Saturday, 21 August 2021

Edukasi dan Inspirasi Financial Goals dari Nonton bluMusical

Unik dan menyenangkan! Itulah kalimat yang bisa saya tulis untuk menggambarkan bagaimana serunya nonton bluMusical - Mulai Langkahmu persembahan dari aplikasi blu by BCA Digital yang saya tonton di hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun, 17 Agustus 2021 yang lalu. 

Download Aplikasi blu
Download aplikasi blu by BCA Digital

Yaah, setelah seharian mengeluarkan energi dan berpanas-panasan ikut jadi panitia lomba 17-an, ada balap karung, makan kerupuk, lari estafet dan menertibkan peserta-peserta lomba yang kebanyakan anak-anak kecil - yang susah diatur, malamnya disuguhi tontonan, hiburan yang menarik dan penuh inspirasi terkait finansial. Karena isinya benar-benar menyentil problema semua orang di masa kini.

Dan saya pikir nonton bluMusical ini akan seperti konser musikal yang disertai talkshow yang biasa saja secara live seperti acara lainnya. Tapi ternyata gelaran bluMusical yang juga menjadi tempat pengenalan produk perbank-an dari BCA Digital, dan saya merasa nggak sedang nonton pengenalan suatu produk. Karena dikemasnya sangat soft sekali. Apa yang disampaikan jadi mudah dicerna dan dipahami, dan saya pribadi sangat menganggumi pertunjukkan malam itu.

bluMusical dibuka dengan seorang laki-laki sedang membaca koran dengan headline berita tentang, "Viral Usia 25 Idealnya Punya Rp100 Juta, Apa Kata Millennials?" Pertanyaan ini nanti dibahas di sesi talkshow dalam acara bluMusical.
Dan juga tips-tips mengelola keuangan, membangun bisnis dan percaya diri dari anak-anak muda entrepreneur berbakat yang berhasil mewujudkan mimpi-mimpi mereka, ada Raymond Chin (CEO Ternak Uang), Jehian Sijabat (CEO Menantea-Talent Manager), Alicia Eva (Founder She Wears Gold), Jakarta Movin dan yang pasti ada Yura Yunita yang menjadi bintang utama dan host dalam bluMusical.

Saya sendiri punya impian, punya rumah di Bogor, rumah kecil yang asri supaya bisa mengajak Ibu tinggal bersama. Tapi melihat kondisi keuangan yang belum stabil membuat saya menjadi tidak percaya diri. Tabungan yang ada tentu belum cukup untuk mewujudkan impian itu.

Kadang saya jadi berpikir, apa cuma saya yang finansialnya agak berantakan begini? Kok saya nggak punya tabungan sebanyak si A ya? Kemana larinya uang saya selama ini? Apa cara saya mengatur keuangan salah? Lalu uang-uang yang saya simpan itu untuk apa? Mengapa uang saya nggak nambah-nambah? Jadi kapan saya bisa beli rumah?

Aplikasi blu by BCA Digital


Ternyata setelah saya membaca komentar-komentar netizen di acara bluMusical yang ditayangkan live di akun Youtube blu by BCA Digital, saya nggak sendirian punya masalah keuangan seperti itu, di luar sana, kaum millennial dan gen-Z yang lainnya pun punya masalah yang sama!

Coba deh cermati lirik lagu yang berjudul #MulaiLangkahmu yang dinyanyikan oleh Yura Yunita bersama talent lainnya sebagai lagu pembuka atau yang menjadi theme song bluMusical malam itu, liriknya tuh relate banget dengan kehidupan kita. Kayak banyak banget maunya, cita-cita, rencana-rencana, tapi nggak tau harus mulainya dari mana. Bingung sendiri dengan semua impian yang masih belum tercapai. 

Lirik lagu Mulai Langkahmu - blu by BCA Digital

Mimpi-mimpi kita, mimpi kita yang muda
Angan-angan kita, ada di kepala
Rencana-rencana, jangan jadi wacana
Habis waktuku, takut ini itu.

Mimpi-mimpi kita, beli rumah impian, punya bisnis sendiri, melunasi cicilan,
Rencana-recana, nabung buat nikahan, lanjut sekolah lagi, beli laptop sendiri.

Mimpi-mimpi kita, dana pensiun papa
Angan-angan kita, pengen bisa traktir mama
Mimpi-mimpi kita, update gadget yang terbaru/nabung dana darurat
Angan-angan kita, melangkah tanpa ragu.

Kapankah, aku bisa menggapai cita?
Tak mudah tapi kuharap akan terbuka jalan.
Namun keraguan menghantui, bisa nggak sih?
Pantaskah kudapati? Mulai dari mana? Dan bagaimana? Mulai dari mana?
Aku butuh pertanda, dan bagaimana? aku butuh pertanda!

Mimpi-mimpi kita, rencana-rencana, semua di kepala, mulainya dari mana?

Bagaimana? lirik lagu #MulaiLangkahmu ini memang isi hati kita banget kan, ya? Semua pertanyaan-pertanyaan itu berkeliaran di kepala. Tapi masih banyak keraguan dan ketakutan. Takut gagal, takut, nggak bisa, takut kalau jualan nggak laku, takut beli rumah tapi di tengah jalan nggak bisa melunasi dan lainnya.

Dengan durasi kurang lebih 30 menit, bluMusical membuat saya ikut memikirkan tentang tujuan dan perencanaan keuangan saya selama ini. Niat awal nabung untuk beli rumah, malah dipakai untuk beli sepeda, budget-bugdet yang tercampur dan berantakan, tergoda diskon di online shop, dan lainnya.

Namun, seperti apa kata Yura Yunita dalam pertunjukan bluMusical, jangan habiskan waktu kita cuma buat mikir takut ini itu, setiap masalah pasti ada jalan dan solusinya jika kita ada kemauan. Yang penting kita harus mulai dulu langkah apa yang mau kita ambil dan #YangPentingLakuin. Optimis dulu. Karena kalau nggak segera bergerak, mimpi dan rencana yang kita bangun nggak akan bisa berjalan. Dan itulah pentingnya kita harus bisa mempelajari financial planning dan pentingnya mengatur pos-pos pengeluaran biar rekening tabungan kita nggak berantakan.

Aplikasi blu by BCA Digital

Mengapa blu? Apa itu blu? Pertanyaan ini pun membuat semacam antena di kepala saya berdiri. Dalam tayangan bluMusical itu, Yura Yunita mengajak teman-temannya untuk memasuki dunia baru, seperti pintu ajaibnya Doraemon, berwarna biru muda bertuliskan blu by BCA Digital.

Seperti yang kita tahu, perkembangan jaman saat ini nggak bisa lepas dari teknologi digital. Dan teknologi pula yang akan mengubah cara kita dalam mengatur keuangan. 

Dulu saat kita ingin membuka rekening tabungan, harus datang langsung ke kantor bank cabang, harus antri menunggu giliran dengan customer lainnya. Yang sibuk kerja dan nggak punya banyak waktu harus menyisihkan waktu cuti bekerja, dan terkadang prosesnya lama dan berulang kali.

Ya, seperti itulah kendala kita di masa lalu saat ingin membuka rekening tabungan. Sekarang sih semuanya menjadi lebih mudah, kita bisa membuka rekening tabungan di bank bisa kapan saja dan di mana saja, bahkan bisa sambil melakukan apa saja. Karena penasaran, akhirnya saya download aplikasi blu di Playstore. Atau bisa juga di App Store. 

nonton bluMusicaltabungan online blu

Semua bank mungkin sudah melakukan inovasi teknologi seperti itu, bisa membuka rekening tabungan digital dari mana saja. Tapi tabungan online blu by BCA Digital punya banyak kelebihan lain yang tidak dipunya oleh bank digital lainnya. Seperti tagline-nya, blu bank digital bisa ini itu dan menyatu dengan hidupmu.

Aplikasi blu by BCA Digital ini merupakan bank digital yang berbeda dengan bank konvensional, blu merupakan platform perbankan next-generation yang bisa diakses oleh siapapun di mana saja yang sudah memiliki akun. Bank digital nggak punya kantor cabang (branchless), dan nasabah harus membuka rekening melalui aplikasi dengan menyertakan dokumen pribadi sebagai persyaratan pembukaan tabungan di bank digital.

Kelebihan dan Fitur Unggulan Tabungan Online blu by BCA Digital

  • bluAccount
    Buka rekening tabungan online blu cukup download aplikasi blu dan tanpa setoran awal saldo, calon nasabah sudah bisa membuka rekening di tabungan online blu. Cara pembuatannya sangat mudah, tinggal siapkan dokumen dan isi semua data yang diperlukan, lalu verifikasi melalui video call dengan customer service blu by BCA Digital. Nggak sampai 1 jam, bluAccount yang merupakan rekening utama yang aktif sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam.
  • bluSaving
    Seperti apa kata Raymond Chin, punya target dan budget yang jelas itu penting banget, kemudian kunci dengan disiplin dan fokus. Nggak perlu buru-buru, #YangPentingLakuin perlahan tapi yakin. bluSaving menawarkan suku bunga yang kompetitif, dan kita bisa membuat 10 tabungan dalam satu rekening.
    Jadi lebih mudah untuk memisahkan tabungan yang bisa disesuaikan berdasarkan tujuan keuangan yang kita inginkan.

  • bluGether
    Dengan fitur bluGether, kita bisa membuat tabungan patungan bersama-sama. Jadi sistemnya single account seperti rekening bendahara, tapi kita bisa mengundang member lain untuk memonitor transaksi agar lebih transparan. Fitur bluGether bisa dimanfaatkan menjadi strategi mencapai tujuan bersama-sama, kuncinya pada sinergi dan percaya diri.  

  • bluDeposit
    Di tabungan online blu, kita bisa membuka deposito tanpa ribet, lebih praktis dengan jangka waktu yang fleksibel serta suku bunganya yang kompetitif. Buka pintu peluang untuk mendapat kesempatan-kesempatan lain dalam bluDeposit. Kuncinya kita harus tau kapan waktu yang tepat untuk menarik dana bluDeposit.

Mulai langkahmu pakai blu, untuk hidup lebih mudah dan terkoneksi apapun tujuanmu. Seperti yang diungkapkan oleh Leo, salah satu anak muda yang berhasil melewati tantangan dalam zona blu di bluMusical. Kesalahan awal dalam menentukan prioritas membuat finansialnya jadi keketeteran.
Dalam melakukan perencanaan keuangan kita harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan.



Punya target dan tujuan finansial itu sangat penting, balik lagi seperti yang Raymond bilang, pelan tapi pasti dan yakin #YangPentingLakuin dulu untuk #MulaiLangkahmu. Karena setiap goals itu pasti akan melewati proses dan progress yang panjang sebelum mencapai kesuksesan. 

Jadi nggak perlu khawatir dengan pencapaian orang lain apalagi merasa insecure dengan berita yang viral, usia 25 idealnya punya uang Rp100 Juta, karena setiap orang punya timeline masing-masing dan skill yang berbeda-beda pula dalam mencapai tujuannya masing-masing.

Karena menurut Raymond, Jehian dan Alicia, yang penting bukan seberapa banyak nominal yang kita punya di rekening kita, tapi seberapa jauh kita berkembang dan melakukannya dengan maksimal. Yang penting kita bisa nikmati prosesnya, dan kalau bisa kita bisa membantu orang lain untuk bisa berkembang juga.

Untuk itu, dengan aplikasi blu by BCA Digital kita diharapkan bisa menggapai mimpi-mimpi, rencana-rencana, angan-angan biar nggak cuma jadi wacana, yang penting perlahan tapi yakin dan lakuin untuk memulai langkah dari sekarang serta beda dengan yang lain. 

nonton bluMusical


Habis nonton bluMusical ini saya jadi terinspirasi lagi buat membenahi pengaturan keuangan saya yang selama ini sedikit berantakan. Dan mulai mencari tau prioritas dan tujuan keuangan saya. Kalau mungkin selama ini impian saya membeli rumah, namun belum terlihat hasilnya, mungkin saya akan mengubah tujuan ke yang lain. Supaya simpanan yang ada bisa saya putarkan untuk membuka bisnis agar bisa mencapai impian saya yang lain. Bismillah ya.

Nah, buat yang penasaran mau ikutan nonton bluMusical bisa dilihat di video youtube di bawah ini. Atau penasaran mau download dan nyobain blu? Langsung download aja di Play Store atau di App Store.



29 comments:

  1. Jadi pengen juga punya aplikasi keren ini secara udah lama juga jadi nasabah BCA, bank yang sangat aku percayai untuk segLa transaksi

    ReplyDelete
  2. BCA memang Bank yang penuh inovasi nih aku mau coba ah bertransaksi di BLU karena membuat semua hal jadi mudah dan perencanaan keuangan tambah rapi

    ReplyDelete
  3. salam kenal ibu.. bermanfaat sekali infonya..

    ReplyDelete
  4. setelah kemarin buka rekeningnya, jadi tertarik untuk mencoba fiturnya lebih jauh nih. bluDepositnya cocok untuk mengamankan tabungan plus dapat return yang lumayan.

    ReplyDelete
  5. Keren ya acaranya mel, aku juga nonton bluMusical di Official Youtube blu by BCA Digital dan langsung buka tabungan online blu karena penasaran dengan fitur-fiturnya, ternyata benar hanya dari satu nomor rekening bisa buka sampai 5 tabungan, atur anggaran rumah tangga jadi makin mudah.

    ReplyDelete
  6. Aku juga nonton nih acaranya keren banget. Langsung ikutan buka rekening blu Digital. Penasaran dan gak sabar pengen praktek langsung

    ReplyDelete
  7. Nah, kita sama. Pernah salah duga terhadap bluMusical. Awalnya tak kira konser musik biasa...ternyata formatnya asyik. 30 menit, kerasanya bentar banget...

    ReplyDelete
  8. Keren banget sih ini acara drama musikal yang diadakan oleh blu by BCA Digital bikin banyak merenung sekaligus sadar sama pentingnya manage keuangan.

    ReplyDelete
  9. Aku juga nonton ini nih. Paling suka dengan nasihat dari Raymond Chin bahwa pencapaian setiap orang itu beda2, nominalnya juga. Jadi fokus aja sama impian kita sekarang dan segera lakukan ngga usa ditunda2. Huhu ngena banget

    ReplyDelete
  10. Wah, sudah ada lomba2 ya Mbak... Tempat aku 2 tahun ini ggada... Makanya hiburan aku ya cuma nonton bluMusical, eh sekalian dapat ilmu yang daging, jd mulai berani memulai mewujudkan impian

    ReplyDelete
  11. Semoga apa yang kita inginkan, tercapai ya mba Mel. Media aplikasi tabungan blu ini salah satu alat bantu atau jembatan kita menuju kesuksessan Sukses bareng yuk

    ReplyDelete
  12. Keren banget ya acara bluMusical pas 17an kemarin. Nggak cuma menghibur tapi juga penuh inspirasi dan yang paling penting jadi bikin saya semangat buat nabung apalagi sudah ada aplikasi blu yang bisa bikin urusan mengelola keuangan jadi lebih praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups maaf. Maksud saya semakin semangat buat nabung karena sudah ada aplikasi blu :)

      Delete
  13. Bagus ya acara nonton bluMusical kemarin. yang bikin aku tertarik dengantabungan online blu itu fitur banyak tabungan dengan 1 rekening. Jadi kta bisa menyiapan untuk impian kita.

    ReplyDelete
  14. Sepakat banget, kemarin pas saya ikutan nonton ga berasa kalau itu adalah pengenalan produk. Enjoy aja menikmati sampai habis drama musikalnya. Apalagi dengan gerak yang dinamis dan lagu easy listening, pesan-pesan finansialnya langsung kena.

    ReplyDelete
  15. Semakin semangat setelah menonton acara bluMusical yaa..
    Berkat acara yang bagus begini, kita jadi kenal aplikasi blu dari BCA Digital yang manfaat serta fiturnya banyak.

    ReplyDelete
  16. Yang penting mulai aja dulu ya kak. Terlepas berapa besar yang akan kita tabung, tetapi kalau kita berproses, fokus dan sabar maka impian finansial bisa terwujud bersama blu ya kak

    ReplyDelete
  17. suka dengan fitur-fiturnya blu ini..sangat mempermudah untuk pengaturan keuangan keluarga..dan tampilannya jg userfriendly

    ReplyDelete
  18. blu ini fitur-fiturnya kayak udah didesain sesuai dengan gaya hidup kekinian ya.

    ReplyDelete
  19. Mba, ditempat mbak masih ngadain lomba2 17an ya? Asyik euy, jd masih kentara suasana merdekanya

    ReplyDelete
  20. Tertampar sih apa yang disampaikan mereka di bluMusical bener banget apalagi diumur segini banyak banget keinginan dan mimpi yang belum terwujud

    ReplyDelete
  21. blu by BCA Digital ini emang juara ya mbak
    semua transaksi keuangan kita cukup dalam satu gengaman saja

    ReplyDelete
  22. Selain mengedukasi anak muda, dengan nonton bluMusical ini bikin kita2 jadi termotivasi ngatur keuangan jadi lebih baik lagi yahh

    ReplyDelete
  23. Wahhh, di tempat Mbak Mbake ada lomba Agustusan ya. Seruuu nih pastinya ya
    Trus malem nya nonton bluMusical ya mbak, banyak insight baru pastinya yg didapat. Karena aku juga merasa demikian sih hehheee
    Oh ya, aku setuju kalau dulu mw nabung perlu antri
    Tapi skrg udah dimudahkan bnget. Cukup nabung online langsung dari aplikasi blu by BCA Digital aja dehh

    ReplyDelete
  24. Nonton bluMusical ini seru. Selain menghibur juga dapet inspirasi buat raih mimpi.

    ReplyDelete
  25. Nonton bluMusical ini nggak berasa menurutku mba. Menghibur dan menginspirasi juga

    ReplyDelete
  26. Memberikan inspirasi tentang menggapai impian finansial nih

    ReplyDelete
  27. pesannya adalah mulai langkahmu.. memang berat terlebih dalam keadaan pandemi... blu mencoba hadir dan membantu mewujudkan perlahan lahan kembali mimpi yang sempat tertunda

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin