Monday, 19 April 2021

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Melalui CekAja

Maraknya aplikasi pinjaman uang online saat ini membuat kita harus semakin cerdas dan waspada untuk bisa memilih pinjaman uang online maupun yang menawarkan pinjaman uang tanpa jaminan mana yang bisa dipercaya. Jangan dengan iming-iming pencairan dana yang mudah tapi setelahnya justru kita direpotkan dengan beragam aturan-aturan tidak tertulis yang merugikan kita ke depannya.

KTA
Foto: kompas

Ini pengalaman saya waktu tiba-tiba dapat pesan di Whatsapp ditagih hutang dari nomor orang yang tidak dikenal yang ternyata dari pinjol (pinjaman online). Isinya Kita diminta untuk mengingatkan nama seseorang untuk segera membayar hutang-hutangnya. Padahal kita sendiri tidak mengenal secara dekat orang tersebut, hanya karena nomor kita ada dalam kontak mereka. Jujur ini sangat mengkhawatirkan, mengapa masih ada saja orang yang meminjam uang dari pinjaman online namun tidak memperhatikan reputasi penyedia pinjaman.

Padahal di internet sudah banyak sekali artikel yang memuat informasi mengenai pinjaman online ini, salah satunya yang bisa menjadi referensi adalah CekAja, sebuah portal yang membantu dan bisa digunakan masyarakat untuk mendapatkan layanan beragam informasi dan perbandingan tentang produk financial yang aman.

Ada 3 syarat utama yang harus dilihat ketika kita ingin mengajukan pinjaman uang online;
Pertama, pastikan untuk memilih penyedia pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), kedua memiliki situs resmi dan kontak yang jelas dan mudah dihubungi, ketiga persyaratan yang diajukan mudah dan tetap masuk akal. Semua itu harus diperhatikan dengan bijak agar tidak terjebak dengan utang dan pinjaman uang.

Atau jika sedang mendesak atau ingin membutuhkan dana untuk modal usaha, atau lainnya, kita bisa memilih produk pinjaman uang melalui KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang ditawarkan pihak bank yang bisa diproses secara online bisa melalui CekAja. KTA adalah produk finansial pinjaman uang tunai yang bisa menjadi pilihan karena menawarkan persyaratan yang gampang tanpa jaminan dibandingkan produk pinjaman lainnya. KTA ada dua jenis, KTA reguler dan KTA Payroll.

Beberapa manfaat dari Kredit Tanpa Agunan:
- Prosedur pengajuan praktis dan gampang dibanding pinjaman lainnya.
- Kita bisa mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa perlu menyertakan agunan atau jaminan.
- Pencairan uangnya cepat dan kita bisa mendapatkan uang tunainya dalam waktu satu minggu saja.

Cara Pengajuan pinjaman tanpa jaminan (KTA) melalui CekAja:

Semua manfaat dan kemudahan itu bisa kita dapatkan dari KTA, asalkan memenuhi semua persyaratannya. Ada 3 syarat umum yang biasanya dibutuhkan saat pengajuan uang KTA; WNI, usia minimal 21 tahun – maksimal 55 tahun, dan calon nasabah harus memiliki penghasilan atau gaji tetap per bulannya minimal Rp2,5 juta.

Selain memenuhi semua syarat umum di atas, kitapun harus mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan untuk mengajukan pendaftaran kredit tanpa agunan, seperti fotokopi KTP, KK dan Surat Nikah (jika sudah berkeluarga), NPWP, cetak rekening tabungan 3 bulan terakhir, surat keterangan kerja, slip gaji asli, tagihan kartu kredit terakhir, materai dan Salinan-salinan lainnya, tergantung persyaratan yang diajukan dari masing-masing bank sebagai pihak penyedia pinjaman.

Jika semua syarat pengajuan KTA yang diperlukan sudah dilengkapi, selanjutnya pihak bank akan melakukan verifikasi terlebih dahulu, untuk menyeleksi dan mempertimbangkan sebelum melakukan approval kepada peminjam. Tentu saja hal ini harus dilakukan untuk menghindari kredit yang terlambat dibayar oleh si peminjam.

Iya, jangan sampai keterlambatan pembayaran atau pelunasan dari kredit ini menjadi masalah dan merepotkan semua orang. Untuk itu sebelum memutuskan untuk menggunakan KTA, kita harus memastikan terlebih dahulu tujuan finansial dari KTA itu untuk apa. Apakah hanya untuk senang-senang saja yang konsumtif, atau untuk dimanfaatkan sebagai modal usaha, biaya nikah, atau untuk perjalanan luar kota di dalam ataupun ke luar negeri misalnya. Nggak ada yang salah uang itu mau digunakan untuk apa saja, selama bisa bertanggung jawab untuk melunasi pinjaman KTA tepat waktu, menurut saya sih sah-sah saja.

Nah, biar perjalanannya aman dan nyaman, punya asuransi perjalanan itu juga penting. Sekarang ini banyak juga asuransi perjalanan yang bisa dipilih tergantung sesuai kebutuhan, biar nggak khawatir kalau tiba-tiba dalam perjalanan terjadi masalah. Tapi kalau mau tau lebih banyak apa itu KTA bisa cek aja di sini https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan

No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin