Tuesday 2 January 2024

Tips Perawatan Motor Sebelum Melakukan Perjalanan Liburan

Liburan Natal dan Tahun baru menjadi momen spesial bagi kita semua untuk bisa merayakan berkumpul bersama keluarga. Nggak hanya untuk penganut agama tertentu saja, namun di liburan akhir tahun ini bertepatan juga dengan liburan anak sekolah (semester pertama). Jadi tentu sudah banyak keluarga yang mempunyai agenda untuk bisa berlibur bersama keluarga. 

liburan

Untuk sebagian orang, menikmati liburan akhir tahun bersama keluarga menjadi sangat penting. Setelah setahun penuh beraktivitas dan banyak kegiatan, pergantian tahun menjadi sebuah momen untuk muhasabah diri. me-review apa saja yang sudah terjadi, dan kesempatan untuk saling mengisi kembali waktu yang sudah terlewatkan bersama keluarga tercinta.

Ada banyak yang sudah merencanakan liburan akhir tahun, ada yang ke luar negeri, mengunjungi negara-negara impian, ada yang umroh, ada yang ke tempat wisata yang sedang viral di sosial media, ada yang touring menggunakan sepeda motor ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi, atau bersilaturahmi ke rumah saudara-saudara yang selama ini jarang bertemu. Ada pula yang hanya berdiam diri di rumah, menikmati momen pergantian tahun baru dengan hanya menonton Televisi saja bersama orang-orang terdekat sambil barbeque-an.

 liburan naik motor

Nah, buat yang suka naik motor buat liburan, ada hal penting nih yang perlu banget diketahui yaitu tips merawat kendaraan motor, biar perjalanan liburan tahun baruan sambil motoran terasa lebih nyaman dan tenang. Selain itu, tentu saja agar setiap komponen-komponen sepeda motor lebih terjaga.

Ketahui Tips Perawatan Motor Sebelum Melakukan Perjalanan Liburan

Tips rahasia perawatan motor ini saya baca dari Planet Ban, salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor yang semua pasti sudah banyak mengenalnya, Planet Ban ini ada di mana-mana dan mudah sekali kita temukan di setiap daerah.

  • Cek Kondisi Ban Motor

    Ini yang penting dan paling utama yang harus kita cek terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan menggunakan motor. Ban yang kondisinya sudah tak layak pakai seperti ada sobekan, keretakan, alur yang menipis atau tekstur ban yang terasa bergelombang harus segera diganti dengan yang baru, Kondisi ban yang seperti itu tentu akan membahayakan pengendara saat di jalanan.

    Untuk mengganti ban luar maupun ban dalam, banyak rekomendasi tempat pergantian ban motor yang bagus, seperti di Planet Ban. Di Planet Ban banyak tersedia berbagai macam merek dan ukuran ban motor. Dan setelah diganti, jangan lupa untuk mengecek tekanan udara pada ban.

  • Cek Kondisi Rem Pada Kendaraan

    Selain ban, kondisi rem kendaraan juga penting untuk diperhatikan dan dicek untuk menjaga keamanan selama melakukan perjalanan. Yang kita tahu banyak terjadi kecelakaan lalu lintas pengendara motor karena rem blong, atau rem yang tak mampu lagi menahan laju kendaraan.

    Untuk amannya, bila kita tidak mengetahuai apakah rem sudah menunjukan kehausan atau tidak, kita bisa membawa kendaraan motor ke bengkel untuk diperiksa apakah rem kendaraan motor yang kita gunakan harus diganti kampasnya atau belum.

    tips perawatan motor


  • Cek Kondisi Oli Mesin

    Oli mesin harus diganti secara rutin, minimal 1 bulan sekali, namun jika ingin melakukan perjalanan jarak jauh, oli mesin harus diganti terlebih dahulu, hal ini untuk memastikan perjalanan menjadi aman dan kondisi mesin motor dapat terjaga dengan stabil. Pastikan juga oli mesin yang digunakan sesuai dengan jenis kendaraan motor dan cocok untuk perjalanan jauh.

  • Cek Kondisi Aki Motor

    Aki motor sangat penting untuk menjaga daya listrik pada kendaraan bermotor. Jika aki motor habis, banyak komponen penting pada mesin motor tak lagi berfungsi dengan semestinya.

    Jadi, untuk mengetahui apakah aki motor masih dalam kondisi baik atau tidak, sebaiknya harus diperiksa secara berkala apalagi jika ingin melakukan perjalanan jauh. Aki motor harus dicek terlebih dahulu dan bila perlu diganti dulu sebelum liburan.

Selain tips-tips di atas, ada bagian komponen lain yang tak boleh terlewati untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh untuk liburan. Tidak hanya saat ingin liburan saja, memeriksa atau mengecek kondisi kesehatan mesin kendaraan bermotor sangatlah penting. 



Tentu saja jika kita tidak bisa melakukannya sendiri, menyerahkannya pada tempat servis motor yang terpercaya dan ternama seperti Planet Ban akan jauh lebih aman dan nyaman.

Namun ada hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor selain perawatan rutin yang harus dilakukan, yaitu sebagai pengendara kita harus menaati aturan lalu lintas, dan menggunakan atribut keamanan seperti helm dan lainnya, agar selama perjalanan liburan menjadi nyaman dan selamat sampai tujuan.

Nah, jika teman-teman ingin melakukan pemeriksaan dan pergantian komponen pada sepeda motor yang ingin digunakan selama perjalanan liburan, konsultasikan saja pada Planet Ban.

tips perawatan motor


7 comments:

  1. Motor matic memang memerlukan perhatian dalam perawatan terutama harus rutin ganti oli, dengan begitu motor akan lebih awet dan selalu dalam kondisi prima. Kalau mau perawatan motor matic sekarang sudah ada tempat yang rekomendasi yakni Planet Ban.

    ReplyDelete
  2. Wah aku gagal fokus pemandangannya, sawah begitu suka. Hehe. Seru ya mbak liburan motoran gitu. Cuma memang harus banget dicek kesehatan motornya. Setelah baca artikel ini jadi menyadari banyak perawatan yang ke skip deh, harus servis rutin :)

    ReplyDelete
  3. Enaknya naik motor saat bepergian jauh tuh gitu. Bisa berhenti di mana saja kita mau. Pas liat view bagus, berhenti bentar buat foto. Cuma ya memang agak bertambah persiapannya. Nggak hanya fisik tapi motor juga. Semua komponennya harus dalam keadaan prima biar perjalanannya aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  4. Aku juga dulu suka jalan-jalan naik motor bareng suami & Rayyaan mbak. Ke tempat2 wisata di seputaran Batu Putu yang ada tanjakannya ituh. Nah lewat situ kan ngeri-ngeri sedap ya. Rem, ban motor dsb harus oke kondisinya. Btw aku awalnya ngira Planet Ban cuma buat ganti ban aja, ternyata bisa cek dan ganti spare part lain. Apalagi ada konsultasi gratis. Yang begini bermanfaat banget terutama bagi perempuan yang nggak terlalu ngerti urusan spare part motor hehe.

    ReplyDelete
  5. Seru ya mbak bisa jalan-jalan jauh naik motor. Memang kalau mau perjalanan jauh seperti itu wajib banget periksakan kesehatan motor secara menyeluruh. Biar aman dan tenang selama di perjalanan.

    ReplyDelete
  6. Beberapa tempat wisata apalagi yang tersembunyi alias hidden gem kadang nggak bisa dituju dengan mobil, bisanya naik motor. Selain itu kelebihan naik motor, bisa lebih bebas kalau sewaktu-waktu mau berhenti buat foto-foto. Btw temanku ada yang pernah nekat ke Pesisir Barat naik motor lho Mbak he he. Nah kalau mau liburan ke tempat yang jauh itu kondisi motor harus prima ya biar aman dan nyaman di jalan.

    ReplyDelete
  7. Planet Ban keren ya, cabangnya banyak dan menyediakan layanan konsultasi gratis pula ya baik online maupun offline, jadi kalau mau liburan harus banget nih tuk mampir ke Planet Ban dulu buat perawatan motor biar aman di perjalanan, liburan pun juga tenang deh :)

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin