Tuesday, 28 May 2019

Pertama Kali Membuat Bolu Pisang Menggunakan Rice Cooker

Ketika ngomongin Bolu saya ingat dengan seorang teman yang suka banget sama kue-kue basah termasuk kue Bolu atau Cake / Keik bahasa kerennya. Dia pernah meminta saya untuk membuat kue bolu dari resep yang dia dapat di instagram untuk cemilan berbuka puasa di bulan Ramadan, resep sederhana sih sebenarnya. Tapi masalahnya saat itu saya nggak tau sama sekali cara membuat bolu itu bagaimana, apalagi nggak ada alat-alat untuk memasaknya, seperti mixer ataupun oven untuk memanggang kue. Bingung dong bikin kue tapi nggak ada oven?

Cake by pexels

Tapi dia bilang gini, "Kamu jadi anak kos sudah berapa tahun, sih?"
"Hah? Apa hubungannya, anak kos sama bikin kue?" tanya saya setengah bingung haha. Iya kan?

"Mel, hidup itu jangan dibikin susah, untuk apa para ilmuwan menciptakan barang teknologi-teknologi mutakhir masa kini kalau nggak kita manfaatkan fungsinya. Tuh, Rice Cooker nggak cuma bisa digunakan buat menanak nasi, tapi bisa dipakai juga buat bikin bolu!" Ujarnya sambil mencibir menghina. Hahaha

Jujur saya jadi anak kosan baru 2 tahunan ini, jadi saya nggak begitu banyak tahu soal trik and trik cara memasak anak kosan itu seperti apa. Selama ini saya menggunakan alat masak sesuai dengan fungsinya. Rice cooker atau magic com ya hanya untuk memasak nasi.

Tapi akhirnya dari dia saya jadi paham soal dunia rice cooker ini, apalagi setelah melihat kejadian yang dialami tetangga kosan, yang nggak berani menggunakan kompor gas untuk masak memasak setelah peristiwa tabung gas bocor awal Ramadan lalu. Jadi fix selama Ramadan ini dia menggunakan rice cooker untuk semua aktivitas memasak. Seperti masak air, menggoreng, menanak nasi, merebus, dan lainnya.


Dari teman dan tetangga kosan ini juga saya belajar cara membuat bolu pisang favorit saya. Kebetulan saya baru mendapatkan hadiah Rice Cooker Cosmos Harmond type CRJ-6288 Spektrum Series yang body nya itu futuristik banget. Suka banget sama modelnya yang ini, karena ada pegangan panci nya. Jadi memang didesain bisa untuk memasak bahan lain selain nasi tentunya. Jadi saya praktekkan menggunakan Rice Cooker Cosmos untuk membuat kue.

Kenapa memilih Rice Cooker Cosmos? karena produk cosmos yang saya pilih ini punya keunggulan utama yang bikin saya nggak khawatir soal masak memasak. Dia punya teknologi anti gores pada dalaman pancinya, jadi kalau digosok-gosok dengan sikat yang agak kasar, nggak akan tergores atau rusak. Nggak mudah terkelupas, yang pasti jadi aman dan sehat untuk makanan, tanpa khawatir ada sisa-sisa makanan atau partikel lapisan panci yang terkelupas.

Salah satu yang paling saya suka karena di Rice Cooker Anti Gores Cosmos ini punya pegangan panci (Inner Pan Handle) yang aman dan nggak panas kalau pas angkat pancinya. Tongolan buat mengatur sirkulasi panas membuat nasi yang dimasak dengan Rice Cooker Cosmos tetap pulen.

Kece lah pokoknya! Nah balik lagi ngomongin Bolu Pisang yang saya masak pakai Rice Cooker anti gores Cosmos ini. Karena ini pertama kalinya saya mencoba memasak kue bolu menggunakan rice cooker, jadi harap maklum ya jika percobaan pertama sedikit gagal. Saya belum menemukan komposisi yang pas dan bagaimana seharusnya membuat bolu menggunakan rice cooker.


Saya hanya mengikuti resep kue bolu pisang menggunakan rice cooker berikut:

Bahan:
  • Tepung Terigu (satu setengah cup) menggunakan gelas pengukur beras yang ada di rice cooker.
  • 1 Butir Telur
  • Mentega 2 Sendok dicairkan
  • Baking Soda 1 setengah sendok teh
  • Baking Powder 2 sendok teh
  • Susu setengah gelas
  • Garam 
  • Pisang 2 buah dihaluskan
  • Minyak Goreng untuk olesan panci rice cooker
Semua bahan (kecuali minyak) dicampur menjadi adonan kental, aduk-aduk menggunakan spatula atau pengaduk adonan lain ( saya tanpa mixer). Jika sudah tercampur rata tinggal dimasukkan ke dalam panci rice cooker, yang sebelumnya sudah diolesi minyak, yang berfungsi agar adonan tidak lengket. Lalu tekan tombol masak seperti biasa dari posisi warm ke cook. Setelah itu tunggu hingga tanda penanak matang, dari cook ke warm. Tes apakah bolu sudah masak atau belum menggunakan tusuk gigi. Jika belum ulangi lagi proses memasak seperti semula.

Dan ini dia hasilnya, gampang banget ternyata. Tapi ya seperti yang sudah saya bilang tadi, karena ini percobaan pertama. Hasilnya belum memuaskan. Hihi, tapi lumayan lah untuk pemula, rasanya enak walau nggak sampai mengembang sempurna seperti layaknya Bolu Pisang.


Well, ternyata punya Rice Cooker itu multifungsi banget, yang saya pikir cuma bisa buat masak nasi doank. Apalagi dengan Rice Cooker Cosmos yang baru saya dapat ini, anti gores, bebas lapisan berbahaya, multifungsi (memasak, mengukus, menghangatkan, menggoreng), awet dan tahan dari karat dan terbuat dari bahan food grade yang aman bagi kesehatan.

By the way, produk Rice Cooker Anti Gores Cosmos ini bisa banget dibeli di toko toko electronik, supermarket, atau lewat online store di marketplace macam Tokopedia, Bukalapak, Lazada ataupun di official store Cosmos. Dan kalau buka website Cosmos www.cosmos.id nggak cuma menemukan produk rice cooker saja, tapi banyak produk rumah tangga lainnya. Seperti Mixer, Oven, Blender dan lain-lain. Kita juga bisa mene



1 comment:

  1. Huwooowwww, bolu pisang adalah kue yang paling sering saya bikin nih, tapi baru tahu kalau bisa bikin pakai rice cooker.
    Lebih praktis kayaknya nih.
    Jadi pengen praktek deh besok :D

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejakmu