Tuesday, 16 July 2019

Wujudkan Impian Berlibur di Kota Semarang Dalam Sehari Saja

Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pesisir utara pulau Jawa. Kota seluas 373 km2 ini memiliki sejarah sebagai kota pelabuhan yang besar pada masa Hindia Belanda. Daerah Semarang dianugerahi pesona alam yang indah dan beragam, mulai dari deretan pegunungan di bagian selatan, hingga pantai yang tenang di bagian utara. Dengan panorama alam yang beragam, tidak heran bila saat ini Semarang berkembang menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang populer untuk masyarakat lokal maupun internasional. Selain wisata alam, berbagai wisata budaya dan peninggalan-peninggalan masa lalu menjadi paket lengkap perjalanan wisata di satu kota yang tidak boleh kita lewatkan. Berikut ini tempat wisata Semarang yang bisa kita jelajahi dalam satu hari: 

Lawang Sewu
  • Kota Lama
Kota Lama Semarang saat ini dikenal sebagai kawasan wisata yang memiliki beraneka gedung kuno khas arsitektur Eropa klasik yang sangat instagenic. Dulunya Kota Lama merupakan pusat perdagangan dan ekonomi di daerah pesisir utara Jawa. Di tempat ini, kita bisa berjalan-jalan berkeliling kompleks Kota Lama sambil berfoto ria dengan latar belakang bangunan antik. Saat ini setidaknya ada sekitar 50 bangunan peninggalan masa kolonial yang masih berdiri dan dapat digunakan.
Selain dengan berjalan kaki, tersedia juga pilihan paket wisata menggunakan sepeda maupun vespa antik didampingi pemandu turis yang berada di Gedung Popo. Pada malam hari, kawasan Kota Lama juga menyajikan wisata malam seperti kuliner street food maupun hiburan yang menarik. Hal ini menjadikannya pilihan yang tepat untuk menghabiskan malam bersama teman, pasangan, maupun keluarga.
  • Lawang Sewu
Jika dulu Lawang Sewu terkenal dengan kisah mistisnya, saat ini Lawang Sewu telah berubah menjadi museum wisata yang terbuka untuk umum. Renovasi bangunan dengan 342 pintu ini membuat Lawang Sewu menjadi lebih tertata rapi dan ramah kunjungan wisatawan umum. Fasilitas umum seperti tempat parkir dan kamar mandi juga tersedia dengan rapi dan terawat. 

Dulunya Lawang Sewu pernah difungsikan sebagai kantor Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij kemudian beralih fungsi menjadi kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI), sebelum akhirnya terbengkalai setelah masa kemerdekaan. Tempat wisata Semarang yang satu ini terletak di lokasi yang sangat strategis yaitu di pusat Kota Semarang, tidak jauh dengan Stasiun Poncol, Tugu Muda, serta dekat dengan Gereja Katedral Semarang. 

Di siang hari, kita bisa melakukan tour di dalam museum Lawang Sewu yang banyak tempat foto menariknya ini. Pintu-pintu yang terbuka secara segaris, serta bangunan yang kental dengan arsitektur Eropa klasik ini menyajikan pengalaman wisata museum yang unik dan mengesankan. Jika anda berkunjung di malam hari, pada hari-hari tertentu tersedia wisata malam yang akan membawa kita menikmati sisi mistis dari tempat ini.
  • Kebun Binatang Mangkang
Kota Semarang juga memiliki kebun binatang yang dapat kita kunjungi. Selain melihat dan berinteraksi dengan satwa, kebun binatang Mangkang sebagai salah satu tempat wisata Semarang juga menyediakan berbagai wahana permainan. Sejak 2018 lalu, area Mangkang terus dibenahi dan dipercantik sehingga semakin menarik minat wisatawan. Setidaknya terdapat lebih dari 200 hewan dari 40 spesies hidup di area taman margasatwa ini. Beberapa hewan jinak seperti rusa dan beberapa primata dapat pula diajak berinteraksi dengan memberi makan atau berfoto bersama. 

Disamping area untuk taman margasatwa, di kawasan Kebun Binatang Mangkang juga tersedia berbagai tempat bermain seperti kawasan bermain anak, kereta wisata, sepeda air, hingga waterboom. Dengan begitu, kita bisa merasakan berbagai keseruan secara lengkap di satu tempat.
  • Paket Wisata
Karena banyaknya kawasan wisata di Semarang yang bisa kita jelajahi, Traveloka menawarkan paket wisata dalam sehari untuk mengunjungi dan menikmati tempat-tempat wisata tersebut. Paket ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berlibur di Semarang. Kita tidak perlu khawatir dengan transportasi dari satu tempat ke tempat lain. Dengan mempersiapkan biaya mulai dari Rp. 500.000 per paket dari aplikasi Traveloka, kita bisa mendapat kesempatan menikmati Semarang dalam sehari yang berkesan dan memuaskan. Buruan download traveloka untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik liburan di kota Semarang.

1 comment:

  1. Ooo... A Semarang ada kebun binatangnya? Baru tahu. Kalau kota tuanya sih, udah pernah lewat. Saya selalu suka kota-kota tua sisa-sisa masa kolonial. Lawang sewu juga pernah masuk. Itu tempat yang instagramable banget.

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu