Monday, 30 November 2020

Tips Membuat Kata Sandi Facebook yang Gampang Tetapi Kuat

Membuat kata sandi tentunya hal yang cukup mudah, tetapi untuk membuat kata sandi kuat namun tetap mudah diingat, tentunya menjadi sedikit rumit. Dengan memahami tips membuat kata sandi Facebook yang gampang tetapi kuat, kita dapat meningkatkan sistem keamanan akun Facebook. 

tips membuat password FB
 
Saat ini hacker sudah cukup pintar untuk menebak kata sandi dari sebuah akun Facebook, karena sebagian besar pengguna pasti menggunakan kombinasi kata sandi yang sudah umum digunakan. Berikut ini adalah beberapa tips membuat kata sandi Facebook yang gampang tetapi kuat: 8 Tips Membuat Kata Sandi Facebook yang Gampang Tetapi Kuat

Walaupun kesannya adalah hal sepele, membuat kata sandi yang aman namun tetap mudah diingat adalah hal yang membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, kita dapat mempelajari cara membuat kata sandi yang mudah untuk diingat, namun juga kuat di bawah ini:

1. Tidak Menggunakan Kata yang Ada di Kamus


Kata-kata yang ada di kamus adalah kata-kata yang umum digunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari menggunakan kata-kata yang terdapat di dalam kamus, seperti “Langitcerah” atau “Putihawan”.

Bahkan terdapat software yang mampu mengkombinasikan kata-kata di dalam kamus dan mampu memberikan hasilnya dengan cukup cepat. Jadi, lebih baik kita tidak membuat password dari kata-kata yang banyak muncul di kamus.

2. Lebih Baik Membuat Kata Sandi Facebook yang Panjang

Mungkin banyak media sosial saat ini mengharuskan penggunanya untuk membuat kata sandi dengan minimal 8 karakter. Hal ini dikarenakan kata sandi yang hanya menggunakan 5 atau 6 karakter saja, sangat mudah untuk dibobol keamanannya.

Bahkan menurut data yang ada, kata sandi dengan 6 karakter memerlukan waktu sebanyak 500 detik untuk dapat dipecahkan. Semakin banyak karakter yang digunakan, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk menebaknya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membuat sebuah kata sandi yang panjang, namun tetap dapat diingat dengan mudah. Mungkin kita dapat membuat sebuah kata sandi dari benda kesayangan atau hal lainnya yang jarang diketahui oleh orang lain.

3. Mudah Diingat agar Tidak Lupa Kata Sandi Facebook

Kejadian lupa kata sandi Facebook bisa dialami oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena Facebook memiliki fitur auto login, jadi pengguna Facebook tidak lagi perlu memasukkan username dan password setiap menggunakan FB.

Sehingga, membuat password yang mudah diingat menjadi perlu agar ketika dibutuhkan tidak mengalami lupa kata sandi Facebook. Sebenarnya ada banyak cara mengatasi lupa kata sandi Facebook dan sudah dibahas oleh Kang Sandi, tetapi membuat password yang mudah diingat tentu akan lebih baik.

4. Tidak Menggunakan Kata Sandi yang Sama di Berbagai Media Sosial

Untuk memudahkan untuk mengingat kata sandi, pasti sebagian besar dari kita menggunakan kata sandi yang sama di setiap media sosial. Padahal hal tersebut akan membuat akun media sosial kita rawan dibobol, karena jika satu media sosial berhasil dibobol, maka semua media sosial kita juga dapat dibobol. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan kata kunci yang berbeda di setiap media sosial.

5. Tidak Membuat Kata Sandi dari Data Pribadi

Data pribadi seperti nama, umur, tanggal lahir, atau nama orang tua adalah data pribadi yang mudah diakses oleh semua orang. Jika kita menggunakan data pribadi sebagai kata sandi, kemungkinan untuk diretas sangatlah besar.

Informasi ini juga disampaikan secara resmi di halaman bantuan Facebook. Sehingga memang sebaiknya tidak menggunakan data pribadi sebagai password. Maka dari itu, lebih baik membuat sebuah kata sandi yang hanya kita saja yang tahu. Kita dapat membuat kata sandi berdasarkan kombinasi angka dan simbol, atau membuat kombinasi kata sandi dari lirik lagu yang disukai.

6. Membuat Kata Sandi dari Bentuk Keyboard


Mungkin cara tips membuat kata sandi Facebook yang gampang tetapi kuat satu ini sangat jarang digunakan, yaitu membuat kombinasi kata sandi dari bentuk keyboard.

Contohnya seperti kata sandi “#EDCft6”, jika dilihat dari keyboard, kombinasi kata sandi tersebut membentuk huruf V. Kita dapat mengkreasikan berbagai macam kata sandi dari bentuk keyboard yang lainnya.
Membuat kata sandi dengan cara ini tentunya tidak akan membuat akun Facebook menjadi mudah dibajak, namun juga dapat diingat dengan mudah.

7. Menggunakan Singkatan Kalimat

Jika dibandingkan dengan kata-kata umum, seperti nama tempat lahir atau nama tempat tinggal, tentunya menggunakan singkatan kalimat bisa jadi opsi. Kekuatan kata sandi akan lebih kuat dan tentu saja mudah untuk diingat.

Contohnya seperti kalimat “Saya Lahir di Jakarta 1993”, mungkin kita dapat mempersingkatnya dan membuat menjadi sebuah kombinasi kata sandi seperti “SLj93”.

Anda hanya perlu mengingat huruf depan dari kalimat tersebut, dan tentunya bagi kebanyakan orang jarang yang mengetahui kombinasi kata sandi seperti ini.

8. Menggunakan Simbol Unik


Tips selanjutnya untuk membuat kata sandi Facebook yang gampang, namun mudah diingat adalah dengan menggunakan simbol unik. Simbol-simbol yang bisa kita gunakan sebagai kata sandi bisa dari kombinasi huruf dan simbol yang sering Anda gunakan.

Walaupun tampak sederhana, penggunaan berbagai simbol di dalam kata sandi tentunya akan meningkatkan keamanan akun Facebook dari aksi pembobolan. Hal ini dikarenakan para hacker pastinya akan kesulitan jika di dalam kata sandi banyak menggunakan simbol-simbol.

9. Menggunakan Fungsi Tombol Shift

Tips membuat kata sandi Facebook yang gampang namun mudah diingat yang terakhir, yaitu dengan menggunakan fungsi tombol shift. Cara ini dapat digunakan untuk perangkat komputer maupun perangkat smartphone.
Cara menggunakannya cukup sederhana, jika kita ingin membuat password “jaya2345”, maka kita bisa menggunakan tombol menjadi “jaya2345@#$”.

Selain cukup panjang, dengan menggunakan tombol shift kita sudah menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol, yang dinilai cukup kuat untuk dijadikan sebagai sebuah kata sandi. Cara ini pun dapat Anda gunakan juga untuk membuat kata sandi di media sosial atau situs lainnya.

Tips membuat kata sandi Facebook yang gampang namun mudah diingat di atas, dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam membuat sebuah kata sandi. Kata sandi yang kuat tentunya akan memperkuat sistem keamanan akun Facebook kita, agar tidak mudah disadap.

No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin