Wednesday, 1 May 2019

10 Alasan Yang Membuat Pengeluaran Menjadi Berlebihan Selama Promo Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk kita bisa melatih menahan segala hawa nafsu kita. Mulai dari nafsu makan, nafsu berbicara tidak baik dan juga berbuat hal- hal yang dilarang oleh agama. Pada bulan ramdhan tentunya frekuensi makan anda menjadi berkurang. Bahkan biasanya yang tadinya anda lebih banyak menghebiskan waktu libur atau weekend di mall dengan mencoba berbagai makanan, kuliner dari kota ke kota dan hal lainnya yang tentunya hanya menghabiskan uang. Tentunya moment lebaran bisa dijadikan sebagai ajang lebih menghemat pengeluaran. Tapi nyatanya moment ramadhan malah membuat pengeluaran anda menjadi semakin bertambah. Hal ini juga mungkin dengan semakin banyaknya promo ramadhan yang membuat anda lebih kalap saat berbelanja. Nah, untuk itu berikut akan kami ulas mengenai alasan apa saja yang membuat pengeluaran anda selama ramadhan semakin membengkak.


Alasan Pengeluaran Ramadhan Semakin Berlebihan
  • Lebih banyak menghabiskan waktu berbuka puasa di luar
Moment ramadhan biasanya dijadikan sebagai tempat untuk ajang reuni atau bertemu dengan teman- teman lama. Bahkan tidak hanya satu teman sekolah saja yang biasanya mengadakan acara reunion berbuka puasa. Bisa jadi mulai dari teman tk, sd, smp , sma sampai dengan teman kualiah pun mengadakan acara yang sama. Sudah bisa dihitung bukan pengeluaran anda akan semakin membengkak tentunya dengan menghadiri berbagai acara buka bersama di luar. Belum lagi acara dengan keluarga dan juga teman kantor. Tentunya akan semakin menambah list pengeluaran anda yang membuat dompet anda semakin menipis nantinya.
  • Berbuka harus dengan menu terbaik dan istimewa
Salah satu hal lainnya yang membuat pengeluaran anda semakin membengkak selama  Sebenarnya bulan ramadhan adalah sebuah kebiasaan yang dilakukan di tengah masyarakat kita mengenai menu berbuka. Dimana para ibu- ibu biasanya terlalu bahagia menyiapkan menu makanan untuk keluarga. Mulai dari lauk pauk yang lezat, menu tajil, menu penutup, gorengan dan menu- menu lezat lainnya. padahal makanan tersebut juga belum tentu habis dimakan dalam sekali berbuka, tidak jarang akan ada banyak makanan juga yang terbuang atau tersimpan di kulkas. Hal ini lah yang membuat pengeluaran tidak terduga dan menjaid lebih membengkak. Padahal di agama sendiri tidak menganjurkan hal yang demikian, dan memang sebaiknya kita berbuka dengan menu secukupnya saja.
  • Kalap dengan diskon online shop
Hal lainnya yang membuat pengeluaran anda semakin membengkak selama ramdhan adalah dengan terlalu seringnya anda tergoda pada promo ramadhan yang diberikan berbagai toko, baik online shop maupun toko konvensional. Salah satunya toko atau situs online shop www.ilotte.com yang memberikan diskon menarik selama bulan ramadhan, dimana diskon dan juga promo yang diberikan akan membuat anda semakin kalap dalam berbelanja produk pakaian ataupun produk lainnya. hal ini jugalah yang membuat banyak konsumen lebih memilih belanja baju lebih cepat selama ramadhan, hal ini lah yang tentunya bisa membuat pengeluaran anda semakin membengkak ketika bulan puasa.
  • Terlalu sering belanja kue lebaran
Kue lebaran merupakan salah satu hal wajib yang biasanya ada saat lebaran tiba. Salah satu suguhan lebaran ini biasanya sudah mulai di jual ketika mendekati lebaran, bahkan pada awal- awal ramadhan pun sudah cukup banyak toko- toko yang menjual kue lebaran. Hal ini jugalah yang membuat anda tentunya selalu tergoda untuk membeli kue lebaran ketika berkunjung ke supermarket maupun ke toko- toko. Bahkan tidak jarang kue lebaran yang anda beli pun dalam jumlah banyak. Dan hal itu pun kembali dilakukan dan diulangi saat kembali berkunjung ke supermarket, sampai tidak terasa pengeluaran anda untuk kue lebaran saja sudah semakin membengkak. Untuk itulah sebaiknya memang disarankan membuat kue sendiri di rumah, daripada membeli di supermarket karena selain harganya akan jauh lebih murah dengan membuat sendiri, anda juga bisa jauh lebih menghemat.

  • Semakin meningkatnya harga kebutuhan pokok
Saat ramadhan kebutuhan pokok akan semakin mahal, hal ini jugalah yang membuat pengeluaran anda semakin membengkak. Biasanya kebutuhan yang naik harganya malah kebutuhan yang biasanya anda konsumsi sehari- hari, seperti telur, daging, bumbu dapur, minyak dan berbagai produk lainnya. hal ini juga biasanya dijadikan sebagai strategi pasar untuk menaikan harga ketika ramadhan, karena semakin banyak yang membutuhkan barang- barang tersebut. hal ini lah yang membuat para ibu biasanya cukup kewalahan dan tidak bisa lebih berhemat saat ramadhan.
  • Menjadikan THR sebagai alasan pengeluaran berlebih
Hal ini lah yangseringkali terjadi di tengah masyarakat kita, dimana masyarakat kita bebrfikir pengeluaran berlebihan ketiak ramadhan merupakan hal yang biasa, karena mereka bisa memback up pengeluaran dengan THR yang diberikan perusahaan. Pdahal hal ini tentunya sebuah kesalahan. Karena dengan berfikir seperti itu akan membuat anda semakin berfikir bahwa adanya uang THR bisa membuat anda melakukan pengeluaran berlebih. Padahal yang seharusnya anda lakukan adalah dengan menggunakan uang THR sebijak mungkin.

Uang THR yang anda dapatkan sebaiknya ditabung sebagian untuk pengeluaran yang jauh lebih bermenfaat dan sifatnya mendadak. Bayangkan jika THR anda habis begitu saja hanya untuk sebuah pengeluaran yang sifatnya konsumtif, tentunya anda pun nantinya akan menyesal karena tidak memanfaatkan uang THR dari perusahaan sebaik mungkin.
  • Belanja pakaian terlalu banyak
Mendekati lebaran mmenag semakin banyak masyarakat yang berbelanja produk pakaian di mal- mall. Aplaagi dengan banyaknya tawaran diskon yang cukup besar pastinya hal tersebut akan membuat pengeluaran anda saat ramadhan akan semakin membengkak. Bahkan biasanya pakaian yang dibeli pun dalam jumlah banyak, dan belum tentu bisa anda gunakan semuanya ketika lebaran nanti. Untuk itulah penting membuat sebuah perencanaan yang baik, agar nantinya pengeluaran yang dilakukan tidak terlalu berlebihan. 

Nah,berikut ulasan mengenai 7 alasan yang membuat pengeluaran anda semakin membengkak ketika ramadhan. Sebenarnya memanfaatkan promo ramadhan tidaklah salah, namun jika anda melakukannya dalam batas kewajaran. Banayka stigma di masyarakat kita yang cukup melekat, dimana mereka menjadikan kebiasaan perilaku konsumtif ini sebagai sebuah hal yang biasa. Padahal moment ramadhan sebaiknya jangan digunakan hanya untuk melakukan gaya hidup konsumtif. Anda juga perlu berfikir mengenai rencana pengeluaran yang jauh lebih bijak. Sehingga tidak akan terjadi pengeluaran yang tidak terduga tersebut.


Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan diskon sebaik- baiknya di berbagai toko. Salah satunya di www.ilotte.com yang selalu memberikan diskon terbaik. khususnya ketika ramadhan nanti, dimana untuk item fashion sendiri cukup banyak dikson menguntungkan yang bisa anda dapatkan. Sehingga pengeluaran anda pun nantinya akan jauh lebih berhemat dengan belanja cermat dan pintar.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Singgah