Monday, 16 December 2019

Grab Hadirkan Layanan Kesehatan Grab Health Kerjasama Good Doctor

Jadi semacam sugesti, sehabis menghadiri peluncuran aplikasi layanan kesehatan beberapa hari lalu, sampai rumah saya langsung 'tumbang', seakan ingin memberi kesempatan untuk saya mencoba layanan tersebut di saat sedang sakit. Namun, karena benar-benar lagi sakit, saya nggak terpikirkan untuk membuka aplikasi untuk berkonsultasi maupun melakukan hal ain. Yup, jangankan untuk membuka aplikasi, memegang handphone saja rasanya nggak kuat. Oleh karena kepala yang entah kenapa tiba-tiba sakit sekali rasanya, berat, pening, maunya tidur dan memejamkan mata, karena badan juga menggigil kedinginan. Sehingga beberapa hari saya habiskan untuk beristirahat, tiduran sampai benar-benar pulih dan bisa berakvitas kembali.


Baiklah, sebelum saya bercerita tentang Aplikasi Grab Indonesia yang baru saja meluncurkan fitur baru berupa layanan kesehatan yang bekerjasama dengan Good Doctor Technology Indonesia untuk pengguna setianya. Saya ingin bercerita mengenai rasa sakit yang saya dera kemarin. Mungkin ini yang disebut dengan bandel. Beberapa bulan ini saya memang sedikit bandel nggak memperhatikan pola makan dan kesehatan. Setiap malam nggak bisa tidur, mungkin stress juga karena terlalu banyak pikiran, jadinya saya melampiaskannya ke pekerjaan, saya bekerja nggak kenal waktu, kurang tidur, lupa makan, nggak sarapan, kurang minum dan lainnya. Kecapekan juga karena setiap harinya harus keluar rumah ke sana kemari.



Ya begitulah. Tubuh akhirnya memberontak meminta haknya untuk beristirahat. Puncaknya mungkin setelah saya menghadiri peluncuran Grabhealth, fitur baru yang ada di Grab bekerjasama dengan Good Doctor, pada 10 Desember 2019 lalu, di Museum Kebangkitan Nasional. Sebuah bangunan yang dulunya digunakan untuk Sekolah Kedokteran pada masa kolonial Belanda. Gedung ini dulunya bernama STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen) atau juga Sekolah Pendidikan Dokter Bumiputera, banyak tokoh-tokoh pergerakan perjuangan Indonesia militan yang lulus dari sekolah ini. Dan sekolah ini juga menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Jadi nggak salah jika Grab Indonesia dan Good Doctor memilih bangunan bersejarah ini untuk mengenalkan Grabhealth kepada masyarakat. Sehingga kita semua diingatkan kembali pada sejarah masa lampau tentang dunia kedokteran. Di museum ini ada dipajang koleksi alat-alat kedokteran jaman dulu, yang jika kita pikirkan sekarang, rasanya orang-orang terdahulu begitu hebat, dengan keterbatasan alat dan juga akses, tapi mereka berhasil meraih gelar dokter dan bisa bermanfaat untuk banyak orang. 

Canggihnya Dunia Kedokteran, Grab dan Good Doctor Hadirkan Fitur Baru Bagi Kebaikan Masyarakat

Well, kita hidup di jaman yang serba canggih oleh teknologi yang seharusnya rajin-rajin membuat kita bersyukur. Apalagi dunia tehnologi itu luar biasa perkembangannya saat ini dan dalam hal ini bagaimana kita bisa  memanfaatkan tehnologi ini bidang kesehatan. Dengans segala kemudahannya untuk mendapatkan pendidikan, mendapatkan beragam pelayanan di berbagai bidang, termasuk layanan kesehatan, atau apapun. Dulu, untuk mendapatkan layanan kesehatan sangat sulit terjangkau, dan fasilitasnya pun sedikit, tenaga medisnya terbatas, kalaupun ada banyak, biasanya kita harus menempuh jarak berkilo-kilo meter terlebih dahulu. Dan bisa dihitung dokter yang benar-benar mau mengabdi ke berbagai pelosok daerah untuk melayani pasien.

Namun sekarang, berkat adanya internet dan teknologi, pelayanan kesehatan semakin mudah didapat. Inovasi-inovasi di dunia kesehatan terus berkembang. Masyarakat tidak lagi kesulitan, karena semakin banyaknya akses untuk mendapatkan layanan kesehatan, baik dari pemerintah maupun swasta. Namun tidak bisa dipungkiri, masih ada banyak juga masyarakat Indonesia yang tetap tidak mudah untuk mengakses layanan tersebut.


Tapi nggak perlu khawatir Good Doctor Technology Indonesia, penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi yang bermitra dengan Grab Indonesia hadirkan Grab Health, solusi layanan kesehatan digital untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan akses pelayanan kesehatan yang cepat, mudah dan terjangkau. 

Apa sih Grab Health ini?

Grab Health adalah penyedia layanan kesehatan yang lengkap dalam satu platform, pengguna bisa melakukan tanya jawab kesehatan secara online (digital) menggunakan smartphone yang sudah terinstall aplikasi Grab. Melalui GrabHealth, pengguna juga bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter profesional mengenai masalah kesehatan. Kita juga bisa melakukan pembelian (e-commerce) berbagai produk kesehatan, kebugaran melalui fitur GrabHealth.

GrabHealth powered by Good Doctor sendiri hadir untuk memenuhi dan meningkatkan akses layanan dokter dan kesehatan berkualitas kepada seluruh masyarakat Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh dr. Adhiatama Gunawan, Head of Medical Manager Good Doctor Technology Indonesia, GrabHealth hadir sesuai dengan visi Good Doctor itu sendiri, yakni menyediakan dokter dan spesial untuk keluarga di Indonesia, "Satu Dokter untuk Satu Keluarga".


Grab dengan jangkauannya yang luas, karena telah hadir di 224 kota di Indonesia menjadi pilihan tepat untuk menjadi alat dalam mengakses layanan GrabHealth powered by Good Doctor ini. Apalagi dengan tagline Grab 'menjawab, mengantar dan menjaga kebaikan bagi masyarakat' Grab dan Good Doctor ingin memberikan pelayanan terbaik bagi semuanya. Sehingga layanan ini dapat diakses oleh masyarakat di kota-kota tersebut.
Seperti yang dikatakan oleh Ridzki Kramadibrata, Presiden of Grab Indonesia. Grab percaya bahwa setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. Hal inipun tertulis dalam UU 45 Pasal 28 ayat 1, bahwa pelayanan kesehatan adalah hak asasi warga negara Indonesia. Untuk itulah GrabHealth hadir sebagai solusi yang layak dalam memberikan layanan kesehatan online secara luas dan berkualitas. Kehadiran GrabHealth inipun menjadi upaya bersama dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga di Indonesia. 


Inovasi layanan kesehatan digital inipun didukung oleh Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan. Layanan kesehatan menjadi prioritas atau sangat penting dalam program Rencana Pembangunan Jangka Menengah dalam mengimplementasikan Program Indonesia Sehat.
Diungkapkan oleh Dr. dr Agus Hadiah Rahim, perwakilan dari Kemenkes, "Layanan kesehatan digital GrabHealth powered by Good Doctor ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi di bidang layanan kesehatan yang bertujuan untuk mendorong upaya promotif dan preventif, sehingga dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan mempromosikan gaya hidup sehat dan memperkuat upaya pencegahan, yang pada akhirnya akan membantu pemerintah menurunkan biaya layanan kesehatan yang semakin tinggi di Indonesia saat ini.

Berikut berbagai layanan kesehatan digital yang tersedia di fitur GrabHealth:
  • Tanya jawab kesehatan secara daring (online) dengan dokter-dokter profesional bersertifikat: pengguna dapat berbicara dengan dokter bersertifikat dalam beberapa menit melalui obrolan, panggilan, atau panggilan video untuk menjelaskan masalah kesehatan yang dialami.

  • Membuat perjanjian konsultasi tatap muka dengan dokter: pengguna dapat membuat perjanjian dengan dokter medis pilihan untuk melakukan konsultasi secara langsung. Konsultasi tatap muka dengan dokter yang dirujuk akan secara otomatis dijadwalkan di dalam platform aplikasi GrabHealth.
  • E-commerce (perdagangan elektronik) untuk berbagai produk kesehatan dan kebugaran: pengguna dapat membeli produk kesehatan dan kebugaran melalui platform GrabHealth, dan produk akan dikirimkan segera oleh pengemudi Grab ke depan pintu mereka pada hari yang sama. Fitur ini berguna untuk pasien yang tidak bisa keluar rumah sementara harus minum obat segera. Dan telah bermitra dengan 300 apotek berlisensi.

  • Konten mengenai kesehatan, kebugaran dan gaya hidup yang dikurasi oleh dokter: di GrabHealth pengguna juga dapat mencari dan menerima pesan notifikasi tentang informasi kesehatan, kebugaran, dan gaya hidup yang dikurasi oleh dokter, termasuk artikel, tips, dan video. Sehingga kita mendapatkan informasi yang bermanfaat.
Jangan takut, dokter-dokter di GrabHealth sudah terverifikasi dan ahli di bidangnya, sehingga kita nggak perlu merasa khawatir dengan informasi yang mereka berikan. Kita dapat menggunakan layanan kesehatan digital GrabHealth ini 24 jam setiap harinya.


Untuk menggunakan layanan GrabHealth ini, pengguna terlebih dahulu harus mendownload aplikasi Grab di Playstore maupun Ios. Di halaman pertama kita akan langsung menemukan fitur GrabHealth dan bisa langsung dengan dokter-dokter profesional.

No comments:

Post a comment

Terima Kasih Sudah Singgah