Wednesday 24 November 2021

Tips Belanja Online Bebas Ongkir

November ini memang spesial, ada banyak momen yang membuat kita memperingati hari-hari yang terjadi dalam kehidupan kita semua. Termasuk dalam kehidupan pribadi saya. Karena setiap bulan November saya nggak pernah berhenti untuk merindukan seseorang yang jauh banget, yang sulit banget ditemui. Seseorang yang selama ini belum pernah saya jumpai. 

harbokir

Setiap bulan November saya terus kembali meneteskan air mata, karena sedih merasakan merindukan seseorang yang cuma bisa dilihat hanya dalam bayangan saja, seseorang yang cuma bisa dilihat dari sebuah foto dan lukisannya saja, seseorang yang setiap tanggal 12 November dirayakan dan diperingati oleh semua orang di dunia sebagai Hari Ayah. Seseorang yang setiap tanggal 11 November saya dan keluarga peringati kepergiannya untuk selama-selamanya. Seseorang yang kami panggil Abah 34 tahun lalu di tahun ini pergi meninggalkan kami semua.

Dan sehari sebelumnya, 10 November kita juga memperingati Hari Pahlawan, para pahlawan bangsa Indonesia yang telah gugur di medan perang demi memperjuangkan negara ini untuk merdeka.

Saya nggak tau kenapa momennya bisa berdekatan seperti itu, Hari Pahlawan - Ayah saya 'pergi' dan Hari Ayah. Buat saya, Abah itu adalah seorang pahlawan sejati, beliau meninggal saat sedang mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya.

Tapi ada yang lebih spesial lagi di bulan November ini. Yaitu belanja.

Well, saya nggak mau munafik menjadi manusia, kalau lagi sedih seperti sekarang ini karena merindukan seseorang, biasanya saya lampiaskan dengan belanja online dan makan yang banyak untuk mengembalikan mood saya kembali ceria. Tapi perlu digaris bawahi, kebiasaan belanja saya haruslah yang bermanfaat, saya nggak mau asal belanja doank menghabiskan uang. 

Tips Belanja Online Bebas Ongkir

Nah, sudah hampir setahun ini, selama pandemi Covid-19 saya memutuskan untuk tinggal sementara di Lampung menemai Ibu. Sehingga kebiasaan belanja online saya sedikit berpengaruh intensitasnya. Kalau di Bogor saya nggak perlu memikirkan biaya ongkos kirim, tapi sejak di Lampung saya harus memikirkan cara berhemat belanja online karena ongkir yang lumayan mahal.

 Jadi saya punya tips sederhana a la saya berhemat untuk belanja online bebas ongkir di semua marketplace.

Pertama, saya membuat wishlist terlebih dahulu barang-barang apa saja yang ingin saya beli dan taruh di keranjang online shop. Saya pilih berdasarkan harga (termurah), rating toko, dan testimoni pembeli.

Kedua, saya bandingkan semua harga barang tersebut dari semua marketplace, di Shopee, di Tokopedia, Blibli, Lazada dan yang lainnya. Atau bila perlu saya bandingkan juga tuh di toko offline macam di mall-mall atau pasar hehe.

Ketiga, cari toko yang memberikan diskon dan layanan bebas ongkir, atau manfaatkan momen-momen khusus seperti harbolnas, 11-11/12-12  atau Harborkir (Hari Bebas Ongkir) setiap tahunnya seperti yang diberikan oleh JNE dalam rangka ulang tahunnya yang ke-31 di tanggal 26 November nanti.

Mengapa harus nunggu momen khusus seperti itu? Ya karena di momen seperti itulah saya punya kesempatan untuk bisa belanja hemat dan tepat, karena dapat diskon yang banyak plus belanja online bebas ongkir. Lumayan banget, kan?

hari belanja bebas ongkir

Seperti yang saya bilang tadi, November ini memang spesial, karena bertambah JNE yang sebentar lagi ulang tahun dan berbagi kebahagiaan, lalu kita semua yang sering terima paket menggunakan layanan kurir dari JNE ikut kebagian happy juga karena menikmati Hari Bebas Ongkir, jadi mau belanja apa aja nggak khawatir kena ongkir mahal. 

Ini harus dicatat, momen Harbokir ini akan digelar selama dua hari, 26-27 November 2021, dan perlu dicatat juga program Harbokir ini berlaku untuk semua pelanggan yang tergabung sebagai member JLC (JNE Loyalty Card) di seluruh Indonesia. Dengan catatan lagi, berat pengiriman maksimum 2 kg per resi untuk layanan reguler dengan tujuan pengiriman dalam kota yang sama, dan juga pengiriman antar kota dalam satu propinsi. Lumayan banget kan jadi lebih hemat.

Terus, masih momen ulang tahun JNE, selain program Harbokir, JNE juga memberikan promo khusus nih buat pelanggan setia yang terpilih sebanyak 31 member untuk mendapatkan subsidi ongkir sebagai dukungan untuk sociocommerce, dan double point untuk seluruh member dari tanggal 26-30 November 2021. Dan program lainnya, untuk info lengkapnya bisa dicek di jlc.jne.co.id.

Seru ya, saya jadi nggak sabar buat memanfaatkan momen ini. Program Harbokir ini ternyata sejalan dengan tema HUT JNE tahun ini, "Maju Indonesia" yang harapannya dengan adanya Harbokir dapat mendorong minta orang-orang untuk belanja. Dengan banyaknya orang belanja membuat ekonomi terus berjalan, yang itu berarti dapat membuat Indonesia maju.

Seru sih, biar sedih dan kerinduan ini nggak boleh berlarut-larut, saya nggak mau menyia-nyiakan kesempatan ini untuk belanja hemat dengan belanja bebas ongkir.

2 comments:

  1. Nah mantep ini yang paling dibutuhkan pas belanja, jadi bisa belanja sepuasnya terima kasih infonya.

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin