Saturday, 8 February 2020

Bagaimana Cara Merencanakan Liburan Akhir Tahun di Luar Negeri

Negara lain seolah memiliki pesona tersendiri. Ini disebabkan karena sifat manusia yang selalu ingin melihat tempat baru dan lebih menyenangkan. Namun, sebelum berlibur akan lebih pas jika wisatawan merencanakan biaya liburan akhir tahun di luar negeri, sesuai dengan karakter negara tujuan. Berikut adalah rincian kebutuhan dan tips perencanaan biayanya.

 

Hal Yang Masuk Dalam Perencanaan Biaya Liburan Akhir Tahun di Luar Negeri

Pergi ke luar negeri bisa jadi satu agenda yang diimpikan banyak orang bertahun-tahun lamanya. Untuk mendapat perjalanan yang menyenangkan, perlu dilakukan perencanaan biaya liburan akhir tahun di luar negeri. Terutama bagi yang berpendapatan pas-pas an. Berikut adalah ulasannya.
  1. Tiket Pesawat

    Poin ini bisa jadi yang terpenting, sebab tanpa tiket pesawat, tidak akan terjadi perjalanan ke negara yang jauh. Naik kapal juga bukan merupakan pilihan yang tepat sebab waktu tempuh lebih lama dan biaya tentu bisa jadi membengkak. Banyak aplikasi yang menawarkan daftar harga tiket lengkap dengan promonya. Semakin sering memantau harga tiket, maka akan semakin besar kemungkinan wisatawan mendapatkan keuntungan berupa potongan harga. Pantau harga tiket dan perhitungkan rentang harganya. Tabunglah dana untuk tiket setiap kali menerima gaji. Sebelum menggunakannya untuk berfoya-foya, masukkan uang ke dompet atau rekening khusus agar aman.

  2. Hotel

    Biaya hotel bisa bergantung dari berapa lama akan menginap dan jenis hotel yang dipilih. Mulai dari hotel bintang 3 hingga 5, kini bisa diakses biaya permalamnya melalui website. Perhatikan pilihan hotel dan hitung perencanaan biayanya dengan baik. Jangan idealis dan memilih untuk mengedepankan gengsi. Yang terpenting dalam memilih hotel adalah keamanan dan kenyamanan. Cari tahu bagaimana keadaan sekitar hotel agar tidak salah pilih.

  3. Harga Makanan

    Selanjutnya, yang termasuk penting dalam perencanaan biaya adalah harga makanan. Ini mungkin agak lebih susah untuk diprediksi sebab tidak semua restoran memajang harga di websitenya. Namun, setidaknya riset melalui teman atau review wisatawan lain bisa membantu. Terlebih lagi jika wisatawan beragama islam. Makanan yang dikonsumsi harus halal. Maka mulailah mencari daftar restoran halal atau vegan yang ada di negara tujuan.
     
  4. Oleh-Oleh

    Tak mungkin pergi ke luar negeri dan pulang dengan tangan hampa. Jangan sampai pulang hanya membawa baju kotor saja. Belilah beberapa oleh-oleh yang sesuai dengan kebutuhan atau memang merupakan ciri khas negara tersebut. Ingatlah bahwa ada biaya bagasi untuk barang tambahan diluar koper. Maka, usahakan berat koper tidak berlebih dan kendalikan keinginan berbelanja. Pastikan hanya membeli barang-barang yang diperlukan dan oleh-oleh yang sesuai jumlah yang direncanakan. 

Tips Merencanakan Biaya Liburan Akhir Tahun Di Luar Negeri

Ternyata pergi keluar negeri butuh persiapan yang matang. Setelah mengetahui hal penting yang perlu dimasukkan dalam perencanaan biaya liburan akhir tahun ke luar negeri, maka berikut adalah tips untuk mempersiapkannya.

  • Persiapkan Dari Jauh Hari
    Menyiapkan dana untuk berlibur perlu dilakukan sejak jauh hari. Mulailah menabung dari awal tahun jika diperlukan. Sisihkan sebagian uang gaji yang biasa digunakan untuk pergi nongkrong atau kegiatan tersier lain. Simpan uang tersebut di tempat khusus agar tidak terpakai. Meski menabung sedikit, yang penting dilakukan terus menerus. Kesungguhan ini kelak akan menjadi kebiasaan yang mungkin akan dapat membawa ke petualangan yang lebih jauh lagi.

  • Bandingkan Harga Tiket Dan Penginapan
    Di Berbagai Aplikasi/ Website Terkait tiket pesawat dan hotel, wisatawan bisa membandingkan harga dari beberapa web. Jika perlu cek website tiket tersebut setiap hari. Kadang promo menggiurkan atau voucher potongan harga bisa terjadi tiba-tiba. Rajin mengecek bisa membawa wisatawan ke harga tiket dan hotel terbaik. Selain itu, sering melihat website tersebut bisa menjadi stimulasi pada psikis wisatawan. Ia akan semakin ingin pergi dan ingat untuk selalu menyisihkan uang demi biaya liburan akhir tahun di luar negeri.

  • Pantau Perkiraan
    Cuaca Negara Tujuan Beberapa Minggu Sebelum Berangkat Cuaca juga ternyata sangat penting untuk diperhatikan. Indonesia yang memiliki iklim tropis saja membutuhkan setidaknya pakaian hangat dan sejuk untuk dua musim. Apalagi jika negara tujuan adalah negara 4 musim yang punya perbedaan suhu signifikan dengan Indonesia. Pantau perkiraan cuaca di negara tersebut sebelum berangkat. Jika perlu, cari review mengenai cuaca pada akhir tahun di negara tersebut pada tahun sebelumnya. Tujuannya tentu agar fisik lebih siap dan pakaian yang dibawa sesuai dengan keadaan tujuan. 

Tips-tips di atas sangat berguna untuk diterapkan, terlebih bagi wisatawan pemula. Pergi ke luar negeri untuk pertama kali pasti membingungkan. Untuk mengetahui negara mana saja yang masuk favorit wisatawan di akhir tahun, buka link berikut ini https://www.cekaja.com/info/10-destinasi-liburan-akhir-tahun-terpopuler-2019-lets-go/.

Setelah membaca artikel tersebut, mungkin akan ditemukan gambaran beberapa pilihan tempat yang sesuai dengan biaya liburan akhir tahun di luar negeri, yang juga sesuai dengan destinasi favorit wisatawan.

1 comment:

Terima Kasih Sudah Singgah