Sunday, 22 September 2019

Mahasiswa Harus Baca, Ini 5 Tips Keuangan untuk Kamu

Trik cerdas mengatur keuangan untuk mahasiswa. 

Penting banget dibaca anak kuliah. Mahasiswa, apalagi yang merantau, biasanya identik dengan kondisi finansial yang pas-pasan. Tinggal jauh dari orang tua memang memaksa mereka untuk hidup mandiri dan pintar-pintar mengatur uang bulanan agar cukup sampai transferan berikutnya tiba. 



Nah, buat kamu yang berstatus sebagai anak kuliah, jangan khawatir. Berikut tips keuangan mahasiswa yang perlu dipraktikkan agar dirimu tak kelaparan di tengah bulan.

  • Buat Pos Anggaran
Hal pertama yang wajib kamu lakukan agar kondisi keuanganmu stabil adalah membuat pos pos pengeluaran segera setelah uang saku diterima. Susun secara rinci kebutuhan apa yang harus dipenuhi, misalnya bayar sewa kost, belanja bulanan, biaya makan, transport ke kampus, buku-buku, biaya print tugas, dll. 
Pos anggaran ini diutamakan berisi pengeluaran untuk kebutuhan pokok. Jika ada keperluan lain yang sifatnya tambahan seperti jalan-jalan, nonton, dsb, pastikan totalnya tidak melebihi anggaran yang sudah kamu siapkan, ya.
  • Masak Sendiri
Makan biasanya mengeluarkan biaya yang cukup besar dibandingkan pos-pos lainnya, apalagi jika setiap hari kamu makan di warung/kantin kampus yang harganya mahal. Nah, demi menghemat pengeluaran, kamu sangat disarankan untuk memasak sendiri di kost. Selain menghemat uang, masak sendiri juga lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya. Biar lebih ringan, patungan saja dengan teman-teman lain di kostmu dan masaklah secara bergiliran atau bersama-sama.
  • Jalan Kaki
Kalau kampusmu jaraknya cukup dekat dari kost, berjalan kaki adalah opsi yang cukup membantu. Selain menghemat uang saku, jalan kaki juga bisa jadi alternatif olahraga buat kamu yang super sibuk dengan rutinitas kampus. Uang yang sedianya dipakai untuk biaya transportasi ini bisa kamu alihkan untuk keperluan lain, misalnya menabung atau membeli buku-buku kuliah.
  •  4. Manfaatkan Kartu Mahasiswa
Kartu mahasiswa (KTM) ternyata masih jadi senjata ampuh buat menghemat uang, lho. Biasanya banyak resto, toko, swalayan, dan bahkan moda transportasi yang memberikan diskon khusus untuk mahasiswa. Jadi, ingat untuk selalu membawa KTM ke mana pun kamu pergi, ya. Lumayan kan kamu bisa mendapat sesuatu dengan harga yang lebih murah.
  • Menabung
Tips keuangan mahasiswa yang selanjutnya adalah menabung. Jangan lupa untuk selalu menyisihkan uang saku berapa pun kecil jumlahnya. Tabungan ini nantinya bisa kamu pakai untuk memenuhi kebutuhan seperti membeli buku, tambahan UKT, atau bahkan saat orang tuamu absen mengirimkan uang bulanan. Jadi kamu tak perlu berutang ke teman-teman lagi. 

Selain kelima tips keuangan mahasiswa di atas, kamu juga bisa mencoba pekerjaan paruh waktu untuk tambahan uang jajan atau modal berinvestasi. Yuk, praktikkan mulai sekarang. Jangan sampai menyesal di masa depan.

1 comment:

  1. warung mahasiswa sepertinya lebih murah ketimbang masak sendiri, kecuali masak sendirinya telur, tahu tempe, mie. hihiih kyaknya gitu se

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu