Friday, 24 July 2020

Sedekah Daging Kurban

Sebagai umat muslim jika sudah memasuki bulan Dzulhijjah, bulan terakhir di penanggalan hijriyah, yang kita pikirkan tentunya adalah hari raya Idul Adha, ibadah haji dan kurban. Buat yang mampu kita menunaikan ibadah haji melakukan wukuf di Arafah, namun jika belum mampu kita disunahkan untuk berpuasa atau melaksanakan kurban, ritual penyembelihan hewan sebagai bentuk persembahan dan ketakwaan kita kepada sang pencipta, Allah SWT.

sedekah daging kurban
Sedekah Daging

Hari Raya Idul Adha sering juga kita sebut sebagai Hari Raya Kurban, karena dalam momen ini, ratusan ribu hewan, Domba, Kambing, Sapi atau Unta dipotong untuk dibagi-bagikan atau disedekahkan. Dalil perintah untuk berkurban ini juga ada dalam Surat Al-Kautsar ayat - Maka dirikanlah shalat atas Tuhanmu; dan berkurbanlah (anhar). Karena berkurban atau menyembelih hewan setelah shalat Idul Adha ini bisa menjadi salah satu amal kebaikan kita yang disukai Allah SWT.

Namun, seandainya kita belum mampu untuk melaksanakan kurban apalagi di tengah kesulitan ekonomi di masa pandemi begini, kita masih bisa kok untuk bersedekah daging kurban, gimana caranya?

Sedekah Daging

Di luar sana banyak fundraising yang bisa kita temukan untuk menyalurkan donasi sedekah daging, salah satunya dari Dompet Dhuafa melalui Program Sedekah Daging Kurban.

Mengapa kita bisa memilih Sedekah Daging? Kalau menurut data IDEAS (Indonesia Development Islamic Studies) Dompet Dhuafa, ternyata masih banyak banget masyarakat kita yang belum merasakan nikmatnya daging kurban. Terutama bagi masyarakat yang terbatas ekonominya di luar Jakarta.

sedekah daging kurban

Jadi melalui Program Sedekah Daging ini, Dompet Dhuafa ingin mengajak #OrangBaik buat kita semua yang belum memiliki kesempatan untuk berkurban, namun masih bisa ikut berbagi, membantu masyarakat yang kurang mampu, namun tetap bisa menikmati dan berkahnya daging kurban di bulan yang mulia ini. Sedekah daging kurban ini nantinya akan dibagikan ke wilayah-wilayah pelosok.

Gimana cara kerja Program Sedekah Daging ini?

Nah, buat kita yang belum bisa berkurban tapi tetap ingin merasakan sedekah daging kurban di Hari Raya Idul Adha, kita bisa berpartisipasi melalui Program Sedekah Daging ini. Caranya kita cukup mendonasikan/sedekah uang senilai Rp100.000 saja ke Program Sedekah Daging yang dikelola Dompet Dhuafa melalui link Sedekah Daging ini.

Nantinya donasi yang terkumpul itu akan dikonversi menjadi hewan kurban dan akan disalurkan ke pelosok nusantara yang jarang sekali bisa menikmati makan daging. Tapi untuk diketahui, walau donasi ini dikonversi atau dijadikan sebagai hewan kurban, niat dan akadnya akan tetap menjadi sedekah atau donasi ya, bukan niat/akat berkurban.

Jadi, Program Sedekah Daging yang kelola Dompet Dhuafa bisa menjadi pilihan buat kita yang belum mampu berkurban tapi tetap ingin mendapat amalan dan pahala berkurban. Yang pasti jangan takut berbagi, karena sekecil apapun sedekah yang kita berikan, akan bermanfaat besar untuk mereka yang menerima dan membutuhkan. Semangat semuanya, semoga setiap harinya kita bisa terus berbagi.



No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin