Wednesday, 22 July 2020

Yang Perlu Dilakukan Saat Gigi Bermasalah

Pernah mendengar lagu dengan lirik seperti ini, “lebih baik sakit gigi, dari pada sakit hati ini, biar tak mengapa...”? Ini lagu memang jaman dulu banget sih, lagu dangdut yang dibawakan penyanyi kondang di masa itu, judulnya Sakit Gigi. Tapi menurut saya lagu ini nggak tepat, karena sakit gigi dan sakit hati itu dua-duanya nggak enak, nggak nyaman dan bikin pola hidup kita sedikit jadi berantakan. Sakit hati maupun sakit gigi biasanya jadi menurunkan nafsu makan. Kalau makan kita nggak teratur, ya secara otomatis kesehatan kita yang lain pun jadi terganggu.

penyebab gigi ngilu
Gigi Sensitive. Foto:halodoc

Lalu bagaimana sih, kalau sakit gigi maupun sakit hati itu tiba-tiba datang dalam hidup kita? Apa yang perlu kita lakukan pertama kali sebagai tindakan pengobatan?

Hmm.

Ok, saya mau cerita sedikit. Kalau mau dibilang beruntung sih, saya beruntung banget. Karena sejak kecil saya nggak pernah punya masalah dengan kesehatan gigi saya. Gigi saya selama ini baik-baik aja, nggak pernah sakit, nggak berlubang, nggak keropos, namun ada sedikit karang gigi yang memang sangat menganggu, bikin penampilan kalau lagi senyum jadi beneran nggak pede (percaya diri).

Dan kalau menurut petunjuk kesehatan, minimal 6 bulan sekali kita harus control untuk memeriksa kesehatan gigi kita. Tapi jujur, seumur hidup saya baru sekali ke dokter gigi, itupun hanya untuk membersihkan karang gigi yang udah mulai menghitam di sela-sela gusi.

Nah, karena merasa saya nggak punya banyak masalah dengan gigi, saya jadi cuek banget, tapi satu hal yang nggak pernah saya lupakan dalam menjaga gigi saya tetap sehat, yaitu gosok gigi sebelum tidur malam hari. Ini penting banget menurut saya. Karena rajin gosok gigi di malam hari bisa mencegah kuman dan bakteri tumbuh dan berkembang yang menyebabkan gigi kita jadi bermasalah.

 

Pertama Kali Sakit Gigi

Tapi, akhirnya saya tau rasanya sakit gigi itu seperti apa. Sakitnya sih menurut saya lebih sakit dari sakit hati hehehe. Kejadiannya itu sekitar akhir tahun lalu, setelah pulang liburan dari Dieng, tempat wisata dengan julukan negeri di atas awan ini memang begitu menakjubkan mata, hati dan pikiran. Sensasi udara dingin khas pegunungan membuat semua orang ingin pergi ke sana menikmati pemandangan dan suasana yang berbeda dari biasanya.

Dan karena di Dieng udaranya sangat dingin, minuman dan makanan yang manis dan panas/hangat jadi suguhan utama di sana. Awalnya saya nggak merasakan ada yang aneh, tapi begitu sampai di rumah, gigi saya tiba-tiba sakit, nggak paham penyebab apa. Lumayan panic waktu itu karena selama ini nggak punya pengalaman gigi bermasalah.

Sebelum pergi ke dokter saya cari dulu di google, artikel-artikel yang membahas tentang masalah gigi, terutama ngilu dan gusi dan langsung klik ke websitenya halodoc. Di halodoc ini artikelnya lengkap banget ternyata, saya jadi tau banyak penyebabnya mengapa gigi saya sakit banget setelah pulang dari Dieng. Salah duanya yaitu, karena makanan manis dan panas yang saya konsumsi selama di sana.

Selain bisa membaca berbagai artikel kesehatan, di halodoc juga bisa chat langsung dengan dokter umum maupun dokter spesialis lainnya melalui ‘Tanya Dokter’. Karena lagi sakit  gigi, saya coba chat dengan dokter gigi dong, biar tau penanganan awalnya harus bagaimana dalam menghadapi sakit gigi. Di halodoc kita bisa memilih mau chat dengan dokter yang mana. Dari situ saya jadi tau, kalau gigi saya termasuk dalam kategori gigi sensitive.

Jadi untuk pencegahan agar gigi nggak makin tambah parah saya diminta untuk selalu menjaga kebersihan mulut, mengurangi makanan, minuman penyebab gigi ngilu dan bikin sakit. Rajin gosok gigi dan melakukan perawatan ke dokter atau klinik gigi.

Dental Clinik. Foto:halodoc

Oh ya, selain Tanya Dokter, di halodoc kita juga bisa menemukan Rumah Sakit dan membuat janji dengan dokter di poliklinik spesialis sesuai dengan keluhan sakit yang sedang kita alami. Karena disarankan untuk melakukan perawatan gigi, saya cari klinik gigi dong pastinya. Ketemu Happy Dental Clinic Green Pramuka Square. Sesuai namanya, Happy Dental Clinic Green Pramuka Square, klinik perawatan gigi dan mulut ini adanya di mall. Dari informasi yang tertera, klinik ini memberikan perawatan gigi dengan lengkap, dan ada 2 poli yang bisa dikunjungi, pertama Poliklinik Dokter Umum dan Poliklinik Gigi Spesialis untuk dilakukan tindakan lanjutan. Terus habis berobat ke dokter gigi, bisa langsung shooping di mall. Seru banget ya, pasti lupa deh sama sakit gigi yang sedang diderita hahaha.

Ya kalau dipikir-pikir, halodoc ini mirip peribahasa jaman dulu di bidang kesehatan ya, “Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui”. Kita jadi nggak perlu menghabiskan waktu buat nyari dokter, tanya-tanya masalah kesehatan atau rumah sakit untuk dilakukan tindakan. Semuanya tinggal klik klik, termasuk untuk informasi pembelian obat.

Sekarang sih, Alhamdulillah gigi saya sudah nggak lagi bermasalah selama mengikuti anjuran dokter untuk mengurangi makanan atau minuman penyebab sakit gigi ngilu.

No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin