Tuesday 15 December 2020

Nyobain Pasang Bohlam Lampu Canggih Bardi Smart Home

Sepuluh tahun yang lalu mungkin kita nggak pernah terpikir untuk merasakan kehidupan yang semuanya bisa dikendalikan oleh canggihnya teknologi. Walaupun sudah diprediksi sejak dulu dengan adanya revolusi digital, tapi rasanya mungkin tidak secepat itu. Tapi, seperti inilah kenyataannya, saat ini kita hidup dimudahkan dengan adanya teknologi dan internet.
 
smart home
Smarthome, foto: pexels

Bicara teknologi, saya jadi ingat drama Korea Start Up, bagaimana kehidupan ini akhirnya memaksa kita untuk menerima perubahan, pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh tenaga manusia, sekarang bisa digantikan oleh robot, mesin dan bahkan bisa dilakukan dari manapun hanya menggunakan smartphone saja.

Masih ingat, di salah satu episode, bapak-bapak pekerja berdemo menolak perubahan dengan munculnya aplikasi-aplikasi yang diciptakan oleh pengembang teknologi. Dan itu mengingatkan dengan kejadian beberapa tahun lalu di negara kita saat start up mulai berkembang, saat para ojek pangkalan menolak adanya ojek online. Tapi ya seperti itu, mau nggak mau, siap nggak siap, kita harus siap berhadapan dengan perkembangan jaman terutama dengan teknologi.

Dibanding sebelumnya, teknologi internet saat ini memang luar biasa besar manfaatnya untuk membantu orang-orang dalam melakukan sesuatu dan mendapatkan informasi. Dan itu terbukti dengan semakin banyaknya kebutuhan manusia yang terbantukan dengan ini.

Salah satu contohnya yang ada di drama Korea Start Up itu, ada alat yang bernama Yong Sil, yang menjadi temannya Han Jipyeong. Alat ini hampir sama seperti google assisten, menjawab setiap pertanyaan dan melakukan sesuatu sesuai perintah yang kita berikan. 

Trus saya jadi membayangkan punya alat-alat canggih seperti itu. Yang kalau misalnya kita lagi lelah untuk bangun dan berdiri, tapi kita harus mematikan alat-alat elektronik yang ada di rumah, ada alat yang tinggal kita suruh untuk mematikannya.

"Hey google, matikan lampu!" Whoaa. Ini bukan lagi mimpi.

Bardi Smarthome, always in control

Bardi Smarthome

Bener, ini bukan lagi mimpi, karena beberapa hari lalu saya berhasil mendapatkan atau memiliki salah satu produk smarthome dari Bardi Smart home yang bisa saya aplikasikan di rumah.

Jujur saya baru tau Bardi Smart home punya beragam produk yang berkualitas dengan harga terjangkau, yang bisa dibeli di e-commerce. Impian punya smart home seperti di drama-drama Korea ada di depan mata.

Ada 2 produk Bardi Smarthome yang saya punya, Bardi Smart Light Bulb - 9W RGBWW dan Bardi Smart IR Remote 10M-BLK.

Yang pertama saya mau review Bardi Smart Light Bulb - 9W RGBWW, kalau dibahasa Indonesia-kan namanya bohlam pintar, bohlam ajaib, karena bisa mengganti warna atau cahaya sendiri dan bisa dimati nyalakan melalui aplikasi di smartphone. Dengan catatan lampu dan aplikasi ini harus terhubung dengan wi-fi/hotspot yang sama, dan sinyal jaringan internet wifinya cepat alias lancar jaya.
Jadi kalau wifi yang kita akses lambat banget kayak si indihompipa itu, Bardi Smarthome dan aplikasi lumayan susah tersambung bahkan gagal total sampai pusing dan mikir ini masalahnya dimana?

Bardi SmarthomeBardi Smarthome

Jadi pastikan dulu, internet di rumah aman. Setelah itu baru deh produk Bardi Smart Light Bulb dan Bardi Smarthome lainnya bisa digunakan. 

Di lihat dari spesifikasinya masa pakai Bardi Smart Light Bulb - 9W RGBWW bisa lumayan lama 50.000 jam, saya nggak tau ini bisa sampai berapa tahun. Terus sistem suppor aplikasi nya bisa digunakan di android maupun ios. Bisa bekerja dengan Google Assisten, amazon alexa, Smarthing dan beberapa lainnya.

Berikut cara pasang Bardi Smarthome di aplikasi:

  • Download aplikasi Bardi Smart Home di Android ataupun ios, setelah itu lanjutkan dengan register akun. Nanti akan ada e-mail kode verifikasi. Jika sudah berhasil bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.
  • Sambungkan wifi ke smarthone.
  • Pasang produk Bardi Smarthome ke listrik, ikuti petunjuk yang ada untuk memastikan produk sudah terhubung, untuk Bardi Smart Light Bulb, ditandai dengan lampu berkedip cepat setelah tombol on-off ditekan sebanyak 3x. Setelah itu bisa diklik confirmasi. Jika masih gagal ulangi terus dan cek koneksi wifi internet.
  • Setelah berhasil tersambung antara aplikasi dan Bardi Smart Light Bulb bisa dilanjutkan dengan settingan yang lain. 

Bardi SmarthomeBardi Smarthome

Simple banget sebenarnya cara pasang Bardi Smarthome, namun harus hati-hati karena lampunya sendiri agak berat, jadi jangan sampai jatuh dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Karena setelah berhasil disetting dan dinyalakan, fungsi fitur-fitur yang ada di Bardi Smarthome ini sungguh menyenangkan. Cahaya lampu dari Bardi Smart Light Bulb bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan, bisa ganti suasana sesuka hati. Keren banget deh, asli. Saya bahagia banget bisa punya salah satu produk Bardi Smarthome ini.

Bardi SmarthomeBardi Smarthome

Terus yang kedua, ada Bardi Smart IR Remote 10M - BLK. Nah, produk Bardi yang satu ini belum sempat terpasang dan masih gagal terhubung hingga sekarang. Namun masalahnya bukan pada jaringan internet wifi atau produknya, tapi karena perangkat rumah tangga yang saya punya sedang sedikit bermasalah. Kemarin saya coba untuk menyambungkan dengan Televisi merek Samsung, namun fitur remotenya tidak bekerja. Setelah dicek, ternyata TV saya yang bermasalah. Dan saya belum punya barang elektronik lain yang untuk dicoba dengan Bardi Smart IR Remote ini.

Setelah punya Bardi Smart Light Bulb dan Smart IR Remote ini, saya jadi ingin mengumpulkan produk Bardi Smarthome lainnya. Ingin merasakan punya rumah yang perabotan di dalamnya bisa bekerja dan disetting otomatis.

Cek videonya, bagaimana Bardi Smart Light Bulb ini bikin happy karena otomatis berganti warna sendiri.

1 comment:

  1. canggih, terjangkau, modelnya keren, feels safe and pasti nya smart ! Bardi , produk lokal smarthome no 1

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin