Tuesday, 29 September 2020

Yuk, Coba Lakukan 7 Cara Sederhana Ini untuk Meredakan Flu!

Flu merupakan infeksi virus pada saluran pernapasan semacam hidung, paru-paru dan tenggorokan. Penyakit flu bisa menular dengan mudah ke orang lain lewat banyak cara seperti kontak langsung, berbagi minuman, bersin dan juga batuk. Meski termasuk penyakit ringan, namun kamu tetap harus waspada ya. Sebab flu gampang sekali menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Gejala yang sering ditimbulkan dari penyakit ini adalah demam, badan menggigil, mata berair, sakit kepala, dan nyeri otot.

tips-meredakan-flu
Meredakan Flu. Sumber Foto: pinterest.com

Tapi, kamu gak perlu khawatir, flu sebetulnya dapat disembuhkan dengan sendirinya saat imun tubuh membaik. Jadi, kalau kamu atau anggota keluarga di rumah sedang mengalami flu, jangan buru-buru pergi ke dokter. Karena kamu bisa mencoba 7 tips alam ini untuk meredakan flu, terapkan deh! 

        1. Perbanyak Minum Air Putih 

minum-air-putih
Minum Air Putih. Sumber Foto: pinterest.com

Air putih memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Salah satunya bisa membantu mengobati flu. Agar penyakit flu yang kamu alami cepat mereda, perbanyaklah minum air putih minimal delapan gelas per hari. Selain membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik, mengkonsumsi banyak air putih juga dapat menjaga tenggorokan supaya bersih dari kuman yang dapat menyebabkan pilek atau flu    

        2. Konsumsi Minuman Hangat 


minuman-air-hangat
Minuman hangat. Sumber foto: pinterest.com

Bukan cuma memperbanyak minum air mineral, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman hangat untuk mengobati flu. Seperti mengkonsumsi air teh hangat, air jeruk hangat atau air putih hangat. Cairan hangat pada minuman ini bisa membantu mengatasi hidung mampet serta melegakan tenggorokan yang sedang terganggu. Uap yang dihasilkan minuman hangat juga dapat mengencerkan lendir. Sehingga dapat membantu meredakan penyakit flu yang dialami!

        3. Banyak Makan Sayuran dan Buah-Buahan 

Buah-buahan
Buah. Sumber foto: pinterest.com

Ketika flu, tubuh otomatis melemah dan membuat sistem kekebalan tubuh ikut melemah. Untuk mengembalikan daya tahan tubuh yang normal, konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan gizi dan vitamin. Kamu bisa mendapatkan kandungan gizi dan vitamin yang banyak dari buah-buahan dan sayur mayur. Tubuh kamu dijamin bakal kembali berenergi dan daya tahan tubuh kembali fit!

        4. Istirahat yang Cukup 

tidur-yang-cukup
Tidur Cukup. Sumber foto: pinterest.com

Sistem kekebalan tubuh yang melemah akan membuat penyakit flu menyerang dengan mudah. Oleh karena itu, disarankan sekali buat kamu yang sedang mengalami flu untuk mengistirahatkan tubuh dengan cukup supaya sistem imun tubuh kamu kembali normal.

        5. Hirup Aroma Dari Minyak Kayu Putih 

aroma-terapi-untuk-kesehatan
Menghirup Aroma Terapi. Sumber Foto: pinterest.com

Saat mengalami flu, hiruplah wangi yang menyegarkan untuk melegakan pernapasan dan meringankan flu. Coba oleskan minyak kayu putih di bagian lobang hidung, leher dan dada. Efek hangat yang diberikannya akan membuat kamu nyaman karena penyakit flu. Selain menggunakan minyak kayu putih, kamu juga dapat menggunakan essential oil dari Young Living. Produk ini mampu memberikan rasa nyaman saat proses penyembuhannya. Essential oil ini bisa menjadi alat relaksasi lewat proses aromaterapi yang menenangkan. Tentunya dapat membantu meringankan penyakit flu yang kamu alami.

        6. Mandi Pakai Air Hangat 

mandi-air-hangat
Mandir Air Hangat. Sumber foto: pinterest.com

Sebaiknya hindari mandi pakai air dingin saat sedang flu. Kamu bisa menggantinya dengan memakai air hangat. Mandi dengan air hangat juga bisa menjaga tubuh agar tetap hangat dan meredakan penyakit flu yang dialami. Hindari juga mengkonsumsi minuman yang dingin.

        7. Berkumur 

cara-kumur-kumur
Kumur-kumur. Sumber foto: pinterest.com

Berkumur bisa jadi cara terbaik untuk meredakan penyakit flu. Dengan berkumur, maka dapat membersihkan mulut supaya tenggorokan bisa terhindar dari bakteri dan kuman penyebab flu. Cobalah kumur-kumur dengan menggunakan air hangat yang dikasih sedikit garam atau kamu juga bisa pakai cairan khusus buat berkumur yang beredar di pasaran.

So, kalau kamu atau anggota keluarga dilanda flu, jangan terburu-buru mengunjungi dokter, ya. Atasi saja dengan tips alami yang sudah kita simak tadi. Jika flu tidak kunjung sembuh, maka pergi ke dokter merupakan alternatif terakhir yang bisa dilakukan saat berbagai cara sudah diterapkan atau ada penyakit lain yang menghampiri. Supaya bisa terhindar dari penyakit flu, selalu jaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, cukupi asupan cairan, dan konsumsi makanan yang bergizi.

No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin