Wednesday, 1 May 2019

Indosat Ooredoo Siap Sambut Ramadan dan Lebaran Dengan Jaringan 4G Plus Kuat

Sebelum hari di mana saya dihubungi untuk berangkat ke Padang dalam rangka drive test atau uji coba jaringan 4G Plus Kuat bersama tim Indosat Ooredoo, saya setiap hari melihat beberapa tayangan kuliner dan wisata yang ada di Sumatera Barat lewat Youtube. Saya bergumam dalam hati, kapan ya saya bisa ke Padang? Mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sana, makan masakan khasnya, melihat Jam Gadang dan lainnya. Ndilalah, 2 hari sejak saya memikirkan tentang betapa indah wisata dan nikmatnya semua masakan Padang. Saya mendapat pesan untuk berangkat ke Padang bersama tim media dan blogger. Yeay, benar kata orang-orang ya, kita harus memikirkan hal yang baik-baik saja, Insya Allah seisi alam mengaminkan doa-doa baik dan keinginan kita tersebut.


Padang, kali ini tentu saja saya berangkat bersama tim Indosat Ooredoo dan media dari Jakarta untuk uji jaringan 4G Plus Kuat yang baru saja diluncurkan pada awal Maret lalu, uji coba ini dalam rangka untuk melayani pelanggan akan kebutuhan internet menyambut Ramadan dan Lebaran 2019. Padang salah satu propinsi di Sumatera yang cukup banyak pemudiknya. Jaringan internet yang kuat dan stabil pasti sangat dibutuhkan oleh mereka untuk berkomunikasi yang ingin pulang mudik selama Ramadan dan Lebaran nanti.

Uji coba jaringan ini serentak dilakukan di 5 kota pada 25 April 2019 lalu, yang mewakili propisni yang menjadi tujuan mudik utama di seluruh Indonesia, masing-masing dilakukan di Padang (Sumatera Barat), Solo (Jawa Tengah), Malang (Jawa Timur), Banjarmasin (Kalimantan Selatan) dan Makassar (Sulawesi Selatan).


Dari Jakarta kami berangkat Kamis pagi, flight pukul 8.00 dan sampai di Bandara International Minangkabau sekitar pukul 09.30, perjalanan udara satu setengah jam sangat lancar. Sesampainya di Padang, kami disambut oleh tim perwakilan Indosat Ooredoo regional Padang, Bapak Mantoni (Area Sales Manager Indosat Ooredoo Sumatera Barat) dan Bapak Selo Poernomo (Head of Field Engineer Sumatera Indosat Ooredoo) dan juga teman-teman media lokal.


Bermula dari Bandara International Minangkabau uji coba ini melintasi beberapa daerah di Kota Padang, ke tempat-tempat wisata dan tempat yang sering dikunjungi warga. Di antaranya ke Masjid Raya Sumatera Barat, Jembatan Siti Nurbaya dan juga Pesisir Pantai Padang (Pantai Iora).


Selama perjalanan, ada beberapa aspek yang dilakukan dalam drive test jaringan Indosat Ooredoo di Padang, termasuk di 4 kota lainnya. Pertama, 4G Coverage, seberapa luas dan kuat jangkauan jaringan 4G Plus Kuat Indosat Ooredoo yang dapat melayani kebutuhan akan internet dan telpon pelanggan Indosat Ooredoo di Padang. Dalam perjalanan itu, beberapa aktivitas dilakukan, di antaranya streaming video, speed test dan juga video call test dengan tim di kota lainnya. Dan terbukti, jaringan 4G Plus Kuat Indosat Ooredoo stabil digunakan.


Untuk streaming video youtube contohnya, tidak ada buffering termasuk saat memilih kualitas tertinggi dalam video. Video call test pun demikian, panggilan telpon dan penggunaan internet lainnya dijamin aman selama mudik lebaran nanti. Dari hasil uji coba jaringan yang dilakukan terhadap kualitas sinyal, juga akses internet/data menunjukkan coverage jaringan 4G Plus secara kontinyu di sepanjang rute/jalur yang dilalui.


Dalam kegiatan uji coba jaringan tersebut, diperoleh kecepatan maksimal download berkisar di antara 62,7 Mbps hingga 104,7 Mbps. Dan untuk rata-rata kecepatan download di Padang berkisar 87,9 Mbps. Selama test jaringan ini pun, Indosat Ooredoo melakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinian Score) yang menunjukkan bahwa 4.47% hasil testnya ada di tingkat excellent. Dan ini menunjukkan kalau kualitas suara Indosat Ooredoo berada di tingkat terbaik. 

Indosat Ooredoo memang terbaik, dalam test jaringan itu juga, setibanya di Whizh Hotel, Padang. Press conference dilakukan menggunakan video dari 5 kota. Dan hasilnya benar-benar menakjubkan, semua terhubung tanpa buffering. Sambutan dari masing-masing kota lancar tanpa kendala.

Ini membuktikan jika Indosat Ooredoo sudah siap layani akan kebutuhan telekomunikasi pelanggan dalam menyambut Ramadan dan Lebaran tahun ini. Apalagi saat ini jaringan 4G Plus Kuat telah menjangkau 422 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, atau 80% dari populasi masyarakat Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Singgah