Friday, 8 May 2020

Pahami Arti Valas dengan Mudah melalui digibank Transfer Valas

Dimana seseorang berada, kebutuhan takkan pernah terpisahkan dari kehidupannya. Barter tentu bukan jamannya lagi. Meski praktek barter di beberapa bidang misalnya hobby dan barang-barang tertentu terkadang masih terjadi. Maka diperlukan alat tukar.


Pertanyaanya, Bagaimana jika suatu hari kita harus ke negara lain untuk menjalankan bisnis atau tuntutan kerja spesial di luar negeri?
Kebutuhan akan mengikuti kemana seseorang pergi, hanya saja alat tukar dan pembayaran yang digunakan di negara tujuan tentu bukan rupiah lagi seperti selayaknya saat kita di rumah di tanah air. Alat tukar yang berlaku adalah berupa mata uang setemmpat. Valuta asing lebih mudah difahami dengan cara ini. Transfer valas adalah transfer lintas mata uang dengan kurs tertentu.

Jadi Valuta asing atau seringkali disebut dengan valas merupakan mata uang yang diakui, dipakai, dan diterima sebagai alat pembayaran dalam perdagangan lintas negara (internasional). Definisi lainnya valas adalah alat tukar atau konversi mata uang suatu negara dengan negara lain. Sedangkan transfer valas adalah pemindahan uang dengan nilai tertentu antar nasabah antar mata uang dengan nilai yang disepakati tersebut.

Berikut beberapa keperluan terhadap transfer valas atau transaksi berbasis kepada kebutuhan valas;

  • Sebagai alat transaksi pembayaran 
  • Untuk mempertahankan daya beli 
  • Dapat mengirimkan uang ke luar negeri 
  • Profit oriented, atau kegiatan berbasis mencari keuntungan 
  • Untuk perlindungan resiko (hedging) 
  • Untuk memudahkan belanja barang dan jasa 
  • Memudahkan kegiatan investasi lintas negara

Fungsi Valas

Valuta asing memiliki fungsi penting yaitu alat tukar lintas negara.

Valas adalah uang dengan nilai tertentu di negara tujuan. Maka jika bisnis kamu ada di luar negeri, semua nilai transaksi yang digunakan menggunakan mata uang setempat. Seluruh keperluan dan kebutuhan dipenuhi dengan valas.

Sebagai Alat Pembayaran Internasional

Belanja barang dan jasa di luar negeri diharuskan membayar. Maka alat pembayaran di negara tersebut selain di Indonesia menggunakan valas. Kebutuhan valas menjadi wajib adanya. Maka transaksi lintas akun lintas mata uang akan terjadi, salah satunya transfer valas ke luar negeri.

Sebagai Alat Untuk Memudahkan Perdagangan Internasional


Dengan adanya valuta asing perdangan internasional semakin mudah. Apalagi sekarang, dengan perkembangan teknologi berbasis aplikasi. Seluruh pelaku bisnis dapat dengan mudah transaksi perdagangan antar negara.

Siapakah Pengguna Valuta Asing?
Berikut adalah pengguna valuta asing yang menikmati penggunaan fasilitas transfer valas berbasis aplikasi sebagaimana Aplikasi digibank by DBS.
  • Pelaku eksport –import
Perusahaan praktisi perdagangan internasional tidak lepas dari valuta asing (valas). Dalam denyut kehidupan bisnis mereka,valas adalah darah segarnya. Kehidupan bisnis mereka sangat terpengaruh dengan dinamika nilai tukar valas. Dan sudah barang tentu, mereka menggunakan transfer valas sebagai cara melakukan transaksi.
  • Individu atau Perusahaan
Individu atau perusahaan merupakan institusi yang terlibat langsung dalam kegiatan baik kegiatan ekonomi maupun perdagangan. Mereka memerlukan valuta asing. Mereka berada di negara lain untuk suatu keperluan spesifik. Keseharian operasional mereka ditopang menggunakan alat tukar valuta asing. Aplikasi digibank by DBS yang menyediakan layanan transfer valas ke luar negeri cukup memainkan peranan penting dalam kegiatan lintas negara ini.
  • Arbitrator dan Spekulan
Arbitrator merupakan pihak ketiga dalam suatu perundingan yang dapat memberikan penekanan suatu kesepatakan dalam negosiasi untuk memperoleh keuntungan dengan menggunakan perbedaan harga. Sedangkan Spekulan merupakan orang yang menspekulasikan perubahan nilai mata uang tertentu untuk memperoleh keuntungan dari dinamika harga dan nilai tukar umum. Arbitrator dan spekulan memiliki independensi dan pola gerak sendiri. Namun mereka memerlukan aplikasi transfer valas.
  • Pialang
Pialang merupakan komponen transaksi yang menjadi penghubung dalam pertemuan penawaran (penjual) dan permintaan (pembeli) atas harga suatu mata uang tertentu. Seringkali pialang mempunyai akses untuk dapat berkomunikasi dengan dealer dan bank seluruh dunia.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik, dengan salah satunya memberikan fasilitas kemudahan transfer valas ke luar negeri melalui digibank transfer valas dengan sekali klik di Aplikasi digibank by DBS.

Terdapat 4 kemudahan yang didapat dari digibank transfer valas, yaitu:

Pertama, transfer valas bisa di akses 24/7 tanpa harus ke kantor cabang. Kalian bisa melakukan transaksi transfer valas ke luar negri secara online dengan digibank transfer valas melalui Aplikasi digibank by DBS.

Kedua, gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara dengan tujuh mata uang Australia (AUD), Singapura (SGD), Inggris (GBP), Negara-negara di Eurozone (Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan lain-lain) EUR, Hongkong (HKD), Kanada (CAD), dan Amerika Serikat (USD).

Ketiga, digibank transfer valas memiliki nilai tukar yang kompetitif sehingga transfer terasa lebih ringan.

Keempat, transaksi transfer valas ke luar negeri dapat sampai dihari yang sama apabila transaksi dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Sangat menarik bukan! Sekarang meski dirumah pun, tidak perlu khawatir untuk melakukan transaksi transfer valas. Karena transfer valas adalah layanan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja hanya dengan sekali tekan melalui Aplikasi digibank by DBS.
Segera download dan rasakan kemudahan serta keunggulannya hanya di digibank transfer valas. Selamat mencoba.

No comments:

Post a comment

Terima Kasih Sudah Singgah