15. Kak melfe bisa aja di jam makan malam ini daku membaca ini, sukses jadi dapat ide buat mau makan menu apa, mantul sis

    ReplyDelete
  16. Resep buat pemula..nah ini nih yg kucari..hehe..maklum aku si awam dapur.. TFS resepnya, Melly

    ReplyDelete
  17. Tampak lezat sekali ini tongsengnya. Betul banget tuh ga bole pelit bumbu, biar ga sekadar jadi rasa daging rebus ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, krn seringnya dapat daging rebus doank ya.

      Delete
  18. Saya dan suami penggemar tongseng nih, tapi kalau habis makan tonseng kambing suka kleyengan, bagus juga nih idenya masak sendiri dan daging kambing diganti daging sapi

    ReplyDelete
  19. Saya serumah penggemar tongseng, tapi sekarang lebih memilih tongseng ayam. Karena suami harus mulai mengurangi konsumsi daging merah. Aku simpen resep tongseng nya ya Mel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg gak boleh makan daging merah sih mbak, tp kemarin pengen bgt hehe

      Delete
  20. nah, ditunggu resep dan tulisan semur dagingnya hehe..

    ReplyDelete
  21. Jadi pengen makan tongseng juga, enak kayanya. Bikinnya juga kayanya nggak susah. Resep lainnya boleh nih mbak di share. hehe

    ReplyDelete
  22. Wah..ide baru nih, setiap masak tongseng pasti saya gak makan karena gak suka kambing. Tapi kalo daging sapi pasti bisa ikutan makan nih..makasih resepnya ya mba

    ReplyDelete
  23. Saya belum pernah masak tongseng mbak. Ini resepnya harus dicoba, bikinnya simpel juga.

    ReplyDelete
  24. Dulu saya pernah takut makan tongseng, karena dari namanya "tong" dan "seng" kok seperti bukan makanan ya. Hahaha. Pas udah besar, nyobain tongseng ternyata enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg dulu bingung, kenapa dinamakan tong seng haha. Mungkin krn kuah santannya diambil dr dalam tong, trus ketika masuk ke kuali bunyi seeeeng, berdesis gitu haha

      Delete
  25. catet bahan dan bumbunya.
    Tinggal ngesot ke pasar depan rumah :D

    ReplyDelete
  26. Meeeelll kok enak banget iniiii. Pinteran ih masak tongseng. Aku pernah sekali bikin tongseng lagi di Suly dulu. Kalo di Jakarta mah udah beli aja hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enakan beli sis, tp sesekali nyoba bikin sendiri seru jg haha

      Delete
  27. Wah enak ya apalagi ke pasar tukang bumbu juga ada, tinggal masak dan koreksi rasa aja. Kalau sapi jarang makan, lebih sering menggantinya sama daging sebelah hehe

    ReplyDelete
  28. Saya belum pernah cobain tongseng sapi. Selalu yang kambing. Tetapi, kalau bikin sendiri kayaknya mau coba yang sapi karena cari daging kambing agak susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nyari kambing susah mbak, pdhl katanya lebih enakan kambing ya

      Delete
  29. kami sekeluarga jarang makan daging sapi, Mba, kecuali saat idul adha. Wahhh kalo idul adha nanti boleh nih masak tongseng sapi ini. Nanti tak contek resepnya yaa, Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama mbak. Aku jg jarang makan daging sapi, kecuali lg pengen.

      Delete
  30. Mantaaaap mel.. aku mau bangeet lho nyicilin makanan juaranya Melly nih. Masaknya ngg lama juga ya mel.. yang penting bahannya segar!

    ReplyDelete
  31. Aduh... enak banget tongsengnya. aku ngiler banget. Ini paling pas dimakan siang siang dengan nasi anget terus kalo aku ditambahin potongan cabe yang banyak. sedeoppppppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, pake potongan cabe, plus kerupuk mantap bgt

      Delete
  32. tongseng kesukaan saya ini :D biasa saya bikin tongseng ayam belum pernah tongseng sapi, jadi pengen coba bikin juga :D

    ReplyDelete
  33. Belum pernah makan tongsen sapi, boleh juga nih dicoba resepnya mbak Melfey.

    ReplyDelete
  34. Di daerahku enggak ada yang jualan tongseng, kangen sama masakan ini dan akan dicoba di rumah resepnya mbak.

    ReplyDelete
  35. Jadi auto lapar nih liat kuah ronggeng yg menggoda, boleh nih di coba sekali kali resepnya

    ReplyDelete
  36. Aku biasanya kalo tongseng suka beli, Mel. Sekarang ini enak ya, bisa bikin tongseng sendiri yang enak, berkat Masako :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, andelan bgt sih emang masako ini haha

      Delete
  37. Tongseng wah makanan favorit papa mpo. Rasanya enak dan gurih. Mpo makan tongseng pasti nambah berkali kali. Lupakan sejenak diabetes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh, ayooo bikin mpok, biar makan teruuuus

      Delete
  38. Tongseng tuh kesukaanku banget. Bagi dong, Kak. Apa lagi kalau daging sapi atau ayam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo main ke rumah fah, nanti dibikinin tongseng

      Delete
  39. Ah iya, kol ungu membuat tampilan jadi cantik. Aku belum pernah beli. Gak tau di pasar tempatku ada atau enggak...
    Btw, aku juga sedia Masako di rumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kol ungu aku dapatnya di superindo mbak, pasar biasa memang jarang.

      Delete
  40. Wah bahan-bahannya mudah dicari ya. Aku tuh biasanya beli aja tongseng sapi. Nyontek resep Melly ah, praktekin di rumah.

    ReplyDelete
  41. Mell.. aku pengen cobaain tongsengnyaa.. karena tongseng sapi ku suka dr pada daging kambing.. enak bangwt kelihatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak kok mbak, bukan cuma keliatannya ya haha

      Delete
  42. Jadi pengen nyobain tongseng buatan mbak melly hehe saya malah belum pernah buat tongseng mbak. Aku save ya resepnya, bookmark biar kalau nyari lagi gampang.

    Emang pake bumbu penyedap Masako, rasa jadi lebih mantap. Saya juga pakai mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggooo mbak, aku jg dpt dari google resepnya

      Delete
  43. Lezat banget ini tongsengnya Mba
    jadi pengen main ke rumahmu kalo deket incip-incip hahahah
    intip ah resepnya mau tak praktekin

    ReplyDelete
  44. Duuuh Meeell...sukses ngiler aku liat tongseng sapimu itu. Meskipun pemula ternyata terbukti enak kan masakanmu. Kirim sini Meeeell.. :))

    ReplyDelete
  45. Nyaaammm tongseng sapi memang enaaaakk, jempolaaaann... Trus dikasih potongan mentimun atau bikin acar.. dan krupuk udang.. endolitaaaaa

    ReplyDelete
  46. Tongseng bikinan sendiri bikin bisa makan daging sepuasnyaa...
    Aku penyuka daging....dan tentu menu-menu macam tongseng ini favoritooo~

    ReplyDelete
  47. Aku pun juga githu Mba Melly, rajin cari2 menu masakan di Google, trus sekarang kemasan baru dari Masako juga ada resep masakan di balik bungkusnya yaa! Jadi lumayan nambah fererensi menu sehari-hari buat keluarga.

    ReplyDelete
  48. Anak saya Fahmi suka masako rasa ayam. Jadi masak apapun termasuk olahan daging sapi tetep pakai bumbu masako rasa ayam. Kalau pakai rasa yang daging sapi selalu saja ketahuan dan tidak dimakan. Katanya baunya juga beda

    ReplyDelete
  49. Tongseng nih kesukaan aku Mell. Hebat Melly bisa bikin ini. Aku malah belum pernah :D

    ReplyDelete
  50. Enak nih tongsengnya, aku mau ah nyobain bikinnya, jadi lapar :)

    ReplyDelete
  51. buka ini siang2 jam sgini. lsg lapeeerrrr. hahaha

    ReplyDelete
  52. Kaaaa plisss donggg ini bikin aku laper kwkwkwk seger keknya ituuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iyaaa, memang tampilannya bikin laper.

      Delete
  53. Wah, dengan kol ungu tampilannya jd lebih menarik. Btw ketumbarnya disangrai dulu atau digiling langsung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya di sangrai dulu biar wangi, tp kemarin aku males sangraiya haha

      Delete
  54. Mba Melly rajin masak tongseng from scratch 👍🏻 btw waktu itu kita ketemu ya di acara kuliner yg rame itu 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, ketemu di tempat yg rame, dan aku gak kebagian tognsengnya haha

      Delete
  55. Ternyata mba Mely bisa masak tongseng. Calon istri yang kece nih. Boleh dicoba resepnya nih ��

    ReplyDelete
  56. Mantap banget Mbk, jadi ingat kalau Idul Adha panen deh masak daging. Resepnya patut dicoba

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Singgah