Monday 7 March 2022

Apa Fungsi Kartu Kredit?

Kartu kredit, sebuah kartu yang diterbitkan oleh bank dan digunakan untuk berbagai transaksi keuangan. Kartu ini mirip ATM tetapi tidak sama. Transaksi dengan kartu kredit artinya bukan kamu yang mengeluarkan uang. Bank penerbitlah yang melakukannya. Kamu menyicil pembayaran pada pihak bank berikut bunganya. 

fungsi kartu kredit
Foto: cekaja.com

Fungsi Kartu Kredit

Bagi beberapa orang, memiliki kartu kredit sangat bermanfaat. Meski bagi orang lain belum tentu, bahkan dapat berbahaya. Khususnya bagi orang yang pada dasarnya sudah mempunyai gaya hidup konsumtif.
Nah, sebelum kamu mengajukan kartu kredit perhatikan dulu fungsinya. Kamu membutuhan atau tidak. Fungsi kartu kredit antara lain:


1. Membuat Transaksi Keuangan Lebih Praktis dan Nyaman

Kartu kredit saat ini dapat digunakan untuk transfer, belanja online, membayar tagihan listrik, belanja di berbagai tempat, dan sebagainya.
Hal ini membuat kamu dapat berbelanja dengan lebih praktis dan nyaman.Tidak perlu membawa uang cash ke mana-mana.

2. Memberikan Perlindungan Tambahan Saat Belanja

Belanja online atau belanja offline dengan kartu kredit memberikan perlindungan tambahan saat belanja. Beberapa merchant memberikan diskon dan asuransi atas barang yang kamu beli.
Namun, khusus untuk belanja secara online kamu harus hati-hati menggunakan data kartu kredit.Pastikan berbelanja dengan e-commerce terpercaya. Jika tidak, data kartu kredit dapat digunakan oleh orang lain dan isinya habis terkuras. Tidak mau bukan membayar tagihan yang bukan milik kamu?

3. Dana untuk Kebutuhan Mendadak

Beberapa orang hanya menggunakan kartu kredit pada saat tertentu saja, yaitu dana kebutuhan mendesak. Misalnya, renovasi rumah dan sekolah anak.
Daripada mengajukan kredit lain dengan jaminan BPKB atau kredit tanpa agunan lebih baik menggunakan kartu kredit. Kartu kredit yang sudah dimiliki sejak lama tentunya sehingga dapat langsung digunakan.

4. Transaksi Keuangan di Seluruh Dunia

Kartu kredit dapat kamu bertransaksi di seluruh dunia tanpa perlu mengganti mata uang atau menukarnya. Nantinya, kurs akan diperhitungkan sendiri oleh bank.
Bayangkan jika tidak ada kartu kredit dan kamu mengunjungi beberapa negara sekaligus dalam beberapa hari. Repot bukan mencari tempat penukaran uang atau valuta asing? Uang cash juga tidak aman kamu bawa ke mana saja.

5. Portofolio Keuangan di Bank

Kartu kredit menjadi protofolio hutang kamu pada bank. Umumnya bank akan mudah membuatkan kartu kredit baru atau mencairkan dana kredit tanpa agunan jika kamu punya kartu kredit.
KTA contohnya, kebanyakan mensyaratkan kamu memiliki kartu kredit utama dengan limit di atas 10 juta dan catatan baik.

Kapan Waktu yang Tepat Mengajukan Kartu Kredit?

Setelah mengetahui fungsi kartu kredit di atas, apakah kamu ingin mengajukan kartu kredit? Kapan waktu yang tepat untuk mengajukannya?
Tidak ada waktu yang tepat untuk mengajukan kartu kredit. Semua tergantung pada diri kamu sendiri.
Jika kamu termasuk orang yang dapat mengendalikan keinginan untuk berbelanja secara berlebihan, sebaiknya kamu membuat kartu kredit saat tidak dibutuhkan. Kebutuhan mendadak tidak diketahui waktu terjadinya.

Begitu pula jika kamu adalah traveller dan pengusaha. Kartu kredit harus siap sebelum kamu melakukan perjalanan. Bagi pengusaha, membuat kartu kredit dapat dilakukan sebelum ada rencana pengembangan yang membutuhkan dana besar.

Satu hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengajukan aplikasi kartu kredit. Pilihlah bank terpercaya dan mempunyai kredibilitas untuk membuat kartu kredit. Untuk membantumu membandingkan produk kartu kredit di berbagai bank, gunakan jasa https://www.cekaja.com/kartu-kredit yang bisa dengan mudah membandingkan berbagai kartu kredit dari berbagai bank.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih - @melfeyadin