Wednesday, 18 November 2020

Fakta Manfaat Jeruk Nipis

Buah jeruk kecil berwarna hijau ini sering kita jumpai. Ternyata jeruk nipis adalah buah asli Asia, loh!. Bukan hanya lemon yang mengandung banyak nutrisi, ternyata jeruk nipis juga memiliki kandungan nutrisi yang besar. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu jeruk nipis dengan diameter 2 inci hanya mengandung 20 kalori . 

Jeruk Nipis. Ft: Pixabay

Manfaat Jeruk Nipis 

Untuk lebih lengkapnya, ayo mengenal jeruk ini lebih jauh. Inilah 12 manfaat jeruk nipis! 

  1. Meningkatkan konsumsi air
    The Centers for Disease Control dan Pencegahan (CDC) menyatakan bahwa orang-orang yang tidak minum cukup air bisa menambahkan perasan jeruk nipis untuk meningkatkan rasa, yang dapat mendorong mereka untuk minum lebih banyak air.

  2. Membantu memperbaiki pola makan
    Sebuah studi terbaru di Nutritional Epidemiology menunjukkan bahwa orang yang minum lebih banyak air daripada minuman manis, seperti soda atau jus, memperbaiki pola makan mereka. Orang yang minum air putih dan menghindari minuman manis, dapat mengurangi jumlah gula dan lemak yang mereka konsumsi setiap hari. Minum air dengan perasan jeruk nipis tentu saja juga menjadi pilihan yang tepat asalkan tidak digabung dengan gula.

  3. Dapat membantu pencernaan
    Menambahkan jeruk nipis ke air dapat membantu melancarkan pencernaan. Jeruk nipis mengandung senyawa yang membantu merangsang sekresi pencernaan di perut. Selain itu, asam dalam air jeruk nipis membantu air liur memecah makanan.

  4. Mengurangi kemungkinan kanker
    Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara buah jeruk dan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Sebuah studi 2015 di Medicine (Baltimore) menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara peningkatan konsumsi buah jeruk dan penurunan risiko kanker esofagus. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

  5. Meningkatkan kualitas kulit
    Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan , keduanya merupakan bahan dalam banyak produk kulit komersial. Jika dikonsumsi bersama air, kandungan alami dalam air jeruk nipis dapat membantu memperbaiki tampilan penuaan kulit.

  6. Meningkatkan penurunan berat badan
    Ahli gizi sering merekomendasikan minum segelas air dengan makanan untuk membantu mencegah makan berlebihan. Air jeruk nipis memiliki manfaat tambahan. Asam sitrat yang ditemukan dalam jus jeruk nipis membantu meningkatkan metabolisme seseorang, membantu mereka membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

  7. Meningkatkan sistem kekebalan
    Vitamin C yang dikombinasikan dengan antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis memberikan dukungan pada sistem kekebalan tubuh. Jika diminum secara teratur, air jeruk nipis dapat membantu mencegah dan memperpendek umur masuk angin dan kasus flu.
     
  8. Mengurangi risiko penyakit jantung
    Jeruk nipis mengandung magnesium dan potasium tingkat tinggi. Kedua elemen ini membantu mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Secara khusus, potasium dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Ada juga penelitian terbatas yang menunjukkan bahwa jeruk nipis juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

  9. Menurunkan gula darah
    Menurut beberapa penelitian, vitamin C dapat membantu menurunkan gula darah di pagi hari dan pasca makan. Meskipun penelitian difokuskan pada orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C, kesimpulannya menunjukkan bahwa vitamin C menawarkan potensi yang sangat baik untuk menurunkan kadar gula seseorang.

  10. Mencegah pertumbuhan mikroorganisme
    Menurut beberapa penelitian, limonin yang terdapat pada jeruk nipis dapat membantu mencegah penumpukan bakteri Streptococcus. Streptococcus adalah sejenis bakteri yang bertanggung jawab atas berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, termasuk infeksi saluran pernapasan dan mulut. Minum air jeruk nipis dapat membantu menghentikan organisme berbahaya ini berkembang dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

  11. Memiliki sifat anti inflamasi
    Jeruk nipis menyediakan sumber vitamin C yang baik. Di antara banyak manfaat potensial lainnya, vitamin C bertindak sebagai agen anti-inflamasi dalam tubuh. Oregon State University melakukan tinjauan penelitian yang berfokus pada efek positif vitamin C dalam mengurangi peradangan. Mereka menyimpulkan bahwa mayoritas penelitian menunjukkan penggunaan vitamin C menunjukkan hasil yang baik dalam mengurangi peradangan.

  12. Membantu mencegah batu ginjal
    Jeruk nipis mengandung asam sitrat dan vitamin C. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa vitamin C dan asam sitrat membantu memecah atau mencegah pembentukan beberapa jenis batu ginjal. Para peneliti menyimpulkan bahwa dengan memasukkan vitamin C dan asam sitrat dalam makanan mereka, seseorang dapat mengurangi risiko terkena batu gijal lagi di masa depan.

Nah, memang sangat menyenangkan minum jeruk nipis dengan lemon disaat cuaca panas ya, terutama mengetahui manfaatnya yang banyak ini membuat semakin suka dengan jeruk nipis, deh. Ternyata jeruk nipis juga bisa menjadi bahan dasar camilan sehat yang dikombinasikan dengan kacang almond, loh. Jeruk nipis juga sering menjadi bahan penyedap dalam masakan rumahan di Indonesia. Selamat memanfaatkan jeruk nipis sebagai makanan dan minuman sehari-hari.

No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin