Thursday, 4 April 2019

Perempuan dan Kekuatan Luar Biasa Yang Mereka Punya

Hari Sabtu (30/3) yang lalu, sebenarnya saya nggak punya rencana kemana-mana, inginnya istirahat di rumah, karena kondisi badan masih belum fit banget setelah sakit, batuk, pilek, demam dan sebagainya. Karena memang lagi musim, penyakit ini jadi susah sembuh. Tapi undangan dari Sanofi, dalam rangka Lactacyd Blogger Gathering dengan tema "Share Your Power" yang diadakan di halaman parkir Carrefour Lebak Bulus itu susah sekali untuk ditolak.
Apalagi ke Lebak Bulus itu sekalian saya ingin mencoba naik MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta yang baru beroperasi, dan hari itu masih uji coba jadi masih gratis. Naik dari Stasiun Dukuh Atas sampai di Stasiun terakhir, Lebak Bulus, kebetulan acara blogger gathering nya bersebelahan dengan stasiun MRT. Waktu jarak tempuh cuma 26 menit. Benar-benar moda transportasi favorit, tanpa macet sama sekali. Alhamdulillah jadi nggak telat sampai di lokasi acara.

 
Dan bukan pula karena benefit yang diberikan, tapi karena dalam acara itu saya bisa mendapatkan banyak ilmu dan informasi mengenai isu-isu perempuan, dan bertemu perempuan-perempuan hebat yang tanpa lelah terus berjuang untuk kesejeahteraan perempuan Indonesia.

Acara yang dimulai sejak jam 7 pagi hari itu diawali dengan kegiatan olahraga zumba bersama komunitas ibu-ibu (saya kurang tau dari mana). Mereka semangat sekali melakukan gerakan dari instruktur di depannya. Tadinya saya mau ikut juga, zumba bersama, karena rasanya badan ini sudah lama nggak melakukan gerakan-gerakan. Tapi akhirnya saya memilih untuk hadir di sesi talkshow nya saja, yang dimulai sekitar jam 10 pagi.


Seru sekali hari itu, warna pink mendominasi di seluruh area acara, dari panggung, peserta zumba yang mengenakan dresscode pink, booth atau tenda pengisi acara, foodtruck, instalasi-instalasi yang menjadi spot foto hari itu semuanya berwarna soft pink, yang seperti menjadi identitas kaum hawa. Muda dan berwarna lembut, tapi tetap berpower memancarkan auranya, dan itulah perempuan. Banyak juga kegiatan yang bisa diikuti oleh peserta.

Share Your Power, Pupuk Rasa Empati Dengan Orang Sekitar.

Talkshow yang mengajak para perempuan untuk lebih peduli lagi terhadap perempuan lainnya hari itu diisi dan dihadiri oleh diantaranya, ada Ibu Adisti Nirmala (Head of Marketing Sanofi), Ibu Rohika Kurniadi Sari, Assisten Deputy Pemenuhan Hak Anak, Deputy Tumbuh Kembang Anak
dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), ada Ibu Jehezkiel Martua (Product Marketing Consultant Sanofi), ada Dr. Riana Nirmala Wijaya (Medical Manager) dan juga Ibu Misiyah Pendiri & Direktur Institut KAPAL Perempuan.


Saya penasaran apa itu Kapal Perempuan. Menurut Ibu Misiyah, Kapal Perempuan ini adalah organisasi social yang bekerja dan memberikan perhatian khusus pada kelompok-kelompok terpinggirkan terutama perempuan dan minoritas di berbagai wilayah terpencil di Indonesia.


Indonesia ini negara maritim, dan Kapal Perempuan bisa berlabuh di pulau-pulau untuk menjangkau perempuan-perempuan yang perlu tempat untuk mencurahkan semuanya perasaan mereka. Yang selama ini mungkin saja mereka takut mengungkapkan keresahan yang sedang mereka hadapi. Di Kapal Perempuan ini ibu-ibu maupun perempuan lainnya bisa curhat sepuasnya. Kapal Perempuan juga punya sekolah, yang dibuat untuk perempuan-perempuan yang kurang akses terhadap pendidikan.

Karena isu perempuan ini mencakup segala hal hak asasi manusia. Yang dibahas nggak hanya satu, tapi mulai dari urusan ekonomi hingga ke masalah tempat tidur. Banyak masalah yang timbul (kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan seksual, dsb) bermula dari urusan-urusan tersebut. Setiap tahunnya kasus kekerasan seksual di Indonesia ini terus bertambah. Tapi menariknya tingkat pelayanan pada korban juga meningkat. Itu berarti, kesadaran kita untuk peduli dengan kasus-kasus seperti ini juga meningkat.


Sama seperti yang Kapal Perempuan dalam menangani kasus-kasus seperti itu, peran utama yang dilakukan Kapal Perempuan adalah dengan mengubah cara pandang dan cara berpikir. Karena tanpa itu, kita semua sulit melakukan perubahan. Peran yang kedua ialah dengan menumbuhkan rasa empati, rasa peka untuk mendengarkan masalah pada seseorang. Pahami dan bantu mereka jika punya masalah dalam kasus kekerasan terhadap perempuan.

Karena ada 2 aspek dalam kehidupan perempuan, di satu sisi dia punya luka tapi di sisi lain punya daya untuk bangkit. Namun daya ini tidak tumbuh dari lahir, melainkan dari proses kehidupan dengan mengenali dulu luka-luka itu.


Untuk itu, untuk perempuan yang mengalami kekerasan, jangan takut. Sadari dengan berdialog dengan diri sendiri, apa yang diinginkan. Jangan memendam sendiri luka tersebut, terutama dalam kasus-kasus kekerasan. Kasus-kasus seperti akan terus meningkat kalau kita tidak peduli terhadap diri sendiri ataupun orang lain yang mengalaminya.

Menjaga Kesehatan Area Kewanitaan

Jangan takut untuk bersuara, perempuan punya hak untuk membuktikan powernya. Perempuan harus percaya diri. Untuk menjaga kepercayaan diri ada banyak cara, salah satunya dengan menjaga kesehatan area kewanitaan. Produk-produk pembersih area V sekarang ini makin banyak bermunculan. Tapi sebagai perempuan kita harus paham kegunaan dan kandungan di dalamnya. Jangan sampai bakteri baik yang harusnya melindungi dan menjaga kelembabab justru hilang karena kita salah menggunakan produk pembersih area V.


Masalah keputihan, gatal-gatal dan bau tak sedap pada area V adalah masalah utama yang sering dialami kaum perempuan. Gunakan produk pembersih yang bisa menjaga ph alami area V. Lactacyd Feminime Hygene adalah pembersih kewanitaan yang berbahan dasar lactoseum dan Lactic Acid, atau ekstrak susu dari bahan alami untuk menjaga pH alami area kewanitan.

32 comments:

  1. Perempuan itu sebenarnya kadang jauh lebih kuat dari laki2 ya.

    Dan dengan menjaga kebersihan area kewanitaan, maka kepercayaan diri perempuan akan lebih meningkat dan sadar betul akan kemampuannya dan bisa memaksimalkan dengan baik :)

    ReplyDelete
  2. Perempuan harus bicara dan angkat bicara . Jangan hanya memendam rasa sendiri ,ceritakan dan berbagi agar bisa plong dan berbagi kisah dengan orang lain.

    Kekuatan berbagi dasyat

    ReplyDelete
  3. Saya suka sedih kalau sesama perempuan udah ribut di medsos. Padahal seharusnya saling support. Pada dasarnya perempuan makhluk kuat. Tetapi, lebih kuat lagi kalau saling support

    ReplyDelete
  4. I always believe that woman has power to give a live 😊
    Acaranya terlihat seru yah kak, smga saja diadakannya juga di sini, biar makin seru 😍

    ReplyDelete
  5. Seru sekali ya acaranya. Apalagi disuguhin pandangan yang cewek banget. Ngepiink. Pas banget ama acaranya.

    ReplyDelete
  6. Seru sekali acaranya Mel dan sungguh berfaedah materi talk show-nya. Jadi perempuan yang punya kekuatan dan berani bersuara lagi aku ajarin banget ama Kayla Meeeel, diawali dari belajar mencintai dan menghargai dirinya sendiri hehe.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas kepeduliannya terhadap nasib perempuan. Itu kegiatannya kok seru dan cewe banget ya.

    ReplyDelete
  8. Kapal perempuan, asyik juga ya nama komunitas yang mengumpulkan para perempuan yang bisa memberikan inspirasi bagi perempuan lainnya. Semoga dengan adanya campaign dari Lactacyd ini para perempuan dapat menemukan solusi untuk pemecahan permasalahan mereka ya Mel,

    ReplyDelete
  9. Aku pakai Lactacyd juga nih, karena memang ada issue keputihan, recommended bgt

    ReplyDelete
  10. Perempuan harus kuat & membagikan kekuatannya ke sesama perempuan lainnya ya. KAPAL Perempuan membantu para prempuan untuk meningkatkan kualitas dirinya juta

    ReplyDelete
  11. Sukses buat kapal perempuan, semoga makin bisa membantu banyak perempuan terutama yang ada di daerah2 terpencil. Makasih udah mau share ilmu sekece ini

    ReplyDelete
  12. Di balik kelembutannya, perempuan menyinpan kekuatan yang luar biasa ya. Kalo mereka nyaman, diberi kebebasan, dan percaya diri, apa pun bisa diraih perempuan. Dan kenyamanan ini, temasuk area kewanitaaan

    ReplyDelete
  13. Perempuan dengan kekuatan yang luar biasa, memang banyak hal yang bisa dilakukan oleh perempuan hebat jaman now. Namun, tak sedikit juga penyakit yang bisa muncul di perempuan salah satunya adalah bagian kewanitaan. Aku pakai lactacyd juga mbak untuk area kewanitaan.

    ReplyDelete
  14. Jadi miris ya kalau melihat angka statistik tentang kekerasan yang dialami oleh kaum perempuan. Di satu sisi perempuan harus berdaya, namun di sisi lain mengalami tekanan yang hebat. Nggak juga fisik ya, tapi psikis juga.

    ReplyDelete
  15. Perempuan itu pada dasarnya diciptakan kuat dan tangguh, org melahirkan aja bisa, yang laki2 gak mungkin sanggup kyknya. Tapi emang kdng buat menunjukkan potensinya itu butuh dorongan. Bagus jg program kapal ini mbak.
    Btw lactacyd produknya baru ya? Emang yg namanya area kewanitaan harus dibersihkan dengan pembersih yg tepat salah satunya Lactacyd ini yaa

    ReplyDelete
  16. Wah iya ya paling seru tuh kalau bs ikut acara yg banyak manfaat n sesuai passion kita tambah seru kalau ada benefit materi pula ya hahaha..

    ReplyDelete
  17. Aku tuh pakai Lactacyd ampuh apalagi pas mencegah keputihan terlalu banyak dan bau.
    Berharap ada acara ini di Surabaya jadi bisa nambah wawasan.

    ReplyDelete
  18. Waah keren ada kapal perempuan yang bisa mengangkut perempuan mengeluarkan potensi luar biasanya, lactacyd emang efektif mencegah keputihan

    ReplyDelete
  19. Hore aku juga make lactacyd inih mba hehehe enak soalnya kalo dipake
    Alhamdulillah ya bisa ikut acara ini, menyenangkan ya mba perempuan memang makhluk terkuat ya mba.

    ReplyDelete
  20. Sedih kalau sudah menyangkut isu-isu sosial wanita.
    Ada undang-undang pun tidak menjamin..
    Semoga semakin banyak orang yang peduli dengan kehormatan wanita.

    Lactacyd memantapkan wanita untuk bisa saling berbagi kekuatan.

    ReplyDelete
  21. Acaranya komplit dan juga tersedia berbagai booth yang bisa jadi window shopping sekaligus mempercantik tangan, hihii. Aku selalu penasaran dengan heena di tangan.

    Kapal Perempuan ini bagus ya kegiatannya, bisa menginspirasi banyak perempuan untuk percaya diri.

    ReplyDelete
  22. Kenapa pada pake masker? Ada yg warna pink pula. Kok lucu sih. Itu bawa atau dijual saat acara Lactacyd?

    ReplyDelete
  23. Perempuan kadang terlihat lemah tapi sejatinya dia lebih kuat dari apa yg terlihat.
    Salah satu organ vital yg harus dijaga kebersihannya adalah organ kewanitaan. Salah satu cara menjaga kebersihannya pake pembersih kewanitaan. Aku pun pake, biar tetap bersih dan nyaman

    ReplyDelete
  24. Emang lah ya jadi perempuan zaman sekarang tuntutannya untuk bisa tangguh dam kuat itu makin besar. Asyik nih Mbak ada acara kayak gini. Pulang dari sana bisa banyak dapat wawasan lah ya Mbak...

    ReplyDelete
  25. suka dengan tema campaign yang diangkat Lactacyd, memang sekarang sesama perempuan harus saling support supaya sama-sama semakin kuat dan berani yaa :)

    ReplyDelete
  26. Pinky-pinky, wah Andhin suka banget kalau diajak nih haha.

    Seharusnya memang sesama wanita harus saling support ya, tapi pada kenyataannya memang banyak yang nyinyir ke wanita lain. Sedih banget kalau tahu itu.

    ReplyDelete
  27. eventnya menginspirasi sekali ya mbak...
    perempuan harus kuwad karena beban di pundaknya yang sangat berat.
    love banget nih acaranya

    ReplyDelete
  28. Weww serba pink seruuu, ada ajaa yg selalu cantik kalo udah dipaduin sama warna lembut ini. Perempuan2 indonesia ttplah menginspirasi :)

    ReplyDelete
  29. Keputihan dan gatal2 itu emang bikin parno banget ya Mbak. Nanti mau coba jugalah ini Lactacyd.
    Semoga Kapal Perempuan ini bisa terus eksis agar bisa membantu perempuan-perempuan Indonesia dan Bisa pula menginspirasi bagi kaum perempuan kita. :)

    ReplyDelete
  30. Acaranya keren ya, apalagi berbalit pink2 hmmm cewebgt. Memang ya jd cwe tu hrus tangguh

    ReplyDelete
  31. Acaranya lucuuuu... Sekarang banyak ya acara yang bikin spot2 instagram-able gitu. Jadi kekinian.

    ReplyDelete
  32. Keren banget ya cara lactacyd membangkitkan semangat perempuan. Dengan mengajak komunitas Kapal Perempuan yang sudah banyak mendampingi dan menginspirasi wanita

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu