Tuesday 21 November 2023

5 Tempat Wisata Menarik di Sampang Tanah Kelahiran Mahfud MD

Menjelang pemilu 2024, saya semakin tertarik untuk ikut menyemarakkan pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun depan, dan mengulik beberapa hal mengenai Mahfud MD, salah satu cawapres yang berpasangan dengan capres Ganjar Pranowo. Terlepas nanti di pemilu pasangan ini terpilih atau tidak, namun saya jadi ingin mengenal lebih jauh hal-hal menarik tentang politikus satu ini. Setelah kemarin sempat membahas mobil-mobil mewah yang dikendarai oleh Mahfud MD.

 air terjun toroan

Kali ini saya ingin mencari tau tentang tanah kelahiran Mahfud MD. Mungkin masih banyak yang belum tau, sama seperti saya, dimana kah tanah kelahiran Mahfud MD yang memiliki nama lengkap Mohammad Mahfud Mahmodin ini ya?

Yah, Mahfud MD yang saat ini kita kenal dengan kiprahnya menjadi politikus yang sekarang masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia ini ternyata lahir di Pulau Madura, tempatnya di Omben, kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Omben adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Sampang. Konon, mnurut cerita legenda masyarakat, nama Omben berasal dari cerita tentang Pengeran Jokotole, Raja ke-13 Sumenep Madura, yang sedang melakukan perjalanan pulang dari Majapahit ke Sumenep bersama istrinya, Dewi Ratnadi.

Dalam perjalanan, Jokotole dan istrinya singgah untuk mandi dan mencuci pakaian dalam 'amben' sejenis pembalut jaman dulu, di sebuah sumber mata air yang cukup besar. Namun saat sedang mencuci, amben tersebut hanyut terbawa arus air. Mereka akhirnya mencari amben tersebut kesana kemarin, akan tetapi tak juga ditemukan. Hingga Jokotole kesal dan melakukan 'abasto' sumpah serapah kutukan dalam bahasa Madura, bahwa sumber air yang mengalir tempat di mana Jokotole dan istrinya itu tidak akan mengalir ke luar desa.

Dan konon dari sumber sejarah yang saya baca, sejak hanyutnya amben tersebut, sumber air yang disinggahi Jokotole itu pun hanya bermuara di situ-situ saja, tidak mengalir keluar desa sampai tahun 1920. Namun, sumber lain juga menyebutkan, kata Omben berasal dari istilah Jawa, minum atau tempat minum. Karena di jaman dahulu kala, desa (Omben) itu tempat pangeran Jokotole biasa beristirahat untuk minum bersama kudanya, setelah melakukan perjalanan jauh untuk pulang ke Sumenep.

Asal muasal nama Omben yang menjadi Desa Kelahiran Mahfud MD ini punya sejarah yang cukup unik juga ya. Siapa sangka yang dulunya sumber mata air ini tidak dapat mengalir kemana-mana, namun saat ini sumber mata air Omben dimanfaatkan oleh pemerintah kota setempat untuk menyuplai kebutuhan air bagi seluruh warga kota Sampang.


sumber omben

Banyak hal menarik lainnya yang bisa dikulik lagi dari Sampang, namun netizen jaman sekarang biasanya akan lebih dulu mencari tempat wisata menarik di Sampang. Kecamatan Omben sendiri menjadi salah satu sentra pertanian di Sampang, Padi dan Mangga menjadi komoditas unggulan di kabupaten ini. 

Ada banyak tempat wisata yang bisa kita datangin di Sampang, tanah kelahiran Mahfud MD, dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi dan situs-situs sejarah yang menarik lainnya. Namun di sini saya akan menuliskan 5 tempat wisata menarik di Sampang.

  1. Pulau Mandangin
    Pulau Mandangin ini menjadi destinasi pilihan yang sangat populer yang sering didatangin oleh wisatawan jika berkunjung ke kabupaten Sampang. Punya pantai berpasir yang bersih dan airnya yang biru dengan panorama yang indah, Pulau Mandangin ternyata dulunya menjadi tempat pengasingan bagi warga yang menderita penyakit menular.
    Saat ini Pulau Mandangin sudah benar-benar aman, dan sudah menjadi tujuan wisata populer di Sampang. Di Pulau Mandangin, wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas seru, seperti memancing,

  2. Pantai Camplong
    Ini salah satu pantai yang sangat populer di Sampang, karena menjadi wisata favorit keluarga, di Pantai Camplong beragam aktivitas bisa dilakukan di sekitar pantai. Berenang, main voli, sewa perahu, atau menunggang kuda mengelilingi pantai pun ada.
    Pantai Camplong juga menawarkan tempat makan bagi pengunjung dengan suasana yang romantis. Dengan lokasi yang strategis, Pantai Camplong paling digemari oleh masyarakat setempat, karena bisa dikunjungi kapan saja.

  3. Air Terjun Toroan
    Bosan ke pantai? di Sampang tanah kelahiran Mahfud MD ini menawarkan wisata alam air terjung yang juga sangat terkenal, yakni Air Terjun Toroan. Di sini panorama alamnya sangat indah, wisatawan dapat menikmati mandi air terjun dan main di pantai secara bersamaan, karena Air Terjun Toroan ini lokasinya berdekatan dengan pantai. Dan ini menjadi satu-satunya air terjun yang ada di Madura.

  4. Hutan Kera Nepa
    Sesuai dengan namanya, wisata ini menawarkan keunikan dengan kawanan habitat Kera yang menghuni hutan di Desa Nepa. Di sini kita juga bisa menikmati hutan bakau juga, karena letaknya juga ada di pinggir pantai.

  5. Sumber Jokotole Omben
    Seperti yang sudah saya bahas di atas, salah satu tempat wisata yang juga wajib dikunjungi adalah sumber mata air Jokotole Omben. Di sini kita bisa menikmati berenang di air yang jernih dan bersih sepuas yang kita inginkan.
    Sumber Jokotole Omben ini juga jadi tempat relaksasi, karena lokasinya berdampingan dengan persawahan dan banyak pepohonan yang rindang, membuat wisatawan bisa menikmati udara yang sejuk untuk bersantai.

Banyak juga tempat lainnya, selain ke-5 tempat wisata menarik di Sampang yang bisa kita datangi bila berkunjung ke Sampang, Madura, seperti wisata kuliner atau yang lainnya.

Sumber foto: Google

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih - @melfeyadin