Sunday, 8 December 2019

Tips Memasak dan Menjaga Nasi Tetap Sehat Bernutrisi

Dua minggu yang lalu saya mendapatkan informasi yang baru benar-benar saya ketahui tentang pentingnya menjaga makanan yang kita masak agar tetap sehat dan terjaga nutrisinya, melalui peralatan masakan yang kita gunakan. Jujur selama ini saya pikir alat masak yang saya gunakan aman-aman saja dari yang namanya terkontaminasi zat-zat kimia yang nggak baik lalu masuk terserap ke tubuh. Saya pikir hanya alat-alat makan/masakan yang terbuat dari plastik saja yang nggak aman seperti itu.


Ternyata, alat masak di dapur yang sehari-hari digunakan juga ada yang berbahaya. Wow, ini jujur saya agak syok mendengarnya. Kalau selama ini kita sudah coba menjalani hidup sehat dengan mengurangi porsi makanan, memilih perbanyak makan sayur dan buah dan sejenisnya. Tapi nyatanya, ada banyak faktor lain juga yang justru tanpa kita sadari malah merusak pola hidup sehat kita itu sendiri.

Seperti alat masak nasi rice cooker anti lengket yang umum kita gunakan selama ini. Pada lapisan anti lengket yang mengandung zat kimia yang bernama perfluorooctanoic (PFOA) bersifat karsinogen itu lama kelamaan akan mengelupas dan tercampur atau terkontaminasi dengan nasi. Jika terus-terusan masuk ke tubuh akan berbahaya dan dapat memicu penyakit seperti kanker.


Memang sih kita nggak bisa benar-benar bisa menjalani hidup sehat. Tapi setidaknya, dengan mencoba mencari tau dan mengurangi penyebab banyaknya penyakit yang masuk ke tubuh akan jauh lebih baik, ya kan?

Dan saya sudah menemukan belahan hati yang mengerti banget akan kebutuhan yang saya cari itu. Mencari alat masak yang aman, yang lapisan bahannya tidak mudah tergores, tidak mudah mengelupas, jadi nasi yang dimasak bisa lebih sehat dan nutrisinya terjaga.

Kemarin-kemarin saya sudah punya Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ 6288 yang ukuran 2 liter untuk menanak nasi kalau lagi banyak tamu atau saudara datang. Yang bisa juga digunakan juga untuk membuat kue, dalam percobaan pertama saya waktu itu, saya membuat Bolu Pisang menggunakan Rice Cooker Cosmos.


Nah, beberapa hari lalu saya akhirnya punya rice cooker yang ukuran kecil 0.8 liter, Rice Cooker Harmond CRJ 6601. Pertama melihat saya langsung jatuh cinta. Karena desainnya yang lucu dan menarik, seperti ada tampak wajah burung di depannya. Warnanya juga elegan dengan 2 pilihan, hitam dan putih.

Pilih Rice Cooker Cosmos Harmond ini karena teknologi anti goresnya itu bisa menjaga nasi tetap aman, lapisan innerpan anti gores nggak mudah mengelupas, bahkan bila digosok menggunakan sikat gigi besi sekalipun. Jadi nasi yang dimasak lebih sehat, pancinya juga jadi tahan lama.

Dua Rice Cooker Cosmos Harmond yang saya punya ini juga punya 3 fungsi sekaligus. Selain untuk memasak, bisa juga untuk mengukus dan menghangatkan. Malah bisa multifungsi seperti yang saya lakukan untuk membuat kue atau yang lainnya. Canggih memang alat masak sekarang. Terbayang dulu sebelum ada teknologi rice cooker, masak nasi harus dilakukan dengan beberapa proses.

Tips Memasak dan Menjaga Nasi Tetap Sehat Bernutrisi

Tapi ada satu tips penting nih jika memasak nasi menggunakan rice cooker, agar nasi tidak cepat basi, tidak berair dan tahan lama.
  • Yang pasti gunakan Rice Cooker Cosmos Hardmond dengan teknologi anti gores.
  • Setelah nasi matang dengan ditandai tombol menunjukkan posisi warm, 5 menit kemudian aduk nasi sesegera mungkin. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan air yang terperangkap dalam butiran nasi dan mempercepat proses penguapan air.
  • Jangan mencolok rice cooker terlalu lama terus menerus sepanjang waktu. Selain untuk menghemat listrik, ini juga untuk menghindari nasi menjadi cepat kering yang menyebabkan nutrisi nasi jadi menghilang. Cukup hangatkan nasi di rice cooker selama 30 menit saja sebelum makan.
Ini juga penting, bukan hanya soal alat masak saja yang diperhatikan, agar nasi yang kita makan tetap sehat dan terjaga nutrisinya. Tapi untuk menyimpan berasnya juga. Saya pilih tempat menyimpan berasnya dari Cosmos, tepatnya dengan kode 007 Pundi. Yang punya kapasitas hingga 7 liter. Ukurannya praktis, sekali tarik akan mengeluarkan ukuran beras sesuai untuk porsi makan 2-3 orang, yakni 130gram. Pilih tempat menyimpan beras Cosmos 007 Pundi juga karena antislip, nggak mudah bergeser, di bagian kakinya itu ada semacam lekat. Jadi beras yang disimpan juga terjaga, bebas kutu maupun karat. Asiklah, makin lengkap karena saya sekarang juga punya teflon Ceraflon Cosmos marble yang punya anti lengket dan tahan gores, sehingga memasak sayur atau memanggang sesuatu dengan cosmos jadi lebih aman.

 
Gaya Hidup Sehat

Menjalani hidup sehat ternyata nggak semudah yang kita pikirkan dan rencanakan, karena dibutuhkan komitmen dan keyakinan yang kuat, agar tidak mudah tergoda udah untuk keterusan cheating setiap hari atau melanggar aturan yang sudah kita buat sendiri. Ini pengalaman saya sendiri. Niatnya di tahun 2019 ini saya bisa mengurangi makanan-makanan yang membuat lemak semakin menimbun di tubuh. Tapi nyatanya lumayan susah, apalagi jika sedang menghadiri undangan acara, sementara menu makanan yang dihidangkan tidak ada yang sesuai dengan menu diet/sehat yang sedang kita jalani. 

Dari pada tidak konsen dengan acara dan kelaparan, akhirnya apapun yang dihidangkan oleh tuan rumah alias pengundang, ya semuanya harus dinikmati dan disyukuri. Walaupun setelahnya mungkin sedikit menyesal karena melahap semua apa yang ada di depan mata, karena tidak ada pilihan lain, "Yaahhh, gagal lagi deh diet gue" Hehehe.

Nah, beberapa kali saya membaca atau mendengarkan tips-tips kesehatan dari orang-orang terutama soal makanan yang dikonsumsi. Saya mulai berpikir dan bertanya-tanya tentang mengurangi porsi dan mengubah menu makanan itu tujuan sebenarnya untuk apa? Apakah untuk benar-benar sehat, atau hanya diet untuk mengurangi lemak yang ada di tubuh? 

Mindset ini yang seharusnya diubah, karena jika punya tujuan yang salah, hasilnya nggak akan maksimal. Yahh contohnya saya sendiri, saya mencoba menjalani hidup sehat itu tanpa dibarengi dengan olah raga. Jadi terasa percuma, karena hanya mengubah pola makan, seperti mengurangi makan nasi atau karbohidrat tapi gerak tubuh nggak ditambah, jadinya tidak seimbang. Saya juga nggak begitu memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh. Diet asal diet tanpa mengetahui banyak tentang itu semua.


Ah, ngomongin nasi. Ternyata untuk mengurangi makan karbohidrat ini belum sepenuhnya bisa saya lakukan. Terutama untuk benar-benar lepas dari makan nasi. Nasi itu masih menjadi makanan pokok yang harus ada. Tapi lambat laun dengan banyaknya informasi yang ada tentang pola hidup sehat, saya mulai mencari tau apa saja faktor-faktor penunjang yang dapat membantu dalam proses menjalani gaya hidup sehat seperti sekarang.

Karena belum bisa lepas dari nasi, saya akhirnya mengurangi saja porsinya. Dan mencari tau bagaimana agar nasi yang saya makan ini bisa tetap sehat dan terjaga nutrisinya dan dapat memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Salah satunya ya itu tadi, menggunakan peralatan masak yang aman.

Buat teman-teman yang ingin tahu lebih banyak produk Cosmos, bisa cek langsung di websitenya COSMOS. Produk-produk Cosmos juga sudah banyak dijual toko online seperti di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee di official storenya. Atau bisa juga dibeli di toko-toko offline dan supermarket.

2 comments:

  1. Dari ulasannya aja bagus, ngga salah kalau rice cookernya emang recommended banget sih

    ReplyDelete
  2. Wahh...cucok nih tpt berasnya buat anak saya yg kosan dan yg baru berumah tangga. Trimakasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Singgah