Wednesday 11 August 2021

Garis Singgung Dari Bimbel Online

Beberapa hari ini saya lagi menikmati banget membaca sebuah cerita novel gratisan di salah satu platform novel digital. Ya sebut saja platform itu namanya Wattpad. Sudah lama sekali rasanya saya nggak bisa menikmati membaca novel dengan perasaan riang dan menggebu-gebu, rasanya ingin segera menyelesaikan semua cerita di setiap babnya. Bahkan selama membaca novel ini, saya seperti tertarik ke masa remaja saat berseragam putih biru di masa lalu.

Fitur Zenius aplikasi bimbel online
Download aplikasi Zenius

Bayangan masa-masa remaja dan sekolah yang tanpa beban kecuali memikirkan pelajaran, yang dengan begitu detil diceritakan oleh author-nya membuat saya memikirkan banyak hal di masa sekarang. Mungkin ini terdengar seperti nggak tau diri, tapi ketika saya membaca cerita novel itu, saya seperti kembali menjadi saya ketika remaja dulu. Sungguh, ini beneran membuat saya jatuh cinta kembali. Membuat saya mengenang banyak hal, yang nggak mungkin terulang lagi.

Yup, novel itu menceritakan tentang masa sekolah, dari SMP, SMA dan kuliah, masa remaja dengan sekelumit kisah cinta yang dulu sering disebut cinta monyet. Masa remaja dengan suasana sekolah yang riang, hiruk pikuk dikelas bersama teman-teman, pelajaran-pelajaran yang sulit dan bikin malas, guru yang galak, bolos sekolah, pulang sekolah ngaku-nya pergi bimbel tapi 'cabut' ke pusat perbelanjaan, ikutan try-out dan semangat belajar ikut bimbel demi meningkatkan kemampuan otak dan nilai biar naik kelas, biar lulus sekolah, biar di terima di sekolah-sekolah maupun universitas unggulan.

Naksir teman sekelas tapi nggak berani 'ngomong' langsung hanya berani mengirimkan kode-kode dan segudang cerita-cerita lain di sekolah yang digambarkan dengan tepat melalui tulisan, hingga menyentil kenangan masa lalu dan membuat saya terharu. Terkadang saya tiba-tiba diam, ketika menemukan satu cerita yang benar-benar sama dengan kehidupan masa lalu saya itu.

Namun kenangan-kenangan yang indah dan membahagiakan di masa sekolah yang saya bangun dari cerita novel itu luntur seketika, tak kala saya menemukan beberapa komentar pembaca lain yang membuat saya trenyuh, "kapan pandemi covid ini selesai? Aku kangen dan ingin merasakan kehebohan suasana sekolah seperti di cerita novel ini!" yang disertai dengan emoticon sedih.

Bayangkan, sesakit itu rasanya kangen, merindukan sesuatu namun belum bisa terwujudkan, merindukan masa-masa sekolah, tapi karena pandemi terpaksa masih harus belajar dari rumah, belajar daring menggunakan gadget dan internet. Sama seperti saya yang merindukan masa-masa sekolah, tapi cukup tau diri bahwa semua itu tak akan mungkin terulang kembali. 

Namun yang terbaik saat ini adalah kita bisa menjalani dan menikmati kehidupan kita sekarang, beradaptasi dengan segala perubahan dan kemajuan perkembangan jaman.

Tapi saya ingin bilang, bahwa anak-anak jaman sekarang jauh lebih beruntung mendapatkan beragam informasi dan edukasi, baik di sekolah maupun saat harus belajar dari rumah karena pandemi. Bayangkan seandainya, pandemi Covid-19 ini terjadi 10-20 tahun yang lalu? Apakah anak-anak masih bisa tetap sekolah mengikuti pelajaran? Saat itu, internet belum selancar dan seramai sekarang, hanya orang-orang tertentu saya yang bisa mengakses internet, smartphone - laptop yang masih mahal, warnet jauh dan mahal, dan terbatasnya ruang belajar baik offline apalagi online.

Ah, balik ke novel yang saya baca, judulnya itu 'Garis Singgung'. Saya awalnya nggak tau mengapa novel ini diberi judul seperti itu, hingga saya mencari sendiri artinya di google. Ketemu lah dua link artikel di urutan paling atas, dari wikipedia dan zenius, yang menjelaskan tentang arti garis singgung. Secara singkat, garis singgung itu adalah garis yang menyinggung suatu objek geometri. Nah, Geometri ini adalah salah satu yang dipelajari pada pelajaran Matematika. Pantasan saya sedikit bingung, karena Matematika bukan pelajaran yang saya sukai, hehe.

Garis Singgung dari Zenius Bimbel Online

Tapi ternyata di akhir cerita penulis menjabarkan alasan dan artinya Garis Singgung dipilih menjadi judul cerita. Pada intinya, garis singgung itu semacam takdir pertemuan, peristiwa dan sebagainya, jadi nggak ada tuh yang namanya 'kebetulan'. Karena kehidupan kita di dunia ini semuanya sudah ada garis singgung-nya masing-masing.

Dan mungkin inilah yang disebut garis singgung, karena dari novel yang saya baca tersebut, saya justru menemukan salah satu platform belajar online, aplikasi bimbel (bimbingan belajar) online, Zeniu Bimbel Online yang sering digunakan dan dibutuhkan anak-anak sekolah jaman sekarang, yang ternyata aplikasi Zenius ini bisa dimanfaatkan juga untuk umum / semua pihak - yang sudah nggak sekolah juga tetap bisa menggunakannya. Karena bisa dimanfaarkan untuk meningkatkan kemampuan otak bagi penggunanya.

Yah, seperti yang saya bilang tadi, anak-anak jaman sekarang beruntung, karena tersedia banyak sekali pilihan aplikasi belajar online, bimbe online yang interaktif, jadi walau masih pandemi, masih nggak boleh sekolah tatap muka, namun mereka masih bisa tetap belajar dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi pembelajaran seperti Zenius.

Setelah menelusuri website Zenius untuk mengetahui ada apa saja di sana, saya akhirnya download aplikasi Zenius di Playstore , biar lebih bebas mengulik semua fiturnya dan bisa mempelajari apa yang saya butuhkan. Walau sudah nggak sekolah, kita tetap butuh ilmu dan informasi untuk mempertajam skill dan pengembangan diri. Walaupun agak kaku dan bingung harus memulai dari mana untuk mempelajarinya, tapi saya membutuhkan Zenius ini untuk aktualisasi diri saya. 

Well, seperti taglinenya Zenius, #MulaiDariManaAja - Mau Belaja Apapun, Mulai Dari Sini Aja! Ada fitur zona pengguna baru, fitur ZenCore, bagaimana serunya belajar di Zenius.

Saya pikir aplikasi Zenius ini penting dan dibutuhkan semua orang, terutama buat para orang tua yang harus ikut mendampingi anak-anaknya selama belajar online dari rumah. Biar bisa sama-sama paham dan mengerti ketika menemukan soal pelajaran yang sulit dipecahkan. Ada beragam strategi dan tips menghadapi UN, Ulangan Harian, UTBK, Ulangan Mandiri dan lainnya.

download aplikasi zenius


Fitur yang kece banget sih menurut saya itu ZenBot, karena kita dikasih kesempatan untuk memindahi soal-soal Matematika yang terasa sulit banget. Nanti ZenBotnya memberi tahu bagaimana memecahkan soal pelajaran tersebut. Kalau saya masih sekolah dulu, mungkin bakal sering pakai fitur ZenBot ini hehe. Tapi nggak cuma Matematika aja, ke depannya ZenBot juga bisa memindai soal rumus-rumus Kimia dan Fisika yang banyak berhitungnya.

Sama seperti pada platform belajar online lainnya, Zenius juga menyediakan paket-paket belajar lengkap. Jadi tinggal dipilih saya sesuai kebutuhan. Nah, buat adik-adik yang masih sekolah, yang kangen banget serunya ikut bimbingan belajar, bisa download aplikasi Zenius. Karena saya lihat ada fitur Live Class dari tutor Zenius secara interaktif, jadi berasa di kelas beneran, ada trial gratisnya juga kalau ingin mencoba. 

ZenCore ZenCore

Seru sih! Saya yang bukan anak sekolah merasa antusias menemukan Zenius bimbel online ini. Jadi anak-anak sekarang maupun orang tuanya nggak kesulitan buat menambah pelajaran selain dari sekolahnya.

Fitur ZenCore di Zenius bimbel online ini ternyata bisa dicoba oleh siapapun. Untuk mencari ZenCore, bisa langsung buka saja aplikasi Zenius, lalu ketik ZenCore di kolom search. Di situ akan ada pilihan 3 CorePractice, untuk melatih dan memastikan fundamental skills kita atau kemampuan pada beberapa mata pelajaran biar makin cakap, di antaranya ada Matematika, test Verbal Logic dan test Bahasa Inggris.

ZenCore

Cara mainnya cukup mudah, kita tinggal menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang ada, ada pilihan ganda, kalau memang nggak bisa ya tinggal jawab-jawab aja. Nggak usah takut salah jawab, namanya juga belajar, salah benar itu sudah biasa. Karena dari situ nanti kita bisa nyari tau rumus jawabannya seperti apa. Dan di akhir semua soal yang sudah dijawab, akan score atau penilaian. Nanti kita bisa lihat sendiri seberapa pinta kita mengingat atau menguasai pelajaran-pelajaran itu.

Buat yang mau download aplikasi Zenius dan mau belajar #MulaiDariManaAja langsung ke Playstore atau AppStore. Linknya ada di bawah ya.

Play Store : https://play.google.com/store/apps/details?id=net.zenius.mobile
App Store : https://apps.apple.com/id/app/zenius-belajar-online-seru/id1502056247

Wah. Ternyata panjang banget dari novel Garis Singgung ke Zenius hehe. Nggak berasa, garis singgung saya mengenang masa sekolah dari novel yang saya baca malah menemukan Zenius, aplikasi bimbel online yang mudah dan lengkap banget untuk jadi media belajar semua orang. So, jangan patah semangat ya buat kamu yang saat ini terpaksa sekolah online.
Karena kalian sangat beruntung, ada banyak kemudahan untuk belajar oleh kemajuan teknologi.

18 comments:

  1. Hemm zencore emang solusi untuk pembelajaran daring seperti ini, udah lama pening sama anak yang sulit memahami pelajaran apalagi matematika.

    ReplyDelete
  2. garis singgung menjadi materi yang sulit dipahami apalagi kalau tidak dijelaskan secara langsung, tapi di zencore cara menjelaskannya asyik dan mudah dipahami banget

    ReplyDelete
  3. Dengar kata garis singgung udah kebayang betapa rumitnya saat diminta menjelaskan ini sama adek, untung ada aplikasi belajar online kayak zencore.

    ReplyDelete
  4. Zencore memang solusi di saat genting pembelajaran daring, nih mudah banget dan cocok untuk pembelajaran si anak.

    ReplyDelete
  5. Pembelajaran yang diberikan guru saat daring tidak cukup, bahkan lebih banyak tugas yang diberikan jadi harus cari alternatif belajar online kayak gini yang buat si kecil semangat belajar dan memahami pelajarannya :)

    ReplyDelete
  6. tetap semangat untuk si kecil, belajar dari rumah pasti bisa menyenangkan juga kok :D

    ReplyDelete
  7. asyik nih aplikasinya sangat mendukung pelajaran ya, anak-anak pasti juga ikutan happy

    ReplyDelete
  8. Ih bener banget sih mbak.. anak-anak zaman sekarang tuh lebih beruntung ya dipermudah dg kecanggihan teknologi apalagi ada aplikasi yg bikin makin semangat belajar zenius. Aku juga udah dapet skor lho di ZenCore!

    ReplyDelete
  9. aku baru tahu, ternyata Zenius ga cuma pelajaran sekolah ja ya, buat kita yg udah ga sekolah dan pengen ningkatin skill dan pengembangan dirinternyata bisa juga ya

    ReplyDelete
  10. Mudah2an ZENIUS benar2 bisa membuat anak2 JENIUS 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih teh mely sangat bermanfaat untuk di fahami & di plajari..succes untuk mu ya teh..

      Delete
  11. Makasih sangat bermanfaat buat di pelajari & fahamiblg,,baut teteh mely succes sllu untuk mu teh..

    ReplyDelete
  12. Wah terimakasih informasinya kak, buat referensi ke anakku nih yang udah bejibun pelajarannya

    ReplyDelete
  13. Zenius belakangan banyak di bicarakan, ya. Beberapa kali saya temukan rivewnya juga di kanal - kanal medsos. Penasaran!

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah.. Bersama kesulitan pasti ada kemudahan.

    ReplyDelete
  15. Aku penasaran sekali dengan Wattpad tapi males nambahin aplikasi di HP, haha.. Judul novelnya bagus, garis singgung yang membuat orang penasaran baca lebih jauh.

    Aku sendiri juga bingung dengan istilah pergarisan, Mel. Mending jelas sekalian ngomong bentuknya apa. Plus, silang, minus, pake singgung2 segala, jadi tersinggung kan wkwk *canda garis*

    Ide Zenius keren, ketika yang lain memikirkan pelajaran anak2, Zenius malah mikirin orang tua yang kepusingan ngajari anak2 ��

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin