Saturday, 4 May 2019

Pengertian dan Manfaat Internet Exchange Point

Bayangkan bila kita dibawa mundur ke belakang dimana akses internet masih sangat sedikit dan lamban. Kemudian kita harus mengirim email yang tidak lebih dari 1 mb dan itu lambat sekali, tentu perasaan yang muncul adalah kesal dan gusar. Namun, kini hal semacam itu sudah tidak terjadi lagi. Hal ini dikarenakan sudah ada internet exchange point. Apa itu? IXP adalah fasilitas fisik yang memudahkan para penyedia jasa layanan internet di Indonesia untuk bertukar traffic dalam satu lingkup. Lalu apa manfaatnya? Berikut ulasannya.

Credit Images Pexels
Dulu para penyedia jasa layanan harus memutar traffic ke pihak ketiga yang ada di luar negeri. Hal ini dikarenakan belum memiliki IXP sendiri. Selain itu cara semacam itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dengan memiliki IXP sendiri, maka biaya ke luar negeri bisa ditekan, bahkan gratis. Selain dari biaya yang murah, kecepatan akses internet juga meningkat yang dampaknya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

Keuntungan lain dengan adanya internet exchange point adalah semakin singkatnya jarak rute jaringan. Dengan masuk dan bergabung di lingkup IXP maka para penyedia layanan internet akan bisa saling bertukar traffic yang nantinya dapat mempersingkat panjangnya jalur akses data. Sebagai dampaknya penyedia layanan internet juga punya kendali yang lebih terhadap routing dan mengelola sumber daya yang dipunyai lebih baik.


Manfaat lainnya adalah bandwidth yang jauh lebih besar. Dengan pemakaian aplikasi internet yang terus semakin menuntut kapasitas bandwidth lebih besar, IXP dapat mencukupi yang dibutuhkan oleh pengguna internet yang ingin menjalankan aplikasi-aplikasi internet yang menggunakan bandwidth cukup besar. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya video gaming, teleconference, streaming, video call, file sharing, dan banyak lainnya. Dengan besarnya kapasitas bandwidth yang diperlukan, maka dengan adanya IXP membuat performa jaringan internet akan lebih stabil dan baik.
Demikianlah ulasan mengenai pengertian dan manfaat dari internet exchange point. Jika teman-teman masih bingung mengenai hal tersebut maka bisa langsung mengunjungi Nex Datacenter. Disana kita akan dijelaskan dan juga bisa mendapat layanan IXP. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita ke depannya

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Singgah