Tuesday, 29 October 2019

Perhatian! Gunakan Kartu Kredit dengan Limit Kecil sesuai Kebutuhan

Kartu kredit di zaman sekarang bukanlah barang langka, bahkan siapa saja bisa memilikinya. Apalagi kini banyak kartu kredit dengan limit kecil yang mudah dalam hal pengajuannya. Penggunaan alat pembayaran ini dinilai lebih praktis dibanding harus membawa uang tunai.

Tak hanya praktis, ada banyak sekali keuntungan menggunakan alat pembayaran elektronik ini. Seperti, aneka diskon yang diberikan pada pengguna credit card (CC) ini. Namun, tak semua CC ini menguntungkan ya, bisa jadi malah kau terjerat jika tak hati-hati menggunakan alat pembayaran ini.
Maka dari itu kamu harus bijak dalam menggunakan CC ini. Agar tak mudah tertarik melakukan pembelian yang sebetulnya tidak diperlukan. Ada baiknya pikirkan dengan baik, apa saja resiko yang ditimbulkan apabila kamu tidak pintar mengatur keuangan.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit dengan Limit Kecil sesuai Keperluan

Menggunakan alat pembayaran elektronik ini memang harus ekstra teliti. Alih-alih mendapatkan kemudahan, malah justru membuat kamu terbebani karena hutang. Yang mana hal tersebut tidak sesuai dengan jumlah penghasilan kamu.

Nah, Yuk simak cara menggunakan CC sesuai keperluan ya!
  1. Hindari terlalu banyak hutang.
    Tak dipungkiri alat pembayaran elektronik ini dinilai sangat praktis. Sehingga terkadang seseorang akan dengan leluasa menggunakan tanpa berpikir panjang. Fasilitas pinjaman semacam ini merupakan sebuah hutang yang mesti kamu bayar sesuai masa tagihan. Belum lagi masalah bunga di setiap transaksi yang kamu lakukan, atau annual fee yang mesti dibayar pertahunnya. Oleh karena itu, ada baiknya selalu gunakan fasilitas keuangan ini sesuai keperluan. Jika dapat dilakukan pembayaran tunai, usahakan menggunakan CC ini. Jangan sampai hutang lebih besar daripada penghasilan.
  2. Sesuaikan batas penggunaan dengan penghasilan.
    Poin kedua ini juga berpengaruh, karena memastikan batas pembayaran dengan pendapatan sangatlah penting. Misal saja kamu mempunyai penghasilan hingga 5-7 juta, maka pastikan batas CC kamu hanya 3 jutaan saja. Hal ini untuk mengantisipasi penggunaan CC secara berlebihan. Jika hal ini terjadi maka kamu sendiri yang akan kesulitan. Karena seluruh penghasilan kamu tak hanya harus buat bayar tagihan bukan?

  3. Hindari penggunaan dengan banyak kartu kredit.
    Nah, banyak orang yang memiliki CC lebih dari satu. Alasannya ialah penggunaan bisa dimaksimalkan. Namun, tahukah kamu jika idealnya satu orang hanya perlu 1 CC saja. Karena jika menggunakan terlalu banyak fasilitas keuangan ini malah akan menyulitkan kamu. Ada baiknya menutup CC kamu yang lain yang jarang digunakan. Dan hanya gunakan satu saja yang memberikan banyak keuntungan dalam bertransaksi.
  4. Pilih kartu kredit dengan suku bunga paling rendah.
    Setiap bank tentunya memiliki suku bunga yang berbeda. Pilih yang menawarkan bunga paling rendah, kaitannya dengan pembayaran pertahunnya. Selalu lakukan pelunasan pada setiap transaksi, termasuk biaya lain yang muncul di dalam fasilitas keuangan ini. Hindari tunggakan karena akan membuat skor kamu di mata bank menjadi buruk. 

Penggunaan CC ini sengaja difungsikan sebagai kemudahan dalam hal pembayaran. Sehingga nasabah akan merasa nyaman dan bebas ribet saat melakukan transaksi. Namun, sayangnya banyak orang yang kemudian terjerat sehingga tak peduli resiko yang ditimbulkan. Karena hutang tentunya akan terus menggunung seiring bertambahnya jumlah transaksi. 

Memastikan karakteristik diri saat memilih alat pembayaran merupakan langkah yang tepat. Sehingga kamu bisa mengatur segala cash flow keuangan agar tak terjebak kedalam hutang yang lebih dalam. 

Nah, bagaimana menurut kamu? Meski kartu kredit dengan limit kecil begitu menggiurkan, ada baiknya pelajari lebih lanjut ya pada website berikut https://www.cekaja.com/kartu-kredit/.

6 comments:

  1. Benar sekali Mbak, zaman sekarang kartu kredit memang sudah umum dan banyak digunakan oleh orang.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak Mbak tentang informasi mengenai cara menggunakan CC sesuai keperluan.

    ReplyDelete
  3. Benar sekali Mbak, kita memang harus menghindari terlalu banyak hutang.

    ReplyDelete
  4. Menggunakan kartu kredit memang praktis, tapi kita juga perlu menahan diri untuk tidak boros.

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka banget, pasti kalau memilih kartu kredit yang suku bunganya paling kecil hehe.

    ReplyDelete
  6. Benar sekali Mbak, dengan limit yang kecil kita jadi bisa sekalian berhemat.

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Singgah