Monday 29 January 2024

Ini Dia Perbedaan Jerawat Punggung dan Biang Keringat

Munculnya jerawat bisa di bagian tubuh manapun yang sering menghasilkan keringat, salah satunya pada punggung. Membahas soal jerawat punggung, permasalahan kulit satu ini merupakan salah satu jerawat yang cukup parah. Sebab, munculnya jerawat di punggung sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan seseorang yang mengalaminya, bahkan bisa sampai membuat orang tersebut membatasi pakaian yang dikenakan karena merasa kurang percaya diri.  

punggung
Punggung. Foto:yesdok

Selain membuat penampilan jadi tak sedap, jerawat punggung juga bisa mengganggu saat posisi tidur, karena akan menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Hal itu lantaran bentuk jerawat punggung yang berbentuk benjolan merah.

Meski demikian, banyak orang yang terkadang masih kebingungan membedakan antara jerawat punggung dan biang keringat. Jerawat punggung maupun biang keringat merupakan masalah kulit yang sama – sama disebabkan oleh penyumbatan pori – pori kulit. Efek samping yang ditimbulkan dari keduanya sama – sama memberikan rasa tidak nyaman.

jerawat punggung
Jerawat punggung. Foto:inews


Meski begitu, terdapat perbedaan antara jerawat punggung dan biang keringat. Apa saja perbedaannya? Berikut perbedaan jerawat punggung dan biang keringat yang perlu diketahui:

  1. Penyebab Jerawat punggung dan biang keringat biasanya muncul saat pori – pori kulit tersumbat oleh partikel kecil dari lingkungan. Namun, yang membedakan antara keduanya yaitu jenis partikel penyumbatnya. Jerawat punggung terjadi saat pori – pori kulit tersumbat sel – sel mati dan bakteri. Bakteri yang masuk akan menyumbat pori – pori dan memicu peradangan. Sementara itu, biang keringat terbentuk saat pori – pori kulit tersumbat keringat, sehingga menyebabkan aliran oksigen dari luar sulit untuk masuk ke dalam kulit dan memicu munculnya benjolan kecil berwarna merah yang mirip seperti ruam.

  2. Ciri – Ciri Jika melihat benjolan merah di punggung, kamu jangan buru – buru menganggap itu sebagai jerawat punggung. Meski sama – sama berwarna merah, namun hal itu bisa menjadi tanda biang keringat bukan jerawat. Nah, agar tidak tertukar membedakan antara jerawat punggung dan biang keringat, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu ciri – cirinya. Ciri – ciri jerawat yaitu berupa benjolan merah dan tengahnya berwarna putih berisi nanah. Jerawat punggung biasanya hanya muncul satu atau dua buah. Sementara, ciri – ciri dari biang keringat adalah berupa bentol berwarna kemerahan, namun bentuknya mirip seperti ruam. Biang keringat juga biasanya bersifat menyebar, tidak berisi nanah, dan terasa gatal.

    penyebab biang keringat
    Biang keringat. Foto:halodoc

  3. Cara Mengatasinya Perbedaan jerawat punggung dan biang keringat juga bisa dilihat dari bagaimana cara mengatasinya. Bagi kamu yang bermasalah dengan jerawat punggung, bisa mengatasinya dengan salep khusus jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid. Kedua kandungan tersebut efektif bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah sel kulit mati untuk menyumbat pori – pori. Sedangkan, cara mengatasi biang keringat adalah dengan menggunakan krim atau lotion yang mengandung mentol atau hidrokortison 1%. Bahan aktif tersebut efektif membantu meringankan gatal sekaligus menyamarkan ruam biang keringat. Akan tetapi, jika jerawat punggung makin meradang atau biang keringat terasa semakin panas, sebaiknya konsultasikan pada dokter kulit. Sebab, hal itu tentu bisa menjadi pertanda infeksi yang harus segera ditangani.

  4. Cara Mengatasinya Penyebab utama jerawat punggung dan biang keringat adalah akibat aktivitas olahraga yang menyebabkan tubuh berkeringat. Semakin banyak keringat yang keluar, maka potensi pori – pori kulit akan tersumbat oleh bakteri, sel kulit mati, atau keringat itu sendiri juga semakin besar.


Oleh sebab itu, setelah selesai beraktivitas atau olahraga, harus segera mandi untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit. Selain itu, sebaiknya memakai baju yang longgar agar sisa – sisa keringat menempel di kulit. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari jerawat yang muncul di punggung. Selain itu, hindari juga tempat – tempat yang lembab, karena itu merupakan spot favorit bagi bakteri. Apalagi udara yang lembab juga bisa membuat keringat jadi lebih sulit menguap dari kulit, sehingga hal itu bisa memicu munculnya biang keringat. Atau bisa juga dengan memperbanyak minum air putih dingin untuk menghilangkan jerawat punggung dan biang keringat. Hal itu agar terhindar dari dehidrasi, sensasi dingin air putih bisa membantu menenangkan tubuh sekaligus membiarkan keringat menguap tanpa menyumbat pori – pori. 

Pimple Body Mist Dermies

Itulah perbedaan jerawat punggung dan biang keringat secara umum. Bagi kamu yang saat ini sudah terlanjur bermasalah dengan jerawat punggung dan butuh rekomendasi obat untuk mengatasinya. Salah satu produk yang recommended adalah Dermies Clear Me Pimple Body Mist. Produk perawatan untuk jerawat punggung ini mengandung Blue Lotus, Salicylic Acid 2%, Hyaluronic Acid, Niacinamide 2%, Allantoin, dan Aquaxyl.

Dermies Clear Me Pimple Body Mist mampu menghilangkan jerawat di tubuh, mencerahkan kulit, dan mengontrol minyak pada kulit. Harganya cukup ramah di kantong, yaitu Rp. 85 ribuan untuk kemasan botol spray ukuran 100 ml.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih - @melfeyadin