Saturday, 17 April 2021

Terhubung Masa Lalu dengan Smart Wake Up Light dari Bardi

Malam menjelang tidur, saya mendengarkan satu buah lagu dari soundtrack sebuah film drama dari negeri Ginseng sana, Satellite dari seorang penyanyi Saltnpaper, lagu ini punya lirik dengan melodi yang indah menurutku, yang menyebabkan kadang pikiran berlarian ke sana kemari, membawa banyak kenangan yang sulit dimengerti. Drama tersebut berjudul Chicago Typerwriter yang diproduksi tahun 2017 lalu. Bercerita tentang seorang penulis terkenal bernama Han Se Joo yang mengalami writer block yang disebabkan oleh tekanan berat dan mimpi-mimpi yang datang kepadanya karena terhubung dengan dirinya di masa lalu melalui sebuah mesin tik, alat atau mesin untuk mengetik pada jaman dulu, yang populer di abad 19 hingga 20-an. Di kepercayaan orang Korea sana itu disebut dengan reinkarnasi.

Smart Wake Up Light Bardi

Drama yang mengangkat tema fantasi romance ini agak sedikit berbeda dari tema-tema yang sering saya tonton sebelumnya. Beberapa hal yang saya suka karena drama ini bercerita tentang seorang penulis, yang sedikit banyak pekerjaan ini relate dengan profesi atau kegiatan saya sebagai seorang blogger, penulis blog. 

Dan saya sepertinya mengalami hal serupa, seperti apa yang dialami oleh Han Se Joo dalam drama Chicago Typewriter ini. Terhubung dengan masa lalu oleh sebuah alat dan mengalami writer block. Bedanya, Han Se Jo dengan mesin tik dari masa lalu, sedangkan saya terkenang masa lalu dengan smart wake up ligh dari Bardi, alarm pintar digital dengan teknologi kekinian. Disebut alarm pintar, karena alat ini dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan aplikasi di smartphone yang terhubung dengan internet wi-fi.

Mengapa terhubung dengan masa lalu? 

Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, orang-orang lebih banyak menggunakan handphone ataupun pc yang terhubung dengan internet untuk mendengarkan musik, bisa dari youtube, platform-platform penyedia layanan musik streaming seperti Spotify, Joox dan lainnya. Untuk bisa mendengarkan lagu tersebut bisa dengan cara gratisan ataupun berlangganan, tergantung kebutuhan. Beda sekali dengan jaman dulu, jaman saya masih remaja, mendengarkan musik hanya bisa melalui radio atau televisi dari siaran MTV. Radio yang menggunakan batu baterai, yang kalau baterainya habis, kudu dijemur dulu di bawah sinar matahari biar kinerjanya bagus lagi.

Smart Wake Up Light Bardi Always in Control

Sekarang? jaman sudah canggih. Di postingan saya beberapa bulan lalu, saya sempat mengulas produk Bardi Smart Home, Smart Light Bulb dan Smart IR Remote yang bisa dioperasikan dari smartphone. Nah, kali ini saya ingin membuat review singkat tentang alarm pintar, yang membuat saya bisa bernostalgia kembali ke masa lalu. Mendengarkan musik radio fm dari sebuah benda yang bentuk desainnya sangat futuristik banget dari Bardi juga.

Jadi, salah satu fitur yang paling saya suka dan pertama kali saya coba saat Smart Wake Up Light ini dinyalakan adalah fitur radio, yang alhamdulillah berfungsi dengan baik. Beberapa channel radio bisa langsung saya dengar, walau suaranya agak gemerisik karena antena radio yang berbentuk kabel kecil itu belum dipasang sempurna. 

Selama ini saya mendengarkan radio streaming dari internet atau dari fitur radio yang ada di smartphone. Tapi feelnya sangat beda ketika akhirnya saya bisa bisa mendengar radio dari benda yang terpisah dari gadget yang setiap hari saya pegang. Ada perasaan haru dan kenangan yang langsung melintas di benak. Apalagi saat saya menyalakan radio di malam hari yang hening, suara penyiarnya menjadi teman untuk saya bisa melanjutkan menulis draft postingan blog.
Ntah ini hanya perasaan sentimentil saya saja atau lainnya. Tapi sungguh, saya berterima kasih kepada Bardi karena telah menciptakan sebuah alarm pintar dengan tersemat radio di dalamnya.


Tentu, bukan hanya radio saja yang menarik dari Smart Wake Up Light ini, ada fitur-fitur lainnya yang menurut saya Smart Wake Up ini benar-benar fungsional banget. Karena fiturnya tetap bisa berfungsi seperti alarm pada umumnya, walau tanpa tersambung dengan smartphone dan internet.

Jadi, Bardi Smart Wake Up Light ini bisa untuk alarm, lampu tidur dan radio. Bunyi alarmnya bisa diatur dan disesuaikan, begitupun dengan lampu tidurnya. Bahkan bunyi radionya bisa menjadi alarm.

Fitur-Fitur Keren Bardi Smart Wake Up Light

Saat pertama kali unboxing, kita akan menemukan beberapa item dalam box Produk Bardi Smart Wake Up Light ini, di antaranya: 1 Lampu Bardi Smart Wake Up Light, 4 kaki penyangga, buku petunjuk dan adaptor beserta kabelnya.

Sebelum menyambungkan produk Bardi Smart Wake Up ke aplikasi smartphone, berbekal buku petunjuk saya mencoba semua tombol yang ada pada produk alarm pintar ini secara manual. Menurut saya cara mengoperasikannya itu sangat gampang. Kita tinggal mengatur saja semua fiturnya melalui menu yang ada, pilihannya juga sebenarnya tidak terlalu banyak walau ada 9 tombol yang awalnya mungkin sedikit agak membingunkan. Tapi setelah dipelajari ya, nggak sulit ternyata.



Dari sisi sebelah kiri, ada tombol sakelar lampu/cahaya dan tombol menyesuaikan kecerahan lampu. Lalu ada tombol untuk mengatur alarm 1 dan alarm 2. Di sini kita bisa memilih beberapa bunyi alarm yang menenangkan, bisa diatur menyesuaikan suasana, cahaya dan waktu alarm tentunya.

Agak naik sedikit ada satu tombol pengaturan volume yang mendampingi tombol sakelar snooze dan lampu malam. Tombol volume ini juga berfungsi untuk pilihan menu-menu dari tombol lain. Misal ingin memilih suara alarm 1, tinggal tekan tombol volume ini.
Turun sedikit ke sisi kanan, saya menemukan tombol untuk mode tidur, jika dihidupkan cahaya lampunya akan menyala diiringi dengan suara tertidur. 

Selain fitur radio yang disematkan dalam Smart Wake Up Light ini, fitur fungsi tertidur ini benar-benar sangat berguna banget buat saya. Karena selama ini saya susah tidur, insomnia parah. Untuk bisa tidur cepat biasanya saya membuat aroma terapi. Tapi sejak mengaktifkan suara tertidur dari Smart Wake Up Light yang suaranya menenangkan itu, alhamdulillah jadwal tidur saya pelan-pelan berubah menjadi lebih baik. Bisa bangun dan tidur layaknya manusia normal lainnya.

Selanjutnya ada tombol setting untuk mengatur waktu/jam, dan di sisi paling kanan tombol radio fm beserta volumenya. Semua tombol ini berfungsi dengan baik saat offline (tidak tersambung internetnya). 

Menghubungkan Smart Wake Up Light ke Smartphone

Untuk bisa menyambungkan perangkat alarm dan aplikasi smartphone tentu saja kita membutuhkan jaringan wi-fi yang sama dan download aplikasi Smart Life. Namun jika di rumah sudah ada beberapa perangkat dari Bardi, tinggal tambah device untuk smart wake up light nya saja pada aplikasi.
Dan pastikan pula sinyal internetnya stabil dan lancar. Karena jika internet wifi-nya lemot atau lambat, akan susah connect. Cara menyambungkannya pun mudah, ikuti petunjuk di buku panduan. Dan tinggal setting semua fitur yang ada melalui smartphone dan dioperasikan dengan menyesuaikan kebutuhan.

Yang membedakan saat perangkat tersambung wifi atau tidak adalah pada jumlah pilihan fitur yang ada. Misal untuk fitur alarm, pada saat offline, fungsi alarm hanya berfungsi 2 jadwal saja, namun saat device nya connect wifi, alarmnya bisa disetting untuk 4 jadwal. Begitupun untuk fitur lampu/cahaya jika offline tidak bisa berganti warna otomatis. Untuk bisa memanfaatkan dan semua fiturnya berfungsi dengan baik, memang lebih baik terhubung pada aplikasi smartphone. 

Fungsi aplikasi Smart Wake Up Light: 4 jam alarm, remote control, waktu jaringan otomatis, pengaturan alarm pintar - dapat mengatur mode alarm - durasi alarm dan hari kerja, pengaturan snooze pintar - dapat mengatur mode snooze dan durasi snooze, pengaturan waktu tidur praktis.

Smart Wake Up Light Bardi ini juga didukung untuk Amazon Alexa dan Google Home. Jadi bisa mengatifkan perangkat dan aplikasi dengan perintah suara. Canggih sih, futuristik banget.

Spesifikasi Smart Wake Up Light Bardi

Nama Produk                               : Lampu Bangun / Wake Up Light
Penyesuaian Kecerahan               : 20 tingkat
Warna Lampu                               : 7 tingkat
Penyesuaian Volume                    : 16 tingkat
Kecerahan Layar                          : 3 tingkat
Grup Alarm                                  : 4
Jenis Suara Alarm                        : 7 suara alami dan FM Radio
Waktu Simulasi Matahari Terbit  : Dapat disesuaikan 10-60 menit
Mode Alarm                                : Lampu dan suara; hanya suara; hanya lampu
Waktu Alarm                               : 30 menit
Waktu Snooze                             : 8-15 menit
Jumlah Waktu Snooze                : 5
Suara Tertidur                             : 3 suara alami dan FM Radio
Frekuensi                                    : 76.0 - 108MHz
Bahan                                         : ABS + PC + Silikon Tahan Cahaya
Suhu Operasional                       : 0*C - 40*C / 32*F - 104*F
Jenis Baterai                               : Sel Tombol CR2031
Tegangan Input                           : 100 - 240V
Output USB                                : 5V/2A

Produk Smart Wake Up Light ini bisa dibeli di e-commerce official store resmi Bardi, seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya. Harga berkisar kurang lebih Rp500ribuan.

Kelebihan dan Kekurangan Smart Wake Up Light Alarm Pintar Bardi

Kelebihan:
Satu produk bisa banyak fungsi yang bisa digunakan, alarm, radio dan lampu tidur, ada radio FM yang dilengkapi kabel antena, sound dan suara alarm nya menenangkan dan bisa dipilih disesuaikan suasana hati. Bentuknya lucu dan mudah dioperasikan.

Kekurangan:
Musti colok listrik, jadi kalau listrik padam, perangkatnya jadi ikutan mati. Jika perangkat alarmnya mati yang agak lama, harus disetting ulang.

Kesimpulannya, mempunyai Smart Wake Up Light ini sangat menyenangkan, sangat bermanfaat dan fungsional sekali. Jujur kualitas tidur saya jadi lebih baik sejak ada alarm pintar Bardi. Kalau teman-teman butuh suara-suara yang relaksasi untuk menemani waktu tidur, Smart Wake Up Light ini bisa jadi pilihan.

*Untuk video perubahan warna pada lampu Smart Wake Up Light, bisa dilihat dalam postingan twitter di bawah ini.

No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin