Thursday, 5 September 2019

5C Filosofi Bisnis dari Royal Golden Eagle

Royal Golden Eagle atau RGE merupakan sebuah korporasi internasional yang memiliki berbagai anak perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang, seperti pembuatan serat viskosa, pembuatan kertas, hingga perkebunan kelapa sawit sebagai bahan baku utama pembuatan minyak goreng. Dalam menjalankan setiap bidang usaha yang ada, anak perusahaan dari RGE menganut sebuah kebijakan atau filosofi bisnis yang sering disebut 5C yaitu “Do what is good for the Community, good for the Country, good for the Climate, good for the Customer, then it will do good for the Company” 

Sumber : Slidshare.net

Community
Community atau komunitas ini mengacu bukan hanya pada komunitas para pekerja di masing-masing perusahaan, namun juga pada komunitas yang berada di sekitar area perusahaan. Komunitas merupakan bagian penting dari masyarakat, dan pihak RGE memiliki perhatian khusus untuk setiap komunitas ini. Bentuk perhatian ini diwujudkan dengan pembinaan terhadap komunitas petani ataupun komunitas wanita di daerah perkebunan, pembangunan infrastruktur hingga sarana kesehatan untuk mendukung produktivitas dan kesejahteraan komunitas tersebut.

Country
Melakukan sesuatu yang baik bagi negara merupakan filosofi bisnis kedua yang dijalankan oleh korporasi yang dulunya bernama Raja Garuda Mas ini. Bisnis yang dikembangkan oleh pihak RGE akan membawa keuntungan bagi negara baik dalam hal pemasukan hingga peningkatan kesejahteraan masyarakat yang artinya penurunan tingkat kemiskinan. 

Climate 
Tidak hanya berfokus pada keuntungan semata, pihak Royal Golden Eagle menjalankan bisnis mereka dengan tetap memperhatikan kondisi iklim. Berbagai upaya dilakukan untuk menjaga agar iklim dan lingkungan alam sekitar tetap terjaga kelestariannya. Filosofi bisnis yang satu ini kemudian turut dituangkan menjadi sebuah kebijakan khusus yang diberi nama kebijakan sustainability. Penerapan dari filosofi dan kebijakan ini dilakukan dengan berbagai cara mulai dari proses penanaman terencana yang tidak melibatkan penebangan liar, pengolahan air limbah pabrik, restorasi hutan, hingga pemulihan ekosistem. Semua program tersebut memiliki satu tujuan yang sama yaitu untuk melestarikan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik, serta untuk menjaga agar kondisi iklim tetap terjaga. 

Customer 
Melakukan hal terbaik bagi para customer adalah salah satu filosofi bisnis yang juga dianut oleh RGE. Para customer atau konsumen wajib mendapatkan produk/jasa terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Pihak Raja Garuda Mas atau yang saat ini telah berubah nama menjadi Royal Golden Eagle memiliki kriteria ketat dalam menjalankan proses produksi. Sebagai contoh, peralatan dan teknologi yang dipergunakan selalu menggunakan peralatan modern untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Selain itu, bahan baku utama yang dipergunakan telah melalui seleksi ketat untuk menjamin keragaman mutu. Hasil akhirnya adalah produk-produk dengan kualitas yang dapat terus dipertahankan, untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan konsumen. 

Company 
Filosofi bisnis yang diterapkan oleh RGE yang berlaku untuk setiap anak perusahaan justru meletakkan kepentingan perusahaan pada bagian akhir. Filosofi ini menuntut setiap anggota RGE untuk melakukan hal-hal baik untuk komunitas, negara, iklim, dan para konsumen sebelum berfokus pada perusahaan. Pihak RGE meyakini bahwa dengan melakukan kebaikan untuk keempat aspek tersebut akan membawa keuntungan dan manfaat bagi pihak perusahaan. Dan hal ini telah terbukti dengan suksesnya RGE mengembangkan sayap ke berbagai negara bukan hanya di Asia namun juga benua lain seperti Amerika dan Eropa.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Singgah