Thursday 29 February 2024

Buah Yang Punya Manfaat Antioksidan Untuk Wajah

Menjelang usia 40-an banyak banget permasalahan kulit yang saya alami, apalagi sekarang setelah melahirkan Noura, anak semata wayang kami saat ini. Rasanya semua terasa cepat sekali berubahnya, umur yang semakin menua, kulit yang tentu tak muda lagi. Kerut-kerutnya semakin bertambah, kering dan kusam terutama di wajah, dan ini mengganggu penampilan bikin nggak percaya diri lagi. Dan yang lebih parahnya lagi, sekarang kondisi kulit saya di beberapa bagian mengalami gatal-gatal dan menyebabkan eksim. Dan sepertinya saya kurang makan buah yang mengandung antioksidan tinggi dan yang punya manfaat antioksidan untuk wajah.

manfaat antioksidan untuk wajah


Sungguh, saya nggak tau mengapa ini bisa terjadi. Sedikit cerita, seminggu setelah saya melahirkan secara Caesar di tahun 2023 lalu. Kulit saya mengeluarkan bintik-bintik kecil dan itu gatal sekali di area perut. Dan itu menyebabkan saya tidak bisa maksimal memberikan ASI kepada Noura, karena saya akhirnya stress oleh rasa gatal yang digaruk-garuk terus.

Setelah dibawa ke dokter, dokter tak bisa menganalisa secara detail sebab dan akibatnya, karena jarang terjadi pada wanita setelah melahirkan, namun kemungkinan disebabkan oleh alergi yang saya alami (kaligata atau biduran) yang selama ini menjadi masalah dalam kondisi kesehatan saya. Gatal-gatal akibat alergi ini tidak setiap waktu muncul, hanya di saat tertentu saja, terutama ketika kondisi kesehatan saya sedang menurun, dan oleh cuaca yang sedang tidak baik, cuaca panas dan sumuk. Tapi kata dokternya, saya harus lebih banyak mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan, agar imun tubuh saya tetap terjaga dan punya manfaat antioksidan untuk wajah.

Dari masalah-masalah di atas, sebenarnya tubuh saya memang butuh antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan muncul gejala alergi seperti yang saya alami.

Apa Itu Antioksidan?

Antioksidan sendiri adalah zat alami yang berasal dari berbagai jenis bahan pangan ataupun buatan yang diproduksi oleh manusia (sintesis reaksi kimia). Zat antioksidan ini bisa mencegah, menghambat, memperlambat ataupun menunda beberapa jenis kerusakan pada sel-sel tubuh, akibat proses oksidasi oleh oksidan. Nah, oksidan sendiri adalah radikal bebas yang berbahaya yang ada di lingkungan, seperti polusi udara, sinar matahari dan lainnya. Oksidan juga diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Radikal bebas inilah yang menyebabkan kulit kulit wajah terlihat kusam, muncul flek, mudah keriput dan lainnya. Oleh karenanya kita butuh zat makanan yang punya manfaat antioksidan untuk wajah. Oleh karenanya kita butuh antioksidan untuk membantu merawat kondisi kulit dan kesehatan tubuh kita pada umumnya.

Manfaat Antioksidan Untuk Wajah


Untuk antioksidan salah satu manfaatnya adalah untuk memelihara perawatan kulit wajah, manfaat antioksidan untuk wajah dapat membantu memelihara elastisitas kulit dan kekuatannya, supaya kulit lebih tampak bersinar, kenyal dan terlihat lebih muda. Kulit sehat dan tampak lebih muda ini adalah idaman semua wanita di seluruh dunia. 

manfaat antioksidan untuk wajah


Disadur dari artikel yang saya baca di sebuah platform web kesehatan, antioksidan ini dapat membantu merawat kulit dari kerusakan akibat pengaruh dari sinar matahari dan polusi lingkungan di sekitar kita. Tidak seperti krim-krim pelembab yang mengklaim dapat menghaluskan kulit wajah dari luar, antioksidan justru bekerja merawat dan melindungi kulit dari dalam, untuk menjaga sel sel kulit tubuh dari kerusakan yang menyebabkan permasalahan kulit wajah dan penuaan dini yang banyak dialami oleh semua orang.

Beberapa manfaat antioksidan untuk wajah di antaranya adalah: meningkatkan produksi kolagen yang bertugas untuk memelihara elastisitas kulit, mengurangi garis halus dan kerutan yang muncul di wajah dari proses penuaan dini, menetralkan radikal bebas, mengurangi bintik bintik hitam, flek hitam yang muncul di wajah akibat dari paparan sinar matahari, mengurangi jerawat, menjaga kelembaban kulit, dan tentu saja, manfaat antioksidan untuk wajah yang mengandung vitamin C dapat mencerahkan kulit.

manfaat antioksidan untuk wajah


Selain itu, masih banyak lagi manfaat antioksidan untuk wajah.

Lalu, bahan pangan apa saja sih yang mengandung manfaat antioksidan untuk wajah?

Seperti yang saya sudah saya katakana di atas, antioksidan terbagi menjadi dua, antioksidan alami dan antioksidan buatan (sintesis kimia).

Manfaat antioksidan untuk wajah dari bahan alami antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, Polifenol, glutathione, dan asam ellagic. Antioksidan alami ini bisa kita dapatkan pada berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, maupun rempah-rempah tumbuhan yang ada di sekitar kita.

3 Buah Lokal Yang Punya Manfaat Antioksidan Untuk Wajah

Sebenarnya ada banyak jenis buah yang punya manfaat antioksidan untuk wajah, namun saya memilih 3 buah lokal ini yang sering saya konsumsi untuk menambah zat antioksidan di tubuh, karena buah-buahan ini mudah ditemukan dan harganya terjangkau. 

  • Jeruk

    Jeruk mudah sekali kita temukan di mana-mana, di penjual kaki lima maupun supermarket besar, dari yang murah sampai yang mahal. Tapi saya biasanya membeli jenis Jeruk Medan, karena rasanya yang tidak terlalu asam. Jeruk kaya akan vitamin C, jenis antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh kita agar tidak mudah sakit. Selain itu Jeruk yang tinggi vitamin C punya manfaat antioksidan untuk wajah nya bagus sekali.

    manfaat antioksidan untuk wajah

  • Pisang

    Pisang merupakan buah tropis dan mudah sekali ditemukan di negara kita. Dan banyak pula jenis pisang yang bisa dikonsumsi dan mengandung antioksidan tinggi. Pisang juga punya manfaat antioksidan untuk wajah.

  •  Nanas

    Nanas merupakan buah favorit saya, namun selama hamil ‘kemarin’ saya dilarang untuk sering-sering mengonsumsi buah nanas, karena katanya sedikit beresiko untuk janin di dalam kandungan. Buah nanas yang dipotong lalu ditambah madu merupakan obat alami yang saya gunakan untuk meredakan batuk. Vitamin yang ada pada buah Nanas juga tinggi manfaat antioksidan untuk wajah. 
Selain 3 jenis buah lokal yang mengandung manfaat antioksidan untuk wajah di atas, ada banyak lagi jenis-jenis buahan lainnya. Seperti Strawberry dan berry-berry yang lain, Alpukat, Mangga, Jambu, Tomat, Buah Naga, Semangka, Melon, Pir, Apel, Anggur dan lainnya.

Selain buah, tentu sayur-sayuran yang sering kita konsumsi sehari-hari di rumah juga banyak mengandung antioksidan.

Well, untuk menjaga daya tubuh agar tetap sehat dan fit, selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan kaya antioksidan, mengatur pola makan, istirahat yang cukup dan berolahraga sangat disarankan oleh dokter. Tentu yang paling utama dalam menjaga kesehatan kita adalah cara berpikir dan hati yang nyaman.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih - @melfeyadin