Sunday, 26 January 2020

Melihat Langsung Baran Energy Teknologi Baterai Energi Listrik Terbarukan

Masih ingat sekitar akhir tahun 2018 lalu saya mendapatkan kesempatan untuk datang ke kantor Baran dan berkenalan dengan Baran Energy yang ada di BSD City, Tangerang, Banten. Bisa baca di sini ceritanya Baran Powerwall Indonesia Baterai Listrik Hemat Energi. Saat itu saya masih melongo karena belum paham betul apa itu Baran Powerwall.


Namun, sedikit penjelasan dari Pak Victor Wirawan membuat saya bisa membayangkan, betapa bermanfaatnya Baran Energi untuk masa depan. Sebuah teknologi yang dapat menyimpan energi matahari menjadi energi listrik yang dapat digunakan oleh kita semua. Saat itu Pak Victor hanya , memberikan contoh kecil Baran Energy sebagai baterai kecil seperti powerbank yang bisa menyimpan energi listrik dan bisa kita gunakan sebagai pengganti listrik untuk nge-charger gadget yang kita pakai. Bedanya, Baran Energi Powerwall ini bisa digunakan sebagai pengganti listrik untuk skala besar, untuk rumah (perumahan), perkantoran, bahkan industri.

Mendengarnya saja saya tertarik, karena dengan itu kita bisa mendapatkan listrik gratis dari penggunakan Baran Energy. Nah, kurang lebih setahun kemudian, akhirnya Baran Energy meluncurkan baterai energi listrik yang dapat menyimpan energi matahari yang dihasilkan dari solar panel di siang hari dan dapat digunakan di malam hari. 

Dalam perkembangannya hingga saat ini, Baran Energy sendiri adalah Baby Unicorn Indonesia yang memberikan pengalaman baru dalam menggunakan EBT (Energi Baru Terbarukan), yang tidak pernah ada sebelumnya. Yang dapat menghemat penggunaan listrik konvensional 4 kali lebih murah.


Dan Baran Energy ini sangat membantu sekali jika terjadi masalah atau pemadaman listrik sementara. Sehingga kita nggak perlu khawatir terutama di malam hari gelap-gelapan tanpa penerangan. Makanan di kulkas pun tetap aman, barang-barang elektronik juga aman, atau alat-alat kesehatan yang selalu terhubung listrik pun akan terus beroperasi. Banyak sekali manfaatnya, karena selain itu Baran Energy juga ikut mendukung melindungi bumi dan mengurangi polusi udara (untuk mobil / motor listrik). Dan yang pasti money saving banget. Pengeluarannya besar di awal doank, namun seterusnya bisa hemat banget karena biaya perawatannya juga rendah.

Saya sendiri penasaran seperti apa sebenarnya Baran Energy ini dalam penggunaannya secara realife. Jadi nggak cuma membayangkan, atau seperti yang orang-orang lain bilang, tapi ingin melihat sera langsung. Dan beruntung sekali, kamis 23 Januari 2020 lalu, saya dan beberapa teman blogger diundang kembali oleh Aldebaran untuk merasakan dan mencoba sendiri bagaimana Baran Energy ini berjalan, mengalirkan listrik ke dalam rumah dan digunakan seperti biasanya.


Kamis lalu kami mengunjungi Baran Property yang berlokasi di Ciawi untuk tes powerwall Baran Energy, tepatnya di Adenium Villa at The Leaf Boutique Resort Bogor, yang ada di Jalan Veteran II Teluk Pinan No. 1, Banjar Wangi, Ciawi. Villa nya memang belum selesai semua dibangun, namun saat pertama kali masuk, kami bisa langsung melihat 3 benda berwarna yang digunakan Baran Energy sebagai komponen untuk instalasi Baran Powerwall.

Penasaran sekali seperti apa bentuknya. Disambut hangat langsung oleh Pak Victor Wirawan, beliau langsung memperkenalkan dan 'memamerkan' Baran Energy kepada kami. Wow, ini benar-benar inovasi teknologi yang keren banget. Desainnya juga kece, eye catching dan nggak makan tempat, nggak berisik, otomatis menyala/hidup dan bisa di switch ke listrik biasa (PLN).

Saat diswitch nggak terjadi blackout atau PLN-nya spanneng, nggak berasa kalau ada pengalihan listrik dari PLN ke Baran Energy atau sebaliknya. Semua alat elektronik berfungsi dengan baik, begitupun saat semuanya dinyalakan, atau penggunaan daya-nya yang besar.

 
Nggak terbayang jika nanti semua masyarakat Indonesia bisa menggunakan Baran Energy, sebagai solusi untuk menghemat biaya pengeluaran dalam mendapatkan listrik.

Berikut spesifikasi Baran Energy Powerwall
  • Max Capacity 8 kWh
  • Dimension
  • Lithium Ion Based Batteray Cell (400 cycle)
  • Modular BMS (Battery Management System)
  • Active cooling designed for tropical climate
  • Full stack safety system (short detection, inertia sensor, etc)
  • Built in IOT System


Adapun dalam paket Baran Energy, ada 3 produk (seperti digambar) yang kami lihat di dinding rumah yang ada di Adenium Villa's dan 1 produk solar panel sebagai sistem instalasi.
  1. Merah, Solar Inverter
  2. Kuning, Baterai Inverter
  3. Putih, Baran Powerwall
  4. Solar Panel 
Semua komponen ini secara otomatis mengubah arus listrik DC yang diproduksi solar panel menjadi arus listrik AC untuk

Ada 2 pilihan paket harga yang bisa didapat konsumen.
  • Baran paket premium  Rp. 234 juta
  • Baran paket ekonomis Rp. 149 juta
Untuk bisa mendapatkan Baran Energy atau mendapatkan informasi yang lebih lengkap lainnya, silahkan menghubungi kontak di bawah ini:

PT. Aldebaran Rekayasa Cipta

Website: https://baran-energy.com/
Instagram Baran: @baranenergy
Instagram Pak Victor Wirawan:  @victorwirawan


No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin