Wednesday, 30 September 2020

Mobil Keren Dari Jaman Dulu

Gara-gara habis nonton Film Enola Holmes yang baru tayang di Netflix, yang menceritakan tentang kisah petualangan adik perempuan dari detektif terkenal di dunia, Sherlock Holmes, yang memecahkan misteri Ibunya yang tiba-tiba hilang. Saya jadi tertarik dengan beberapa alat transportasi yang digunakan di film tersebut. Kenapa tertarik? Ya karena menurut saya kendaraan yang digunakan yang ada di jaman abad 19 itu unik dan mungkin pada masa itu sudah canggih banget, terutama mobilnya.

Gambar Mobil. Sumber foto: Auto2000

Mobil yang saya sebut unik itu muncul di scene saat Enola Holmes kabur dari asrama tempat dia sekolah bersama Viscount Tewksbury. Di situ Enola mengendarai mobil 3 roda milik Nona Horrison, kepala sekolah kepribadian khusus perempuan. Mobil tersebut bisa dibilang lebih mirip bentuknya seperti Kereta Kuda tanpa atap. Namun terlihat beda karena mobilnya sudah digerakkan dengan kendali mesin sederhana, begitu juga dengan kemudi dan rem-nya.

Di jaman sekarang mobil tersebut jelas sudah menjadi barang antik dan mungkin susah ditemukan, kecuali kita mengunjungi museum yang memamerkan mobil-mobil antik dari jaman dulu. Dan pada masa itu sepertinya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memiliki kendaraan mobil, orang-orang kaya atau keluarga bangsawan saja, seperti yang ada di film.

Tapi ya seperti yang kita tahu, seiring berkembangnya jaman, mobil bukan lagi milik orang tertentu saja, tapi semua kalangan bisa punya kendaraan ini. Apalagi di jaman sekarang, semua jenis mobil bisa dicari, dari yang paling antik yang masih digunakan hingga mobil dengan high technology yang paling modern. Bayangkan saja, kendaraan mobil sekarang pengemudinya tak harus memegang setir, karena bisa dikendalikan oleh robot, perintah suara atau dengan tombol-tombol otomatis saking canggihnya. Dan saya mikir, kapan yah saya bisa punya mobil yang seperti itu? 

Dashboard Vellfire. Sumber foto: Auto2000

Hehe, mimpi dulu aja kali ya. Eh, tapi kalau ngomongin kendaraan mobil, pasar otomotif di Indonesia sekarang semakin ramai aja ya, terbukti dengan setiap kali ada pameran mobil seperti event GIIAS yang diadakan setiap tahunnya, pengunjungnya selalu membludak, dan angka penjualan setiap produk juga meningkat. Di dunia ekonomi, dulu punya mobil itu menjadi kebutuhan tersier bagi sebagian orang, tapi saat ini orang-orang bisa saja memiliki mobil lebih dari satu yang dijadikan koleksi atau sesuai dengan jumlah anggota keluarga. 

Yup, jaman sekarang punya mobil sudah menjadi kebutuhan primer untuk semua orang. Karena mobil udah jadi kebutuhan pokok untuk menunjang orang-orang berpindah tempat, berpergian atau melakukan aktivitas lainnya, belum lagi mobil-mobil terkini punya fitur-fiturnya yang semakin canggih, sehingga orang-orang makin selektif untuk memilih mobil sesuai kebutuhan.

Sumber foto: Auto2000

Oh ya balik lagi ngomongin soal mobil jadul, saya sebenernya punya mobil impian dari jaman dulu, dari jaman saya masih kecil, maksudnya. Saya pengen punya mobil yang bisa mengangkut banyak penumpang, yang cukup untuk membawa satu keluarga. Jadi inget dulu pengen banget punya mobil Kijang dari Toyota yang ngehits banget pada masa itu, mobil keluarga yang menjadi idaman banyak orang. Yang sekarang sudah bertransformasi menjadi Kijang Innova dan menjadi mobil MPV dengan banyak type. Dan semuanya menurut saya keren-keren. Seperti yang terbaru, yang saya tau nih, ada mobil baru Toyota Vellfire, MPV Premium yang menawarkan kenyamanan penuh buat keluarga. Duh, asli ini mupeng banget liat tampilan interiornya, elegan dengan desain mewah bergaya sporty.

Interior Toyota Vellfire. Sumber Foto: Auto2000

Dan kerennya lagi, sekarang kalau mau beli mobil itu gampang banget ya. Bisa online jadi nggak harus datang langsung. Jadi Toyota sekarang punya platform digital yang menyuguhkan kemudahan buat pelanggannya untuk melakukan transaksi jual beli mobil kendaraan baru maupun bekas, aksesoris dan juga layanan lainnya seperti suku cadang, purna jual dan juga Trade in. Semua layanan itu bisa diakses lewat website atau via aplikasi Auto2000 Mobile. Ini salah satu kemajuan teknologi informasi di bidang otomotif sih menurut saya, apalagi di masa pandemic seperti sekarang, yang mengharuskan kita lebih banyak di rumah. Kita juga jadi nggak menghabiskan waktu di luar rumah hanya untuk sekedar mencari berbagai informasi dan kebutuhan lain perihal mobil. Jadi nggak nonton film aja yang bisa dilakukan di rumah.



No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin