Monday, 28 October 2019

Siliwangi Bolu Kukus, Oleh-oleh Baru dari Bumi Pasundan

Ngomongin traveling, liburan, kita tuh memang nggak bisa lepas ya dari yang namanya oleh-oleh khas. Coba deh, kalau misal ke berkunjung ke suatu daerah yang ramai sekali tempat wisatanya. Atau saat kita berkunjung ke rumah saudara yang lain daerah. Pasti ada saja yang bertanya, "oleh-olehnya, mana?" Seperti saat saya ke Palembang akhir tahun lalu, yang ditanya duluan adalah, mana Pempeknya, atau saat ke Padang di bulan April lalu, Nasi Padangnya mana? ke Jogja, selain Bakpia suka ditanyain juga, Gudeg Jogjanya, mana? Belum lagi bila traveling ke tempat lain. Seperti di Bogor, tempat tinggal saya saat ini. Bila sedang mudik ke Lampung, yang ditunggu-tunggu ialah oleh oleh-oleh Talasnya, mana.


Apalagi di Bogor ini, kota yang terkenal dengan angkot dan hujannya, banyak sekali yang bisa kita temukan, tak sekedar wisata alamnya saja. Di setiap sudut nya kita juga akan mudah menemukan tempat rekreasi maupun wisata kuliner yang saat ini kian menjamur.
Apa yang diingat dan terkenal jika kita menyebut kata kuliner Bogor? Pasti teringat dengan Asinan, Soto Mie dan Talasnya, kan? Tapi, ternyata nggak hanya itu saja lho yang kuliner ataupun oleh-oleh yang bisa kita temukan di Bogor. Karena untuk menambah warna dari beragam oleh-oleh yang sudah ada di Bogor, CV. Boga Karya Siliwangi yang fokus memproduksi oleh-oleh Bolu khas ini membuka gerai pertamanya di Tanah Pasundan, tepatnya Kota Bogor, yang diberi nama Siliwangi Bolu Kukus.


Siliwangi Bolu Kukus atau yang disingkat dengan SBK ini merupakan toko oleh-oleh pertama yang fokus memproduksi Bolu Kukus. Tapi mengapa Bolu, ya? Konon, Bolu merupakan penganan/cemilan yang sangat mudah dibuat dengan berbahan dasar tepung dan telur. Bolu sendiri berasal dari Bahasa Portugis dari kata Bolo yang artinya sama dengan Cake. Namun tak semua orang mau turun ke dapur dan membuat Bolu lalu dijadikan buah tangan untuk diberikan kepada tamu atau untuk menemani obrolan hangat bersama keluarga yang ditemani secangkir teh atau kopi.

Nah, Jumat, 25 Oktober 2019 yang lalu, tokoh oleh-oleh Siliwangi Bolu Kukus ini melakukan Grand Opening dengan mengadakan promo untuk pelanggan sebagai perkenalan di hari pertama gerai dibuak, dengan promo buy 1 get 1 dengan harga Rp. 25 ribu saja. Gerainya sendiri ada di dalam area Stasiun Bogor. Posisi tepatnya ada di bawah tangga penyeberangan (JPO) jika hendak masuk ke dalam stasiun. Posisi ini tentu saja memudahkan orang-orang yang ingin membeli buah tangan, jadi buat yang mau dan dari Bogor, bisa membeli oleh-olehnya di stasiun saja, tanpa harus berjalan jauh atau keliling kota Bogor.


Siliwangi Bolu Kukus sendiri melalui proses memasak yang sangat higienis dan terjaga rasanya. Dengan tagline 'lebih wangi, lebih berasa, lebih istimewa' menurut saya sangat tepat untuk menjadi pilihan oleh-oleh dari Tanah Pasundan. 

Jadi hari itu, setelah gerai dibuka pertama kali pada pukul 06 pagi, pengunjung langsung menyerbu antrian untuk mendapatkan promo gratis 1 boks Siliwangi Bolu Kukus, dengan 8 pilihan varian rasa yang unik dengan nama-nama yang merepresentasikan kearifan lokal, budaya dari Tanah Pasundan. Apalagi dengan memilih nama Siliwangi. Salah satu nama raja terkenal yang pernah memerintah kerajaan yang pernah berjaya di Jawa Barat.

Review Rasa Siliwangi Bolu Kukus

Nama-nama yang dipilih atau bahan yang digunakan untuk pembuatan Siliwangi Bolu Kukus ini juga menggunakan bahan pangan lokal yang menjadi ciri khas dari daerah di Jawa Barat. Dan ini menurut saya jadi kekaguman tersendiri untuk Siliwangi Bolu Kukus yang fokus mengenalkan kembali kekayaan yang dipunya oleh Jabar. Nggak hanya itu saja pemilihan nama Siliwangi pun bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang sejarah besar tentang Prabu Siliwangi. Logo yang digunakan pun menggambarkan dari hewan Macan Putih yang menjadi ajian kesaktian dari Prabu Siliwangi yang mempunya nama atau gelar asli Sri Baduga Maharaja.

Baik, satu persatu akan saya kenalkan 8 varian rasa Siliwangi Bolu Kukus.

  1. Siliwangi Bolu Kukus Susu Lembang
    Siapa yang nggak kenal dengan susu Lembang yang menjadi tempat tujuan wisata di sana? Farm house susu Lembang? Bahkan Lembang punya produknya sendiri Bolu Susu Lembang (yang ternyata masih satu management dengan Siliwangi Bolu Kukus). Jika ke Lembang, pasti kita nggak lupa untuk mencoba susu nya di sana, kan? Kesegaran dan gurihnya susu Lembang bisa kita rasain di Siliwangi Bolu Kukus ini. Dan rasanya benaran lezat, karena saya suka susu, varian ini termasuk yang paling saya suka.

  2. Siliwangi Bolu Kukus Stroberi Ciwidey
    Ciwidey juga punya banyak tempat wisata, udara yang sejuk dan banyak sekali petani yang mengembangkan buah Stroberi. Rasa Siliwangi Bolu Kukus Stroberi Ciwidey ini sungguh unik, karena sedikit ada rasa krenyes-krenyes dari buah selasih yang diibaratkan dari biji Stroberi. Enak, tapi saya kurang suka.

  3. Siliwangi Bolu Kukus Kopi Bogor
    Hmm, Bogor cukup terkenal dengan Kopi nya, saat ini banyak sekali petani Kopi di Bogor. Bahkan Bogor punya festival kopi juga lho. Jadi nggak salah, jika kopi menjadi pilihan rasa untuk produk Siliwangi Bolu Kukus. Tapi untuk rasanya, dibanding dengan produk serupa yang punya rasa yang sama (kopi). Siliwangi Bolu Kukus Kopi Bogor ini kurang 'nendang' di lidah. Kopinya masih hanya sebatas aroma bukan rasa.

  4. Siliwangi Bolu Kukus Ubi Cilembu
    Nah ini, saya acungkan jempol untuk pilihan rasa Siliwangi Bolu Kukus Ubi Cilembu. Sebelum mencoba llangsung saat menghadiri grand launching gerai Siliwangi Bolu Kukus, saya sarapan dengan Ubi Cilembu yang saya beli di sebuah supermarket. Rasanya yang manis dan lembut selalu membuat lidah saya nggak mau berhenti untuk menikmati Ubi Cilembu. Dan saat mencoba Siliwangi Bolu Kukus Ubi Cilembu, saya pastikan kalau bahan dasarnya justru Ubi Cilembu. Karena rasanya benar-benar mirip dengan Ubi Cilembu tanpa ditambah apa-apa. So, setelah Susu Lembang, saya favoritkan Siliwangi Bolu Kukus dari rasa Ubi Cilembu. I like it!

  5. Siliwangi Bolu Kukus Ketan Kelapa
    Saya nggak tau, rasa Siliwangi Bolu Kukus Ketan Kelapa ini mengangkat daerah mana? Namun setelah saya googling, kemungkinan ini menggambarkan rasa dari Wajit Cililin khas dari Bandung yang dibungkus pakai daun Jagung. Rasanya enak, unik dan manis, sedikit berbeda dengan rasa lain, karena yang ini nggak begitu melekat di lidah.

  6. Siliwangi Bolu Kukus Alpukat Mentega
    Ok. Jika ditanya, rasa apalagi yang saya suka, saya akan jawab dengan cepat, Siliwangi Bolu Kukus Alpukat Mentega. Ini serasa makan Alpukat Mentega masak yang segar. Rasa di bolu nya itu bikin saya ingin menambahkan es batu agar menjadi seperti sedang makan Alpukat kocok yang lumer di mulut. Sungguh, saya nggak tau bagaimana cara membuat Siliwangi Bolu Kukus Alpukat Mentega ini. Karena rasanya yang ingin terus nambah.

  7. Siliwangi Bolu Kukus Brownies Coklat
    Rasa yang mungkin akan saya bilang standar. Brownies Coklat kesukaan semua orang. Nggak ada yang istimewa untuk rasa ini. Tapi lembutnya bolu kukus rasa coklat ini sangat bisa dinikmati oleh semua orang.


  8. Siliwangi Bolu Kukus Talas Bogor
    Yang terakhir Talas Bogor. Mungkin teman-teman pembaca sudah terbiasa dengan rasa yang ini. Karena saat ini pun sudah menjamur sekali toko oleh-oleh Bolu Talas. Namun, tentu saja ada keistimewaan tersendiri yang ditawarkan oleh Siliwangi Bolu Kukus untuk pilihan rasa Talas Bogor. Jika bolu yang lain dipanggang, di SBK prosesnya dikukus. Sehingga aroma dan rasanya pun jadi terasa berbeda.

Nah, buat teman-teman yang penasaran bagaimana rasanya Siliwangi Bolu Kukus ini seperti apa, silahkan datang saja ke:

Store Siliwangi Bolu Kukus - Stasiun Bogor
Jl. Mayor Oking, Cibogor, Kota Bogor
(dekat tangga penyeberangan)

Buka setiap hari Senin-Minggu, pukul 06.00 - 22.00 (atau sampai produk habis).

Untuk pertanyaan dan informasi pemesanan, teman-teman bisa menghubungi nomor pelanggan Siliwangi Bolu Kukus di sini: 0811 825 0044. Siliwangi Bolu Kukus punya layanan Gratis Ongkir untuk pengiriman di 6 Kecamatan Kota Bogor dan 9 kecamatan di Kabupaten Bogor. Tepatnya di mana, silahkan menghubungi nomor di atas atau tanyakan langsung melalui sosial media di akun officialnya.

https://siliwangibolukukus.id
Instagram/Line/Youtube : @siliwangibolukukus
Twitter: SBK_siliwangi

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Singgah