Tuesday, 19 February 2019

Hijab dan Industri Halal di Gelaran Hijab Celebration Day


Hijrah, kata ini memenuhi panggung atau stage utama pada sebuah talkshow di event Hijab Celebrtation Day pada Minggu, 17 Februari 2019 yang lalu, yang digelar di Bintaro Xchange Park, Tangerang, Banten. Hijrah, sebuah keseriusan yang dilakukan seorang muslim ketika ingin benar-benar dekat dengan sang pencipta, Allah SWT.

Hmm, ada yang menarik waktu saya akhirnya bisa datang ke event keren yang baru dua kali digelar ini, Hijab Celebration Day, yang digagas oleh Hijup dan tahun ini berkolaborasi dengan Islamic Nexgen Fest milik Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Acara yang diawali dengan Fun Run dan Family Run dan Aerobic ini menyuguhkan banyak sekali kegiatan. Di antaranya Interaktiv Talkshow dengan banyak tema dari narasumber-narasumber keren, hiburan, hingga bazar curated industry halal. Ada juga booth-booth dan play ground untuk anak-anak.



Awalnya saya benar-benar nggak punya ekpetasi apa-apa datang ke sini, justru saya berpikir, acaranya bakal dipenuhi dengan kegiatan keagamaan yang kental, pengajian, tausiah dan sebagainya. Karena temanya memang merayakan hijab. Hijab sebagai penanda bagi wanita Islam. Penutup aurat yang wajib dikenakan semua muslimah di dunia ini. 
Namun ternyata, acaranya dikemas dengan sedikit berbeda, kekinian dan sangat menarik untuk muslimah millennial. Yang menurut saya, Hijab Celebration Day ini juga bertujuan ingin merangkul semua kalangan, ingin mengajak perempuan-perempuan yang belum mantap berhijab, mau mulai berpikir benar-benar hijrah mengenakan hijab.
Ada satu dua komentar yang masuk ke akun sosial media saya, ketika saya melakukan live report melalui instastory akun instagram. Ada teman yang bertanya, "Lhooo, acara hijaber kok ada acara musik-musiknya? Piye tho?". Awalnya saya juga mengernyitkan dasi, "Iyaa, yaa.. musik kan di larang dalam Islam" Terus? Terus saat para penyanyi ini tadi perform, semua orang berkumpul, namun setelahnya mereka bubar. Saya makin bingung juga. Namun, sebagian memang bubar, karena waktunya jam makan siang. Tapi yang nggak hadir ke acara keren ini mungkin saja nggak tau, jika saat sesi talkshow-talkshow dengan tema-tema yang menarik dari para speaker, peserta yang datang juga nggak kalah banyak dibanding saat perform musik tadi. Ah, saya bersyukur sekali, jadi bisa menjawab pertanyaan si teman lewat postingan ini. 
Jadi, musik itu hanya pemanis, agar mereka yang mungkin saja nggak tertarik datang ke acara seperti ini mau lebih mencari tau, mengapa ada gelaran Hijab Celebration Day.


Nah, ini.. saya pikir mengapa ada musik dalam gelaran Hijab Celebration Day? Dari sudut pandang saya menanggapi hal ini, saya beranggapan bahwa, ada banyak cara orang untuk mengajak kebaikan, salah satunya mungkin dengan cara seperti ini, yang mudah diterima oleh anak-anak millennial, yang mungkin saja masih takut atau segan untuk lebih mengenal Islam karena pengetahuannya yang kurang, utamanya berhijab yang wajib dikenakan oleh kaum perempuan. Karena event ini namanya Hijab Celebration Day, hampir 90% pengunjung yang hadir terutama perempuan, semuanya mengenakan hijab, yang tidak bisa dihitung dengan jari.

Ramai sekali
Kamu tau? Sebagai perempuan muslim, berkumpul dengan para hijaber-hijaber di sebuah acara sementara kita sendiri belum berhijab itu menumbuhkan rasa malu plus ingin yang lebih untuk segera berhijab. Seperti seorang pengunjung yang saya jumpai kemarin itu. Agak aneh dan janggal memang ketika kita melihat semua orang rapi dengan hijabnya, sedangkan ada satu orang yang tanpa hijabnya. Tapi mungkin inilah tujuannya, Hijab Celebration Day, merayakan hijab dan mengajak semua orang untuk lebih tertarik dengan hijab, apa sih hijab itu? Mengapa kita harus berhijab dan sebagainya. Karena terlihat dari wajah si pengunjung tadi itu, ia antusias saat ada sesi talkshow dari speaker yang membicarakan bagaimana mereka berproses untuk hijrah dan berhijab. Proses yang nggak mudah, karena ada banyak perempuan muslim yang mengaku belum siap mengenakannya.

Perform RAN
Event Hijab Celebration Day ini tak hanya menyajikan musik modern (RAN) yang jadi pertanyaan teman , namun ada juga musik Islami, dari nasyid Aleehya, yang lirik-liriknya sarat pesan Islami, juga Sholawat kepada Nabi. Aleehya yang membawakan lagu-lagu hits dari penyanyi terkenal namun liriknya diganti dengan nada Islami. Kereen banget, jadi kita lebih mudah mengikuti lagunya dan meresapi makna. Nantinya ketika kita mendengarkan lagu aslinya, lirik yang baik ini juga akan terngiang-ngiang terus ditelinga dan masuk ke jiwa. Betul, kan? Ada banyak cara untuk menyiarkan Islam agar mudah diterima oleh banyak orang. Juga bagaimana menjalankan kehidupan ini sesuai syariat Islam, salah satunya dengan menggunakan produk-produk halal. Event ini juga menjadi ajang silaturahmi dengan hijabers lainnya.


Semua hal itu sejalan dengan campaign dari Hijup yakni #EmpowerChange yang meyakini bahwa setiap orang bisa melakukan dan memberikan perubahan ke arah kebaikan dengan cara apa saja, mulai dari penampilan yang baik, menginspirasi gaya hidup Islami, juga berkontribusi untuk lingkungan sekitar.

Hijab Fashion dan Industri Halal Indonesia

Begitu pun dalam event ini. Hijab Celebration Day yang merupakan sebuah movement World Hijab Day yang dirayakan setiap tanggal 1 Februari. Dan Hijup sebagai penyelenggaranya adalah e-commerce fashion muslim pertama di dunia yang didirikan sejak tahun 2011, oleh Diajeng Lestari. Selain online, Hijup juga dijalankan dengan konsep offline, terbukti dengan sudah banyaknya cabang atau tenant, offline Hijup store di beberapa mall besar di Indonesia dan juga negara tetangga, Malaysia.
Menurut Mbak Ajeng, event ini terselenggara sebagai bentuk rasa syukur kita semua yang lahir dan tumbuh di negeri multikultur dan demokratis, di Indonesia dengan berbagai kemudahan untuk mendapatkan produk-produk halal serta akses untuk beraktivitas dengan tetap mengenakan hijab dan sesuai syariat, HIJUP mengadakan Hijab Celebration Day. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para muslimah untuk terus berkarya dan produktif yang selaras pula dengan campaign HIJUP, yakni #EmpowerChange. Hal utama pada kesempatan kali ini adalah menunjukkan komitmen bersama untuk menciptakan ekosistem industri halal yang diawali dengan sektor fashion muslim.


Yup, negara kita punya target untuk menjadi kiblat fashion muslim dunia, yang dibuktikan dengan semakin berkembangnya industri fashion muslim. Berhijab, menutup aurat tak hanya lagi sebagai suatu kewajiban, tapi juga sudah menjadi trend fashion bagi semua orang, banyaknya model karya yang bermunculan, menjadikan Indonesia masuk peringkat ke-3 sebagai negara terbesar fashion muslim dunia (data State of the Global Islamic Economy Report 2018/19).


Hal ini juga disetujui oleh Menteri BUMN, Ibu Rini Sumarno yang turut hadir di Hijab Celebration Day 2019, "Kami berkomitmen memajukan industri halal Indonesia dengan sektor fashion muslim sebagai gerbong utama. Pada kesempatan ini pula, kami sampaikan insyaAllah Indonesia akan membangun distrik fashion muslim berstandar internasional di daerah Senayan. Kami harapkan sinergi dan kolaborasi semua pihak dari hulu hingga hilir dapat bersama-sama mengembangkan industri halal Indonesia."


Keren banget ya? Perkembangan hijab di Indonesia memang membuat takjub, kesadaran kita sebagai muslim untuk berhijab terus meningkat dan tanpa rasa takut oleh larangan atau aturan. Karena seperti yang kita tahu, dulu perempuan muslim Indonesia dilarang berhijab oleh pemerintah, khususnya pelajar sekolah. Namun sekarang dengan perubahan jaman serta teknologi yang semakin maju, membuat kita semakin mudah juga untuk menerima banyak informasi mengenai berbagai hal dan menemukan beragam fashion muslim yang cocok untuk dikenakan. Termasuk ketika ingin mencari baju olah raga muslimah, hijab sport yang kekinian namun tetep syar'i.


Dan ini yang membuat saya paling bahagia menghadiri event Hijab Celebration Day kemarin itu. Semua peserta yang hadir, yang mengikuti kegiatan fun run mendapatkan jersey keren dari Noore Sport, sebuah brand fashion healthy muslim lifestyle yang sudah lama banget saya idam-idamkan. Selama ini jika ingin olah raga di luar ruangan, misal lari atau jogging pagi itu seringnya masih bingung harus mengenakan pakaian seperti apa sejak memutuskan berhijab. Karena belum banyak produk fashion baju olah raga muslimah yang dikhususkan untuk wanita muslim. Kebanyakan walau tertutup masih ketat alias membentuk body, dan itu membuat nggak nyaman. Untungnya, Noore Sport yang juga membuka booth di Hijab Celebration Day punya banyak koleksi model baju olah raga wanita muslim.

25 comments:

  1. Fashion hijab sekarang udah makin booming dan diakui fashion dunia ya mbak. Acaranya seru banget nih jd pengen punya baju olahraga buat muslimah dari Noore yang happening itu

    ReplyDelete
  2. Bener banget mba. Tren hijab di Indonesia sudah mendunia kl kata saya mah. Meskipun belum secata formal. Tp temen saya aktivis gereja sini tau donk hijab Indonesia dan aneka pemasangannya 😆

    ReplyDelete
  3. Fashion hijab sekarang sudah menjadi bisnis online juga. Jadi untuk teman-teman yang berhijab boleh tuh jadi peluang bisnis secara online. Untuk acaranya keren apalagi ada acara olahraga bareng dan didatanggi Menteri lagi.

    ReplyDelete
  4. Wah keren sekali acaranya, yang ngisi dan bazarnya juga top deh. di Medan acara seperti ini masih jarang banget. Aah envy to the max :)

    ReplyDelete
  5. Ternyata banyak juga ya perempuan di Indonesia yang memakai hijab. Saya non muslim mba tapi saya mendukung sekali jika ada teman yang memutuskan untuk berhijab dan memperdalam ilmu agamanya. Semoga sering ada event seperti ini ya mba.

    ReplyDelete
  6. Wahhh, banyak hijaber berkumpul jadi satu, pasti acaranya seru banget deh. Udah gitu dihibur artis penyanyi pula :)

    ReplyDelete
  7. wow hebat yaa Indonesia menempati peringkat ke-3 sebagai negara terbesar fashion muslim dunia, fashion muslim bisa jadi lahan untuk dijadikan bisnis potensial nih :)

    ReplyDelete
  8. bangga banget jadi muslimah berhijab ya.
    Alhamdulillah masih diberi izinnya menutup aurat dan terus belajar untuk lebih sempurna lagi.
    Bisnis muslimah beneran menjamur, bukan hanya di Indonesia, bahkan ke internasional
    Dan salut banget akan kampanye2 yang selalu digaungkan sehingga bisa menduniakan hijab dan insha Allah para muslimah berhijab perlahan menjadi lebih baik lagi :)

    ReplyDelete
  9. Seneng dong bisa ikut hadir di acara keren. Eh masih juga dapat Jersey keren untuk olahraga ya, dobel deh senengnyaaa..

    ReplyDelete
  10. Padahal kemarin dekat banget sama rumah. Tapi karna lagi kurang fit ngga bisa kesana. Rame banget ya mba yg dateng seru acaranya

    ReplyDelete
  11. Bikin envy aja nih ka Melly.. semoga acara-acara seperti sering diseleggarakan ya ka.. silaruttahmi, sekaligus olahraga dan juga sharing informasi banyak hal termasuk entrepreneur.. happy world hijab day untuk seluruh muslimah di Indonesia

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah sekarang sudah banyak wanita yang sudah berhijab ya, acara seperti ini memang bagus bisa menumbuhkan minta wanita untuk berhijab :D

    ReplyDelete
  13. Mantul banget acaranya semakin terkenal fashion hijab ke dunia

    ReplyDelete
  14. Aku suka musik Mel jadi gimana dong :) Seru juga ya event Hijab Celebration Daynya, ini bakal diadain setiap tahun gak ya?
    BUkan cuma ada event seru=seruan ya tapi juga ada kegiatan sehatnya melalui fun run, ayo bergerak terus jangan terlalu banyak mager.

    ReplyDelete
  15. Aku baru tau ada hijab celebration day, kebayang serunya. Apalagi kalau bisa berburu outfit-outfit kece dari HijUp, waa laper mata pastinya, secara produknya HijUp keren-keren semua.

    ReplyDelete
  16. Aiiihhh seru banget sih kak acara nya, hiks tahun ini aku belum bisa ikut dalam keseruannya... Semoga tahun depan bisa ikut deh

    ReplyDelete
  17. Acara yang sayang untuk dilewatkan. Andai deket mau ikutan berpartisipasi di sana. Moga diadakan juga ke daerah 2 aammiin..

    ReplyDelete
  18. Acaranya keren banget dan seru ya, alhamdulillah ya sekarang berhijab sudah bukan sesuatu yang aneh dan asinh malah ada selebrasinya, inget dulu pas masih SMP nekad pakai hijab, dan hanya sendirian satu sekolahan, terus diledekin sama temen-temen dikatain ninja, intung waktu itu selow aja, alhamdulillah sampai sekarang masih berhijab dan bangga karena berhijab sudah jadi lifestyle

    ReplyDelete
  19. Seru acaranya ya kumpul2 hijaber gtu. KIya Indonesia itu masih luas potensinya utk industri halal khususnya fashion dan makanan kali yaaa.
    Moga tahun depan bisa ikutan acara serupa :D

    ReplyDelete
  20. Wah..acara yg keren ya Mel..beruntung bisa mengikutinya. Bisa silaturahmi dg sesama hijabers, dapat ilmu, dapat oleh2 lagi! Mantab...

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah sekarang berhijab juga didukung oleh pemerintah. Anak sekolah (yg bukan dari sekolah Islam, MIN, MTS, MAN) udah bisa berhijab juga ke sekolah. Polwan juga udah boleh berhijab, malah mereka kelihatan lebih cantik dgn hijabnya :)
    Kereenn banget ya Mbak bisa hadir di event ini yah :)

    ReplyDelete
  22. Semoga Industri Halal makin berkembang di Indonesia tapi bukan berarti gak bolehin ini itu bahkan menghina agama lain. Serunya even ini!

    ReplyDelete
  23. Melly ikutan juga ya mel? Alhamdulillah sekrang makin banyak orang peduli dengan sesama muslim ya. soale kan belakangan udah banyak terkontaminasi amaa urusan politik

    ReplyDelete
  24. Seruuuu nih acara Hijup, gelaran fashion untuk para muslim bikin kita yang mau cari aneka busana penutup aurat jadi makin mudah yaaa...

    ReplyDelete
  25. Iya sih aku juga sempet ngebatin kok ada musik2nya sih? Kalau ternyata untuk menarik perhatian pengunjung yang pengin tahu tentang hujan lebih dalam lagi. Oke juga sih alasannya. 😊

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu