Monday, 16 March 2020

Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Ginjal Kronis

Indonesia saat ini sedang diuji dengan semakin meluasnya penyebaran wabah penyakit virus Corona atau Covid-19, yang penyakitnya sendiri sudah ada sejak awal tahun yang bermula di negeri China sana. Kita yang awalnya biasa-biasa saja, malah terkesan pongah karena belum adanya berita korban virus Corona di negeri ini, kurang aware sama kesehatan. Masih saja cuek, dan berpikir "Yaudahlah kalau sudah takdir, sudah waktunya mati ya mati juga" padahal, kita nggak boleh berpikiran seperti itu kan?

Hidup harus perlu keseimbangan
Mau kita mati saat ini atau besok, atau lusa atau yang entah kita nggak pernah tau kapan itu waktunya, wajib untuk kita menjaga kesehatan, menjaga tubuh ini agar tetap sehat wal afiat, agar kita tetap bisa beraktivitas, beribadah, mencari nafkah dan bahagia sampai tua, nggak sakit-sakitan lalu masuk surga, aaamiin. Dan yang terpenting selama hidup ini tidak menularkan penyakit ke orang lain karena kita yang sakit.

Tapi ngomongin penyakit. Selain penyakit menular seperti Virus Corona yang sedang mewabah seperti sekarang ini, kita juga harus tau ada banyak penyakit lain yang tidak menular yang tidak bisa kita remehkan begitu saja. Salah satunya Penyakit Ginjal, yang selalu diperingati setiap tahunnya di minggu ke di bulan Maret sebagai Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day). Dan tahun ini diperingati pada tanggal 12 Maret 2020 yang mengangkat tema global, “Kidney Health for Everyone Everywhere: from Prevention to Detection on Equibtable Access to Care”. Dan di Indonesia temanya juga kurang lebih sama, "Ginjal Sehat untuk Semua".

Bersama Kementrian Kesehatan, pada tanggal 11 Maret 2020 yang lalu, bertempat di Ruang Germas, Kemenkes mengajak semua masyarakat Indonesia lebih peduli lagi untuk menjaga kesehatan terutama menjaga kesehatan Ginjal.

Mengapa kita harus serius menjaga kesehatan Ginjal?

Karena Ginjal sendiri merupakan organ tubuh yang sangat penting, karena mempunyai banyak fungsi di antaranya;
  • Menyaring darah, membuang kotoran dan racun yang dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urin. 
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  • Menjaga keseimbangan elektrolit tubuh
  • Menjaga keseimbangan asam dalam tubuh
  • Terlibat memproduksi hormon yang berfungsi dalam pembuatan sel darah merah, pengaturan tekanan darah juga metabolisme mineral. 
Nah, jika ginjal kita rusak, keseimbangan kesehatan dalam tubuh kita juga akan terganggu.

Oleh karenanya Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day punya tujuan mulia untuk menyadarkan kita semua betapa pentingnya fungsi Ginjal bagi tubuh kita. Sehingga kita diminta untuk terus menjaga, mengetahui faktor resiko penyakit ginjal, dan mencari tau bagaimana melakukan pencegahan untuk menghindari terjadinya penyakit Ginjal.

Penyakit ginjal ada kelainan yang mengenai organ ginjal yang ditimbulkan akibat berbagai faktor, seperti infeksi, tumor, atau kelainan bawaan, juga oleh penyakit metabolik atau degeneratif dan lainnya. Sedangkan penyakit ginjal kronis biasanya akan timbul secara perlahan dan menahun jika tak dideteksi sejak dini.

Indonesia sendiri melalui Kementrian Kesehatan melakukan berbagai edukasi ke masyarakat mengenai kesehatan Ginjal, termasuk kepada petugas medisnya itu sendiri untuk melakukan perannya dengan benar dalam menurunkan dan mendeteksi penyakit Ginjal secara akurat.


World Kidney Day juga fokus pada tindakan pencegahan dan tatalaksana dini penyakit Ginjal, mengajak kita untuk mengubah gaya hidup lebih sehat lagi. Serta penanganan pada pasien penyakit Ginjal agar mendapatkan pelayanan kesehatan lebih baik lagi. Pemerintah sendiri akan berupaya untuk menyediakan akses ke fasilitas kesehatan dan proteksi finacial untuk pengobatan pasien penyakit Ginjal.


Faktanya, ada 850 juta orang di menurut data Institute for Health Metric and Evaluation (IHME) Global Burden Disease 2017 penyakit Ginjal merupakan penyakit penyebab kematian nomor 11 di dunia, di Indonesia menempati urutan nomor 13 sebagai Penyakit Tidak Menular (PTM). Dan data ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk itulah pemerintah giat mengajak semua masyarakat untuk melakukan pemeriksaan atau diagnosa secara dini, melakukan tindakan preventif dan pencegahan terhadap progresivitas penyakit ginjal perlu segera dilaksanakan.

Karena jika tidak didiagnosa sesegera mungkin, kemungkinan pasien akan mengalami Penyakit Ginjal Kronik (PGK), yang merupakan gangguan pada fungsi/struktur ginjal lebih dari 3 bulan. Ginjal yang mengalami kerusakan ini lama kelamaan tidak bisa menjalankan fungsinya lagi.


Penyakit Ginjal Kronik hingga saat ini tidak dapat sembuh. Jika sudah demikian penyakit ginjal akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya, termasuk penyakit kardiovaskular. Dan jika tidak segera ditangani, akan berakibat berlanjut menjadi penyakit ginjal tahap akhir (PGTA) yang membutuhkan terapi pengganti ginjal.

Berikut Tanda dan Gejala Penyakit Ginjal Kronis:
  1. Tekanan darah tinggi
  2. Perubahan frekuensi dan jumlah buang air kecil dalam sehari
  3. Adanya darah dalam urin
  4. Lemah serta sulit tidur
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Sakit kepala
  7. Tidak dapat berkonsentrasi
  8. Gatal pada kulit
  9. Sesak nafas
  10. Mual dan muntah
  11. Bengkak, terutama pada kaki dan pergelangan tangan serta pada kelopak mata waktu pagi hari.
Kenali juga faktor resiko penyakit ginjal kronis yang tidak dapat dimodifikasi dan dimodifikasi:

Tidak dapat dimodifikasi:
- Riwayat keluarga penyakit ginjal
- Kelahiran prematur
- Trauma di daerah abdomen
- Jenis penyakit tertentu (Lupus, AIDS, Hepatitis C, dll)

Dapat dimodifikasi atau dicegah:
- Diabetes (tipe c)
- Hipertensi
- Konsumsi Obat Pereda Nyeri
- Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif
- Radang Ginjal.

Lalu bagaimana cara mencegah Penyakit Ginjal Kronis?

Ada 8 golden rules yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit ginjal kronis, yang juga dapat diterapkan untuk mencegah penyakit-penyakit tidak menular lainnya hinggap di tubuh kita.
  1. Tidak Merokok
  2. Jaga kebugaran dan aktif bergerak
  3. Periksa tekanan darah rutin
  4. Hidrasi atau cukup minum air mineral
  5. Periksa glukosa dan gula darah
  6. Konsumsi makanan bergizi
  7. Hindari konsumsi obat tanpa konsultasi dokter
  8. Periksa fungsi ginjal bila terdapat resiko segera mungkin.
Yuk, sayangi ginjal.

28 comments:

  1. Intinya harus menjaga gaya hidup ya supaya gak menderita berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal. Cukupi air putih supaya terhindar dari penyakit ini .

    ReplyDelete
  2. penting banget ya fungsi ginjal untuk keseimbangan tubuh ini, Menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat merupakan cara paling manjur supaya ginjal kita terbebas dari sakit kronis

    ReplyDelete
  3. Ginjal ini yang memilter racun-racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin. Memang harus dijaga kesehatannya. Tapi, yaitu terkadang kita ga ngeh kalau sudah memperberat kerja ginjal, mislanya males minum air putih.
    Pola hidup sehat harus menjadi keseharian ya.

    ReplyDelete
  4. Cegah penyakit ginjal dari usia muda. Jangan tunggu usia lanjut dulu baru sadar sama kesehatan . Meski susah, tapi pasti bisa kalau dicoba :)

    ReplyDelete
  5. ngeri ya kalau udah rusak fungi ginjalnya, padahal penting banget untuk tubuh kita. Kadang suka lalai menjaga yg cuma titipan ini :(

    ReplyDelete
  6. Wahh.. jadi mawas diri nih. kudu jaga kesehatan baik-baik memang.. dan konsisten juga

    ReplyDelete
  7. Makasih infonya, Mel. Emang beneran kalau kurang minum jadi susah konsentrasi kerja. Info bermanfaat banget buat jaga kesehatan agar rezeki tetap dipertahankan.

    ReplyDelete
  8. Makasih infonya mbak mel..
    Sekarang memang yg paling baik adalah mrlakukan pola hidup sehat ya

    ReplyDelete
  9. Salah satu gejalanya bisa berkenaan dengan gatal pada kulit dan sesak nafas ya mbak. Wah aku jadi pengen cek up nih.

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu ada hari ginjal sedunia mbak, baca di sini jadi tahu deh :) Waduh itu di poin-poin tanda-tanda penyakit ginjal, aku ada beberapa yang udah sering dialami, jadi khawatir dan ingin ngecek jadinya

    ReplyDelete
  11. Sering nyepelehin itu yg bhya y kak. Ap lg kl nyngkit msalah kesehatan. Dan ginjl salah satu organ penting dalam tbuh yg wajib bnget dijaga ya kak.

    ReplyDelete
  12. Ya Allah, makasih mbak sharingnya kebetulan Dewi lagi butuh informasi ini nih. Oiya saat kulit gatal dlm tanda sakit ginjal kronis itu apa salah satunya karena kurang cairan ya?

    ReplyDelete
  13. Menjaga lebih mudah dari nengobati, tapi kadang terhalang males atau abai, saya nih masih suka lupa minum padahal tahu itu penting banget. Semoga kita semua sehat sehat terus

    ReplyDelete
  14. Benaaar, aku dulu hobi bgt kopi sama makanan pedes pdhl sayang sekali ginjal sekali rusak udah susah dan kita jadi terhambat. Terima kasih kembali mengingatkan, hidup air putiiih :3

    ReplyDelete
  15. Oh, bengkak di kaki bisa jadi tanda ginjal juga ya. Ini PR ku banget yang suka minum kopi. Kudu dibarengi sama konsumsi air putih dalam jumlah besar biar kerja ginjal terbantu.

    ReplyDelete
  16. Penyakit ginjal itu gak menular tapi bisa membahayakan jiwa. Tetep harus waspada dengan menjalankan pola hidup sehat ya...

    ReplyDelete
  17. noted banget kak Mel, kalo berkaitan dengan penyakit ginjal itu memang dari style dan pola hidup kita ya kak. Makanya aku selalu pasang alarm tiap jam buat ga lupa minum air mineral

    ReplyDelete
  18. Sekarang ini tidak hanya kesehatan yang terlihat dari luar saja yang harus dijaga tapi juga dari dalam tubuh, misalnya menjaga kesehatan ginjal. Tidak jarang mendengar orang meninggal gara2 penyakit ini. Thanks informasinya ya mbak, telah mengingatkan kembali pentingnya menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  19. Yang 8 golden rules untuk mencegah penyakit ginjal kronis ini saya hafalkan ah semoga poin yang belum bisa saya coba sehingga dapat etrhindar di kemudian hari.

    ReplyDelete
  20. Yg kutau dari penyakit ginjal itu cuci darah. Dan itu membuatku merasa takut. Semoga kita semua terhindar dari segala penyakit kronis, dan tentu saja ikhtiar utk hidup sehat harus dilakukan

    ReplyDelete
  21. Tetangga kena sakit ginjal kronis karena kebiasannya minum air sumur yang dimasak, padahal itu kebiasaan 10 tahun lalu, baru kerasanya sekarang dan mesti diangkat ginjalnya

    ReplyDelete
  22. Aku pernah punya indikasi batu ginjal soalnya suka nahan pipis gitu. Duh ngilu ya kalau sampai gagal ginjal... Tobat deh dari suka nahan-nahan pipis.

    ReplyDelete
  23. Mineral dan olahraga aku yang masih kurang mba Mel
    senang ya kalau ada talkshow yang bisa nambah ilmu pengetahuan macam ini
    pengen ikut kalau di kota ku ada.

    ReplyDelete
  24. Semoga kita selalu terhindar dari yang namanya penyakit kronis ya, dengan gaya hidup sehat kita bisa menghindari itu semua.

    ReplyDelete
  25. Nah, ginjal ini yg kerap diabaikan, terutama olehku *hiksss
    Kurang minum, kurang gerak, apalagi klo udah di depan lappy. Thx banget sharingnya ya mbak.

    ReplyDelete
  26. kemarin aku liat di twitter ada penderita ginjal yang kesulitan cuci darah karena dia berstatus PDP. Kasihan banget, padahal butuh tapi ditolak dimana-mana.

    Jagalah ginjal kita baik-baik guys. Biar dikata ada 2, sayang banget kalau sampai rusak satu

    ReplyDelete
  27. CERDIK mencegah penyakit tdk menular y.

    ReplyDelete
  28. Gaya Hidup Sehat ini yang susah banget untuk diterapin, terkadang udah tau minuman itu kurang baik untuk ginjal masih juga diminum. Padahal kalo udah sakit, pengobatannya mahal bukan kepalang.

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Singgah