Friday, 20 March 2020

Cara Beli Saham

Cara Beli Saham Ayo mulai berinvestasi! Banyak cara dalam memulai investasi di dunia perekonomian. Salah satunya dengan saham. Apa itu saham? Apakah sulit melakukan transaksi saham? Apa benar jika melakukan investasi saham lebih cepat mendapatkan untung? Mari kita mulai mengenal saham. Saham adalah bukti kepemilikan di sebuah perusahaan. Jika sudah membeli saham berarti kamu sudah memulai langkah berinvestasi saham.

Investation.Pic by Burak K, Pexel
Investasi saham saat ini menjadi salah satu cara populer untuk menabung. Apalagi di kalangan anak muda alias kaum millenial. Siapkah kamu berinvestasi di pasar modal? Taukah kamu mekanisme dalam membeli saham? Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berinvestasi pastinya akan sangat membantu perekonomian bangsa kita.

Jual beli saham artinya kamu mulai bermain saham, menabung saham, berinvestasi saham dan berbisnis saham. Cara membeli saham pun bisa secara online maupun offline menggunakan aplikasi saham. Mekanisme jual beli saham yang berpatokan pada BEI (Bursa Efek Indonesia) dilakukan secara otomatis melalui jaringan komputer yang saling terhubung dengan aplikasi saham.

Untuk generasi muda Indonesia memulai investasi saham sebenarnya sangat mudah. Mulai dengan modal RP. 100.000 kamu sudah bisa mulai berinvestasi. Strategi jual beli saham bisa dipelajari secara otodidak atau bertanya kepada rekan kamu yang sudah pernah gabung di pasar modal.

Sudah yakinkah kamu untuk investasi saham? Awalnya memang cukup membingungkan, tetapi jika kamu mulai paham pengetahuan dasar akan saham maka kamu akan semakin yakin untuk jual beli saham. Salah satunya dengan pemahaman kamu dalam membaca pergerakan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan), waktu yang tepat dalam mejual atau membeli saham, serta dampak untuk keuntungan dan kerugian yang kamu peroleh nantinya.

Dalam menjual atau membeli saham kamu butuh pertimbangan waktu yang tepat dalam bertransaksi. Ada dua analisis yang dapat kamu lakukan, diantaranya dengan analisis fundamental dan analisis teknikal. Analisis fundamental mengacu pada pendekatan politik, ekonomi, serta tren usaha. Analisis teknikal menggunakan pergerakan pendekatan saham pada rentang waktu tertentu, termasuk harga dan fluktasi serta titik tertinggi dan terendah saham. Jadi kamu dapat menentukan waktu yang tepat untuk bertransaksi di pasar modal.

Berikut cara membeli saham online di BEI (Bursa Efek Indonesia) : 
  1. Membuat akun saham
    Membuat rekening saham dapat kamu lakukan di perusahaan sekuritas. Nah perusahaan sekuritas sering kita sebut dengan broker saham atau pialang saham. Pembuatan rekening saham tidak jauh beda bahkan mirip dengan pembuatan rekening tabungan biasa.
  2. Menyetor dana ke rekening saham
    Setelah membuka rekening saham artinya kamu sudah mempunyai akun saham. Otomatis kamu udah menjadi investor dalam daftar trading saham di sistem JATS. Kemudian kamu dapat menyetorkan dana ke RDN (Rekening Dana Nasabah).
  3. Memilih saham
    Saatnya kamu memilih saham mana yang akan kamu beli. Tentunya saham yang menguntungkan untuk investasi saham kamu. Nah disinilah kamu bisa menggunakan analisis fundamental dan analisis teknikal dalam memilih saham yang akan dibeli.
     
  4. Beli saham
    Riset yang cukup disertai dengan analisis yang memadai bisa menjadi pertimbangan kamu dalam berinvestasi. Kemudian kamu bisa order saham yang akan kamu beli.
     
  5. Jual saham
    Jika sudah punya saham, tentunya kamu dapat bertransaksi jual beli saham. Dalam menjual saham kamu harus memantau pergerakan harga saham. Jika terasa menguntungkan kamu dapat menjual saham untuk Profit Taking. 
Langkah-langkah diatas dapat kamu ikuti sebagai pemula dalam berinvestasi di pasar modal. Paham, yakin dan berani mengambil keputusan adalah modal utama sang pemula. Kamu dapat memulai dan beli saham dengan menggunakan jasa dari Mandiri Sekuritas.

No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin