Thursday, 2 April 2020

Aneka Tujuan Membangun Website Bagi Bisnis Perusahaan

Salah satu media yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran atau promosi adalah website. Website atau web sendiri adalah sebuah halaman yang berisi data atau informasi yang dapat berupa gambar, video, teks, ataupun kombinasi keseluruhannya. Website memang menjadi media promosi yang paling efektif di zaman modern seperti sekarang ini. Hal ini karena semua orang selalu menggunakan internet untuk beragam keperluan, termasuk dalam mencari informasi suatu produk atau jasa.

https://www.melfeyadin.web.id/2020/04/aneka-tujuan-membangun-website.html
Internet, pic: fox-pexel
Untuk itulah, sebuah bisnis atau perusahaan harus memiliki website. Tujuan membangun website bagi perusahaan sangatlah banyak. Website memiliki peran yang sangat penting. Lalu, apa saja peran website bagi sebuah perusahaan? Ini Dia, 5 Tujuan Membangun Website Sebagai Media Pemasaran 

Berikut ini adalah beberapa peran website bagi sebuah perusahaan:

1. Media untuk memasarkan produk

Salah satu tujuan website adalah untuk memasarkan dan mempromosikan produk perusahaan kepada masyarakat. Teknologi yang semakin berkembang, menuntut semua orang untuk dapat hidup secara dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Jika dahulu pemasaran atau promosi dilakukan dengan menggunakan brosur atau pamflet, saat ini promosi dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan website. Dengan membangun website corporate, perusahaan dapat menampilkan dan mengenalkan jenis produk yang dimilikinya agar lebih dikenal oleh masyarkat. Bahkan, perusahaan dapat memasarkannya dengan lebih leluasa karena tidak ada batasan lembar ataupun isi di dalamnya. Perusahaan dapat membuat konten tentang produk sebanyak mungkin dan seleluasa mungkin.

Baca juga : Hosting murah untuk membuat website klik disini

2. Memperluas jangkauan perusahaan

Tujuan membangun website yang kedua adalah untuk memperluas jangkauan perusahaan. Jika sebelumnya jangkauan dengan menggunakan brosur jangkauan perusahaan hanya sampai pada daerah-daerah tertentu sesuai dengan target sebaran, maka dengan menggunakan website jangkauan tersebut dapat diperluas. Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan ini adalah chat. Melalui fitur ini, konsumen dapat membagikan produk atau informasi mengenai perusahaan ke teman-teman di media sosial. Dengan demikian, jangkauan perusahaan akan semakin luas dan tidak hanya di satu domisili saja. Selain itu, perusahaan juga akan semakin dikenal oleh masyarakat.

3. Mempermudah komunikasi perusahaan dengan konsumen

Komunikasi dengan konsumen merupakan hal penting dalam berbisnis. Dengan menjaga komunikasi dengan konsumen, kita dapat mengetahui kondisi serta keinginan pasar. Jika komunikasi dengan konsumen dapat dilakukan dengan mudah, maka perusahaan juga akan semakin mudah mengenalkan produknya. Sebaliknya, konsumen juga akan semakin mudah dalam mendapatkan informasi terbaru mengenai produk ataupun perusahaan. Selain itu, komunikasi yang mudah juga akan membantu perusahaan dalam menerima keluhan dan masukan. Dengan demikian, konsumen juga akan merasa didengar. Tujuan seperti ini dapat diwujudkan dengan membangun fitur chat pada website yang akan dibangun oleh perusahaan.

4. Media untuk mengenalkan perusahaan dan menaikkan kredibilitas perusahaan

Melalui website, perusahaan dapat mengenalkan usaha mereka kepada masyarakat secara lebih terperinci dan jelas tanpa harus bertatap muka. Semakin perusahaan dikenal oleh masyarakat dengan baik, maka secara perlahan kredebilitas atau kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan juga akan semakin meningkat. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) atau perusahaan rintisan lainnya. Selain itu, website juga memungkinkan untuk pemilik modal kecil yang ingin memulai usaha untuk mengenalkan produk, tanpa harus memiliki outlet atau toko fisik.

5. Mempermudah akses konsumen

Salah satu hal penting yang dibutuhkan konsumen ketika membeli atau menggunakan barang dan jasa adalah kemudahan akses. Semakin mudah akses yang di dapat, maka semakin tinggi pula keinginan masyarakat untuk menggunakan atau membeli. Untuk mempermudah akses tersebut, perusahaan dapat membangun sebuah website dengan fitur mobile friendly. Fitur ini dapat mempermudah konsumen untuk mengakses website perusahaan hanya dengan menggunakan smartphone yang mereka miliki. Dengan kemudahan akses ini, akan semakin mudah bagi konsumen dalam mendapatkan barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.


6. Menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan

Semakin banyak biaya atau pengeluaran yang dapat ditekan, maka akan semakin baik pula efek yang ditimbulkan bagi perusahaan. Dengan menggunakan website, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat dikurangi. Bahkan, tidak mustahil bagi perusahaan untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya dengan biaya yang sekecil-kecilnya. Promosi menggunakan website dapat menjadi alternatif bagi perusahaan jika promosi di biaya untuk promosi melalui media televisi tidak memungkinkan karena biayanya yang tinggi.

Selain menghemat biaya, menggunakan website juga dapat menghemat waktu yang untuk melakukan promosi. Perusahaan tidak perlu bertatap muka secara langsung kepada konsumen satu-persatu. Semuanya informasi yang perlu disampaikan, dapat ditulis dan disampaikan melalui website perusahaan yang dimiliki dengan menggunakan fitur blog.

Itulah beragam tujuan membangun website yang sangat bermanfaat dan berguna bagi perusahaan. Namun, tujuan-tujuan tersebut akan dapat dicapai apabila website yang dikembangkan memiliki fitur-fitur yang tepat. Oleh karena itu, sebelum membangun sebuah website, ada baiknya sebuah perusahaan membuat perencanaan secara matang dan terstruktur mengenai tujuan serta fitur-fitur yang akan dimasukkan.

No comments:

Post a comment

Terima Kasih Sudah Singgah