Thursday, 6 February 2020

Berikut Jenis Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat Dan Cara Mengatasi Gejalanya

Saat ini asam urat tidak cuma menyerang kalangan manula saja. Sebagian orang yang masih muda pun banyak yang sudah mengalami gejala penyakit tersebut. Asam urat sebetulnya bisa dicegah dengan melakukan diet yaitu mengkonsumsi makanan sehat. Di bawah ini akan dibahas tentang makanan sehat untuk penderita asam urat yang bisa dicoba.

Asam Urat. Pic by google

Fakta Tentang Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi apabila kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi. Asam urat yang terlalu tinggi dalam darah, lama kelamaan akan membentuk kristal pada bagian persendian. Jika sudah begini, sendi akan terasa sangat nyeri jika disentuh, hingga tidak jarang terasa sangat kaku dan tidak bisa digerakkan dengan leluasa.

Pengobatan medis bisa menjadi langkah terbaik. Namun sebetulnya penyakit seperti ini bisa dicegah dengan melakukan diet. Metode diet yang dilakukan adalah dengan mengontrol asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Selain itu bisa juga dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita asam urat supaya gejala yang ditimbulkan tidak semakin parah.

Meskipun telah mengkonsumsi makanan sehat, ada baiknya penderita asam urat juga perlu menjaga asupan cairan dalam tubuh. Konsumsi air putih yang cukup bisa menjadi pilihan terbaik. Satu lagi, penderita asam urat juga sebaiknya menghindari stress. Stres maupun kelelahan bisa menjadi salah satu penyebab penyakit asam urat kambuh.

Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat 

Jika tidak ingin kambuh, penderita asam urat sebaiknya melakukan kontrol terhadap asupan makanan yang masuk ke tubuhnya. Selalu upayakan hanya mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita asam urat saja. Berikut uraian tentang apa saja makanan sehat untuk penderita asam urat yang baik dikonsumsi bahkan setiap hari
  1. Konsumsi Buah-Buahan Pilihan Dalam Jumlah Banyak
    Usahakan untuk selalu mengkonsumsi buah-buahan. Sebetulnya semua jenis buah-buahan aman untuk penderita asam urat. Hanya saja ada jenis-jenis tertentu yang disarankan untuk dikonsumsi secara teratur. Buah seperti ceri, apel, pisang sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.
  2. Pilih Sayuran Yang Diperbolehkan
    Selain buah-buahan, makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah sayuran. Sama dengan buah, sayuran jenis apapun boleh menjadi pilihan makanan penderita asam urat. Mulai dari sayuran yang berwarna hijau contohnya seperti sawi, brokoli, serta kangkung. Bisa juga jenis sayuran yang punya kandungan karbohidrat kompleks seperti kentang. Bila mau yang lebih sehat, pertimbangkan untuk memilih jenis sayuran yang tidak memiliki rasa. Misalnya seperti terong, jamur, serta kembang kol.
  3. Hindari Makanan Dengan Kandungan Purin Yang Tinggi
    Penderita asam urat juga sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dengan kadar yang tinggi. Jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan serta aneka makanan laut. Jenis makanan tersebut bukannya sehat, malah membuat kadar asam urat dalam tubuh meningkat drastis. Penderita asam urat memang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar purin rendah. Per hari asupan purin normal untuk penderita asam urat tidak boleh lebih dari 100 mg.
  4. Produk Olahan Susu
    Ada beberapa produk olahan susu juga termasuk jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi penderita asam urat. Produk olahan susu contohnya yoghurt, atau keju bisa menjadi rekomendasi pilihan makanan untuk dikonsumsi sehari-hari. Tidak hanya produk olahan susu, penderita asam urat pun boleh meminum susu asli. Namun yang harus diperhatikan adalah sebaiknya pilih susu dengan kadar lemak yang rendah (low fat). Hal ini karena susu jenis low fat ternyata bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh sehingga lebih stabil.
  5. Minyak Zaitun
    Penderita asam urat tidak harus menghindari semua jenis minyak. Buktinya ada salah satu jenis minyak, yang bahkan bisa membantu penderita asam urat untuk menstabilkan kadar asam urat dalam tubuhnya yaitu minyak zaitun. Minyak zaitun kaya akan anti oksidan dan anti inflamasi yang ampuh untuk menurunkan kadar asam urat. Dengan begitu minyak zaitun bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat. Rutinlah untuk mengkonsumsi minyak zaitun pada pagi dan malam hari sebelum tidur dengan porsi secukupnya.
  6. Makanan Serta Suplemen Yang Mengandung Vitamin C
    Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh juga bisa dicegah dengan memperbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin C. Makanan yang mengandung vitamin C dipercaya sangat ampuh dalam menghancurkan asam urat sekaligus membuangnya dari tubuh. Jenis makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti lemon, buah jeruk, jambu, atau sayuran berdaun hijau. 
Selain itu, penderita asam urat juga sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk rajin mengkonsumsi suplemen vitamin C. Ada baiknya konsultasikan dulu pada dokter, produk suplemen vitamin C apa yang cocok. Baik untuk rencana diet atau pengobatan asam urat.
Itulah beberapa rekomendasi makanan sehat untuk penderita asam urat. Selain mengkonsumsi beberapa pilihan di atas, penderita asam urat juga harus mengimbangi dengan minum air putih yang cukup dan rutin berolahraga. Bagi yang masih penasaran tentang asam urat, atau informasi lain misalnya tentang ekonomi silahkan kunjungi CekAja.com dengan link https://www.cekaja.com/info/5-jenis-makanan-untuk-penderita-asam-urat/.

1 comment:

  1. Asam urat memang harus dikenali baik baik ya. Bukan apa apa, keseringan penyakitnya lain seperti kolestrol atau osteoporosis dll tapi yang disalahin Asam Uraaat terus! :)

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Singgah