Friday, 31 May 2019

5 Manfaat Kencur Yang Harus Kita Tau

Selama ini saya cuma tau bumbu dapur Kencur hanya untuk tambahan bumbu Pecel favorit saya, yang akan menjadikan rasanya semakin nikmat dengan aroma dan rasa Kencur yang sedikit pedas dan sedikit tajam. Kencur yang juga menjadi bumbu utama pembuatan Seblak, menu kuliner khas Bandung yang sedang hits saat ini.

Kencur. gambar: Halodoc
Kencur yang sering direpresentasikan dengan karakter atau sifat seseorang yang masih terlalu muda, “masih bau kencur saja jangan banyak gaya deh kamu!” Ntah apa maksudnya, mengapa Kencur dianggap sesuatu yang tidak tau apa-apa. Padahal, Kencur yang menjadi tanaman obat ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan selain hanya untuk penambah rasa bumbu masakan, seperti Pecel atau Seblak. Tapi kalau di negara kita, Indonesia, Kencur memang dijadikan obat herbal yang sering dijadikan campuran jamu, Beras Kencur, dan seringnya ada di jamu-jamu gendong.

Well, saya mau cerita sedikit mengenai Kencur yang selalu dikonsumsi Ibu kos kalau lagi sakit. Seperti yang dialaminya beberapa waktu lalu ketika sedang flu berat, radang dan maagnya kambuh. Setiap pagi (sebelum bulan Ramadan) Ibu Kos selalu mengonsumsi satu ruas jari Kencur. Kencur itu dia kunyah biasa tanpa campuran apa-apa.

Jujur, saya tuh suka banget sama Kencur, aromanya saja membuat nafsu makan saya bertambah. Tapi kalau dikunyah biasa hanya untuk mengobati sakit. Saya nyerah! Karena Kencur rasanya memang pedas/getir di lidah. Kecuali jika Kencur ini dibuat menjadi menu masakan semacam ditumis pedas, barulah saya bisa makan.

Namun ya, seperti yang saya bilang. Kencur memang punya banyak manfaat selain rasanya yang nikmat untuk campuran bumbu masakan.
Berikut yang saya tau manfaat Kencur untuk kesehatan untuk orang dewasa maupun anak-anak dari Halodoc.
  • Menghangatkan Tubuh
Kandungan minyak Astiri yang ada di Kencur mampu menjaga tubuh menjadi hangat. Makanya sering jika ada yang sedang sakit, Beras Kencur menjadi  pilihan alternative menghangatkan badan selain minuman jahe, yang diminum anak-anak maupun orang dewasa, yang biasa dibeli di mbok Jamu yang lewat depan rumah.
  • Menambah Nafsu Makan
Nah ini yang saya bilang tadi, aroma kencur saja sudah menambah nafsu makan, apalagi jika dibuat extrak yang dicampur dengan minuman lain. Tips ini mungkin bisa dicoba jika suatu saat teman-teman atau anaknya sedang kehilangan nafsu makan.
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Seperti yang dilakukan oleh Ibu Kos (yang mengunyah Kencur), ternyata ia mempraktekkan anjuran seorang dokter. Bahwa Kencur juga mampu menjaga daya tahan tubuh jika sedang sakit, karena Kencur dapat meningkatkan system imun tubuh. Kencur juga dapat menghalau serangan berbagai virus dan bakteri, penyakit seperti flu, diare, muntah hingga infeksi pada kulit.
  • Mencegah Kelelahan
Makanya kalau lagi malas, dan rasanya lelah banget, loyo. Salah satu makanan favorit saya itu Pecel dengan banyak sayuran hijau dan bumbu pecelnya diracik sendiri, dibanyakin Kencur dan Bawang Putih plus Cabai biar pedas. Jangan Tanya rasanya bagaimana, sungguh nikmat tiada tara. Jadi nggak salah jika Kencur berkhasiat juga berkhasiat menghilangkan rasa lelah.
  • Membersihkan Darah Kotor
Untuk yang ini jujur saya juga baru tau, namun dari artikel yang saya baca, salah satu manfaat Kencur ialah untuk membersihkan darah kotor. Caranya mengonsumsinya sedikit berbeda untuk mendapatkan manfaatnya. Dari Halodoc, Kencur ini dicampur dengan dua butir Cengkeh Kering, Daun fistula cassia dan biji Adas yang semua bahan ini direbus dengan satu liter air. Setelah mendidih dan didinginkan lalu disaring. Hasilnya diminum dua kali sehari.

Namun selain dari kelima manfaat di atas, Kencur tentu saja punya banyak manfaat lain dalam mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti: Hipertensi, Rematik, Batuk, Pilek, Sakit Kepala, Sakit Gigi, Sakit Maag, Nyeri Dada dan Perut, hingga untuk mengurangi Radang Tumor.

Jadi, jangan takut untuk mengonsumsi Kencur dan menanamnya sendiri di halaman rumah, atau di dalam pot. Karena tanaman ini cukup mudah tumbuh, apalagi di tanah gembur dan basah. Daun muda juga enak sekali untuk lalapan.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Singgah