Friday, 10 April 2020

Informasi Lengkap Cara Penanganan, Cara Pencegahan dan Penyebab Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah bisa menjangkiti siapapun baik perempuan atau laki-laki. Banyak juga anak-anak terjangkit virus dengue sebagai penyebab demam berdarah yang dibawa oleh nyamuk dewasa betina Aedes Aegypti. Musim pancaroba merupakan masa dimana sistem imunitas tubuh manusia mengalami naik turun. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh sedang dalam masa penyesuaian dengan kondisi peralihan musim. Perlu disadari bahwa kondisi lembap dengan intensitas curah hujan tinggi sangat disenangi nyamuk. Hal tersebut dikarenakan banyak genangan air yang bisa dijadikan sebagi tempat perkembangan jentik-jentik.

Penyebab Nyamuk Berdarah
Pemerintah menggalakkan program 3M sebagai langkah sederhana untuk mencegah merebaknya penyakit demam berdarah di lingkungan keluarga. 3M tersebut meliputi, menguras, mengubur dan menutup. Langkah ini dikenal dengan menutup bak penampungan yang dianggap sebagai tempat ideal tumbuh kembang nyamuk. langkah mengubur ialah menimbun barang bekas yang memiliki potensi menampung air sehingga dapat dijadikan tempat daur hidup jentik-jentik. Terakhir, langkah menutup, maksudnya melakukan penutupan terhadap bak mandi maupun penampungan agar tidak dijadikan sebagai tempat hidup nyamuk.

Bagaimana Cara Penanganan Demam Berdarah Apabila Muncul Gejala Pada Si Kecil?

Kita bisa melakukan pertolongan pertama dengan memberikan cairan secara optimal afar si kecil tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, memberikan konsumsi jambu biji juga sering dilakukan karena kandungan vitamin C sangat penting untuk membangun imunitas tubuh. Apabila, rumah kita berdekatan dengan rumah sakit. Sebaiknya segera lakukan rujukan untuk segera ditangani dan dilakukan pemeriksaan dan pengujian sampel darah. Hal ini akan menentukan apakah Anak tersebut perlu opname atau rawat jalan.

Bagaimana Cara Mencegah Penyebab Demam Berdarah Menimbulkan Infeksi Serius?

Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi virus dengue berlanjut. Daya tahan tubuh sangat menentukan resiko demam dalam masa inkubasi virus. Terutama kemunculannya ditandai 4 hingga 7 hari setelah gigitan. Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan agar keluarga dan orang-orang lainnya terhindar dari demam berdarah.
  1. Konsumsi Sayuran Hijau 
  2. Mengonsumsi Buah Sebagai Camilan 
  3. Makanan Dengan Kandungan Vitamin D 
  4. Olahraga 5. Istirahat Ideal 
  5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar 
Cara mencegah virus dengue merebak bisa kita lakukan dengan memperkuat sistem imunitas tubuh. Tentunya, kita harus membiasakan hidup sehat dan pola makanan seimbang. Kita bisa memperbanyak sayuran dan buah karena kandungan vitamin dan mineralnya sangat baik untuk tubuh.

Bagaimana Cara Efektif Usir Nyamuk dari Rumah? Berikut Ulasannya

Nyamuk betina dewasa merupakan vektor penyebab demam berdarah dengan cara menggigit saat menghisap darah. Kita harus melakukan tindakan pencegahan agar tidak secara langsung berhubungan dengan nyamuk. Kita juga bisa memperkuat daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat dengan vitamin C tinggi. vitamin dikenal sebagai zat pengatur di dalam tubuh. Selain itu, dapat membantu meningkatkan sel darah putih yang ada di dalam darah. Kita juga perlu mmenuhi asupan mineral seperti pottasium, kalium dan mineral lainnya. Selain itu, kita bisa mengaplikasikan beberapa tindakan berikut untuk menghindari nyamuk.
  1. Manfaatkan Ikan Mas Maupun Cupang 
  2. Lakukan 3M yaitu Menguras, Mengubur dan Menutup 
  3. Tutup Rapat Jendela Dan Pintu 
  4. Gunakan Semprotan Alami dari Tanaman 
  5. Gunakan Setelan Baju dan Celana Panjang 
Kita juga bisa memanfaatkan beberapa ikan kecil untuk mengurangi jumlah jentik di bak penampungan. Beberapa ikan jenis kepala timah, ikan mas, cupang, guppy maupun ikan jenis lainnya bisa kita pelihara. Ikan-ikan tersebut mampu membantu kita untuk mengurangi jentik-jentik nyamuk. Selain ikan kita juga bisa memanfaatkan tanaman seperti lavender untuk dijadikan bahan semprotan ruangan maupun bahan pel lantai. Hal ini dilakukan untuk mencegah nyamuk vektor penyebab demam berdarah tidak masuk rumah kita.

Sumber gambar
https://www.sehatq.com

1 comment:

  1. Ikan cupang memang indah dan jago berantem. Ternyata bisa digunakan untuk antisipasi deman berdarah

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Singgah