Wednesday 23 March 2022

Cara Mudah Menabung Untuk Wujudkan Impian Masa Depan

Kendala utama menjadi seorang freelancer atau bisa juga disebut pekerja serabutan online seperti saya adalah soal mengatur keuangan yang pemasukannya tidak menentu. Jika job sedang ramai itu berarti pemasukan pun banyak, jika job sedang sepi secara otomatis pemasukan pun menjadi berkurang dan akan mengandalkan tabungan yang ada.

Padahal banyak sekali mimpi-mimpi yang belum terpenuhi. Mimpi punya rumah dan usaha sendiri, nabung buat nikahan, mimpi umroh dan pergi haji, ganti gadget, dan yaah banyak banget, seperti kata Nobita, "ingin ini ingin itu banyak sekali".

review aplikasi blu
blu by BCA Digital

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa saya nggak cari pekerjaan yang dapat uangnya sudah pasti, yang gajinya bulanan, biar nggak pusing memikirkan keluar masuk uang yang ada. Ada banyak alasan, salah satu yang menyenangkan menjadi freelancer itu adalah waktunya yang fleksible, saya jadi punya banyak waktu untuk bisa bertemu orang tua dan bisa bekerja dari rumah saja.

Oleh karena itu saya harus pintar-pintar dalam mengatur uang untuk dibagi-bagi, untuk biaya hidup sehari-hari, untuk menabung dan biaya-biaya yang lain ke depannya, sembari mencari pemasukan dari sumber yang lain.

Dan beruntung sekali sekarang ini banyak orang-orang yang paham perihal financial planner yang mau membagi ilmunya kepada orang lain. Sehingga ilmu-ilmu  tersebut dapat dipraktekkan secara langsung dengan menyesuaikan kondisi dan kemampuan keuangan masing-masing seperti freelancer seperti saya.

Hal utama yang penting dilakukan oleh semua orang, baik itu freelancer ataupun yang punya gaji bulanan adalah menabung. Sebanyak-banyak uang yang kita punya jika pengaturan keuangannya berantakan akan habis secara percuma, apalagi jika kita termasuk orang yang suka menghambur-hamburkan untuk keperluan yang tak begitu penting.

Nabung Jadi Hobi Bukan Kebiasaan

Setiap orang punya caranya sendiri dalam menabung, apalagi di jaman teknologi digital dan kekinian seperti sekarang, banyak sekali jenis-jenis tabungan yang bisa dipilih, ada yang ditabung di bank saja, ada yang diinvestasikan dalam bentuk emas dan properti, ada yang dalam bentuk saham, dan lain sebagainya, tergantung kemampuan financial masing-masing.

Saya pribadi, mencari jenis tabungan yang mudah diakses dan nggak ribet, terinspirasi mengikuti edukasi dan financial goals dari nonton bluMusical persembahan blu by BCA Digital tahun lalu. Saya pun akhirnya men-download aplikasi blu by BCA Digital dan langsung mempelajarinya.

Buat mengingatkan saja, jika ada yang belum sempat membaca postingan saya tentang review aplikasi blu mengenai kelebihan dan fitur-fitur yang ada. Saya akan jelaskan lagi sedikit di sini, ya.

fitur bluRewards
Tabungan online blu

Aplikasi blu by BCA Digital ini merupakan inovasi teknologi dari BCA yang bisa diakses oleh siapapun dan dimana saja buat yang sudah memiliki akun blu. Tabungan online by BCA Digital ini platform perbankan yang berbeda dengan bank konvensional, karena bank digital yang ini nggak punya kantor cabang. Semua urusan transaksi perbankan dilakukan melalui aplikasi.

Jika kita ingin membuka rekening blu, kita hanya perlu men-download dan registasi melalui aplikasi blu By BCA Digital dengan menyertakan data dan dokumen pribadi sebagai syarat untuk membuka tabungan digital ini. Cara membuatnya gampang, siapkan saja data yang diperlukan dan ikuti semua step-step maupun petunjuk yang tertera di aplikasi.
Fyi, kita nggak perlu setoran awal untuk punya rekening di blu account.

Lalu bagaimana jika suatu hari ada masalah dengan tabungan maupun dengan akun blu yang kita punya? Nggak usah khawatir, karena kita bisa menghubungi haloblu, layanan satisfying yang selalu ada buat menjawab semua masalah yang terjadi. Bisa dengan telpon, melalui social media (whatsapp, twitter) atau dengan email.

blu by BCA Digital

Seperti yang saya bilang di atas, menabung di blu by BCA Digital ini mudah dan nggak ribet, karena kita bisa punya banyak tabungan hanya dalam satu rekening saja. Well, jadi kita nggak perlu lagi punya banyak rekening akun bank lain untuk menabung dan mengatur keuangan yang ada.

Dengan fitur bluSaving kita bisa membuat 10 tabungan di dalam bluAccount, dan masing-masing tabungan bisa kita atur sendiri sesuai budget, tujuan dan durasi waktu kita menabung.Yang menarik suku bunganya kompetitif, terus agar bisa cepat merealisasikan tujuan kita menabung, kita bisa gunakan fitur auto debit, dengan begini kita bisa menabung tepat waktu.

aplikasi blu by BCA Digital

Dan lagi ada fitur yang namanya bluGether, ini tuh fitur yang cocok banget buat yang lagi punya rencana nabung buat nikah, buat tabungan liburan bareng sama sahabat-sahabat, atau lagi patungan buat beli suatu barang bareng keluarga dan lainnya. Intinya, bluGether ini tuh semacam akun bendahara yang semua member dan creatornya nya bisa memonitor isi saldo dan mutasi di rekening bersama-sama. Yang penting semua membernya harus punya bluAccount dulu.

Atau jika kita ingin menabung dalam bentuk deposito juga bisa. Karena ada produk deposito berjangka di blu by BCA Digital yang bisa dibuka dengan mudah dan praktis banget. Dengan minimal saldo Rp1.000.000 saja kita sudah bisa buka deposito. Suku bunganya juga kompetitif, bisa tarik dana sebelum jatuh tempo (tidak dengan bunga), bisa pilih tenor dan nama depositonya sendiri.

Asik banget, kan fitur-fitur di aplikasi blu by BCA Digital ini cocok banget buat anak muda yang nggak pengen ribet dalam urusan tabungan. Kalau mau baca sendiri review aplikasi blu bisa langsung baca di link ini. Terus ada yang lebih asik lagi nih, blu by BCA Digital ini juga punya program dari fitur bluRewards.

Fitur bluRewards, apa lagi itu?

Rasanya informasi ini perlu diberi tahu dan digaris bawahi lebih awal, bahwa fitur bluRewards bikin semua transaksi jadi lebih hemat dan nggak repot. Terutama buat nasabah blu.

Mengapa?

Biasanya kita suka nggak rela kalau harus membayar biaya admin atau biaya transfer yang lumayan jumlahnya bila ingin melakukan transfer ke antar bank dan top up e-money, apalagi jika dilakukan berkali-kali. Dengan fitur bluRewards ini, nasabah blu bebas bertransaksi tanpa biaya.  Karena pakai aplikasi blu juga bebas biaya admin.

Kita bisa memanfaatkan 20X kesempatan bebas biaya transfer ke bank lain buat yang mau transfer ke bank lain setiap bulannya. Kita jadi lebih hemat karena beban biaya transfer yang nggak terpakai ini bisa ditabung lagi. Fyi, selain bebas biaya transfer ke bank lain kita juga bisa bebas transfer dari dan ke BCA juga tanpa biaya dan tanpa batas.

Terus buat yang suka jajan makanan atau lainnya pakai Gopay atau Ovo juga bisa memanfaatkan fitur bluRewards ini juga. Karena ada ada 5X bebas biaya top up Gopay maupun Ovo setiap bulannya. Namun khusus untuk Ovo bebas biaya nya ini dalam bentuk cashback. Ada pula 2X cashback QRIS 50%, maksimal Rp5 ribu/transaksi. Seru, kan? Fitur bluRewards bikin untung banget.

bebas biaya transfer ke bank lain

Buat nasabah baru yang baru saja membuka rekening di aplikasi blu by BCA Digital akan otomatis mendapatkan fitur bluRewards di bulan pertama pembukaan rekening dan bulan berikutnya tanpa persyaratan saldo rata-rata.

Sedangkan untuk nasabah atau sobatblu (sebutan untuk pengguna blu) dengan rekening aktif di atas 2  bulan juga otomatis mendapatkan fitur bluRewards ini dengan saldo rata-rata portfolio lebih besar atau minimal Rp1.000.000 di bulan sebelumnya.

Banyak banget kan keuntungan dan kelebihan punya akun di blu by BCA Digital, semua fiturnya menyenangkan, dari bluAccount, bluGether, bluSaving, bluDeposit, hingga fitur bluRewards. Proses cara registrasi dan menggunakannya simple dan mudah dalam membantu semua orang dalam membuat tujuan dan perencanaan keuangan.

Kalau mau cobain semua fitur-fiturnya, bisa langsung download aplikasi blu untuk iOS dan aplikasi blu untuk Android.
Kamu juga bisa pakai kode referral blu dari saya 'MELIY8W06' yang ini jika ingin tau banyak tentang blu dan mendapatkan bonus referral sebesar Rp25ribu - untuk pemberi dan pengguna, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku tentunya. 

Menabung dan mewujudkan impian jadi lebih mudah untuk anak muda dengan blu by BCA Digital. Karena aplikasi blu itu brand yang baik, sangat mensupport hobi anak muda terutama tren sekarang yang begitu beragam.

review aplikasi blu

 

18 comments:

  1. Menaabung itu penting banget apalagi untuk anak muda yang masih punya banyak mimpi, nih. Selain itu, sekarang gak ribet lagi karena ada blu yang mempunyai banyak fitur dan mudah, pengaplikasiannya pun gak ribet. Terima kasih reviewnya.

    ReplyDelete
  2. Senang banget caranya sekarang menabung sangat gampang sekali. Hanya masalahnya dengan banyak akun itu apakah ngga makin pusing untuk masing-masing penggunaannya. Jika dijelaskan lebih rinci untuk blueGether itu apakah sama dengan joint account? Jika demikian bagaimana yach jika terjadi dispute karena di aplikasi ngga ada dokumentasi yang clear dan clean. Nanti bisa ribut.

    ReplyDelete
  3. Solusi solutif banget nih. Kebetulan Bun beberapa waktu lalu TF ke teman yang pakai blu BCA juga dan sekarang dapat insight baru nih

    ReplyDelete
  4. Iya blu by BCA ini membantu kita buat mengelola keuangan ya mbak
    KLO saya buat pos pos pengeluaran rumah tangga di blu ini

    ReplyDelete
  5. aplikasi blu emang banyak fiturnya ya, saya juga suka fitur aplikasi blu yang bisa ngepos-pos-in keuangan. nabung jadi lebih jelas. gak nabung di glass jar bekas bumbu atau selai kacang lagi, hehehe

    ReplyDelete
  6. #tosss

    sayapun butuh tabungan khusus, karena kalo dijadiin satu dengan BCA konvensional uangnya bakal ngalir keluar terus :D

    dan blu by BCA Digital jawabannya.

    ReplyDelete
  7. Semoga banyak impian terwujud dengan blu sebagaimana saya menabung buat anak anak di sini untuk masa depan mereka

    ReplyDelete
  8. Penting nih menabung buat masa depan ya Mbak, walau hanya sebagai freelancer ya… Aku pun ikut penasaran sama Blu by BCA ini, siapa tau bisa digunakan buat tabunganku jangka panjang ya Mbak

    ReplyDelete
  9. Inovasi yang dikeluarkan oleh Bank BCA dengan adanya Blu BCA ini ngebantu sekali ya mba biar makin banyak juga yang bisa maksimalkan dana yang ada untuk ditabung untuk masa depan

    ReplyDelete
  10. Fiturnya ada yang daku suka nih si Blu Saving.
    Biar urusan menabung jadi lebih membahagiakan.

    ReplyDelete
  11. Jadi pengen buka BLU, tapi udah kebanyakan rekening. Bisa nanti nih infoin ke keluarga yang belum punya BCA juga.

    ReplyDelete
  12. Seneng banget sekarang ada platform buat pembayaran dan juga menabung yg praktis dan mudah banget. Terimakasih reviewnya ya kak 🥰

    ReplyDelete
  13. Membiasakan menabung lebih mudah kalau dilakukan sejak kecil. Tetep semangat nabung ya. Semoga terwujud semua tujuan keuangannya ^^

    ReplyDelete
  14. Mantaf nih Blu BCA bisa buat bayar-bayar ya? Suka males keluar dan antri di bank

    ReplyDelete
  15. menabung di blu memang banyak untungnya, bungannya lebih tinggi dari tabungan konvensional. Apalagi ada bluRewards juga jadi meringankan beban biaya admin dll yaa

    ReplyDelete
  16. Wah semakin banyak ya aplikasi keuangan seperti Blu ini jadinya lebih mudah untuk atur keuangan dan transaksi online ya

    ReplyDelete

Terima Kasih - @melfeyadin