Saturday, 1 February 2020

5 Kegiatan Asyik Selama Liburan di Ubud dan Sekitarnya

Tempat dan atraksi wisata di Ubud dan sekitarnya itu banyak sekali. Tanpa perencanaan atau searching terlebih dahulu informasi, kamu bisa bingung apa saja yang musti di lakukan setibanya di Ubud. Tapi setidaknya 5 kegiatan di bawah ini bisa menjadi inspirasimu.

Campuhan Ridge Walk. pic by omnivagant.com
Tapi sebelum melakukan kegiatan apa saja yang musti dilakukan di Ubud, yang perlu kita perhatikan pertama kali adalah ingin menggunakan transportasi apa di sana. Jadi, yang pertama adalah:

Siapkan Pilihan Transportasi

Begitu kamu tiba di Bandara Ngurah Rai kamu sudah bisa langsung menyewa mobil untuk menuju ke Ubud. Salah satu perusahaan rental mobil di Bali yang direkomendasikan adalah Omocars.

Mereka punya banyak pilihan mobil yang bisa disewa dengan atau tanpa sopir. Persyaratannya mudah, mobil akan diantarkan ke bandara dan nanti kamu kembalikan di bandara juga. Nah, setelah ada mobil kini saatnya kamu mengeksplorasi Ubud.
  • Campuhan Ridge Nature Walk 
Sebaiknya kamu datang ke tempat ini sepagi mungkin agar tidak terlalu terganggu dengan panasnya matahari. Sekitar 10 menit dari Central Ubud, punggung bukit Campuhan mempunyai jalan setapak yang terkenal untuk hiking.

Sepanjang jalan kamu akan melewati pepohonan palem, persawahan, beberapa desa, pokoknya pemandangannya menakjubkan. Setelah lelah berjalan kamu bisa mampir ke Karsa Spa, untuk beristirahat sambil mendapatkan pelayanan yang menyenangkan. Spa ini berlokasi di punggung bukit (ridge) Campuhan, di desa Bangkiang Sidem, di belakang Karsa Kafe.
  • Pura Tirta Empul
Berjarak 30 menit dari Central Ubud, dibangun sekitar tahun 962, pura ini mempunyai semacam sumber air suci yang tak pernah kering. Orang Bali selama berabad-abada mandi dan memurnikan diri mereka menggunakan air suci itu. Karena ini adalah tempat ibadah, maka diwajibkan untuk berpakaian sopan.

Bahkan pengelola juga menyediakan sarung untuk menutupi kaki dan selendang untuk menutupi bahu. Pura cantik ini unik, karena dibangun di sekeliling sumber mata air besar. Dibanding dengan tempat serupa lainnya di Bali, pengunjung di pura ini tidak terlalu penuh. Kecantikannya membuat waktu terasa cepat berlalu saat kamu berkeliling pura ini.
  • Pura Ulun Danu Bratan
Pura paling ikonik di Bali adalah Pura Ulun Danu Bratan, berada di tepi barat laut danau Bratan. Pura air yang dibangun pada 1633 ini menjadi tempat untuk memuja Dewi Danu, dewi air, sungai, dan danau.
Selain puranya, pemandangan di danau Bratan juga indah sekali. Hawanya dingin sehingga kamu wajib bawa jaket atau baju hangat. Danau Bratan dari Ubud jaraknya sekitar satu setengah jam bermobil, di danau ini ada perahu yang bisa disewa untuk berpesiar di danau.
  • Tari Kecak Api
Setiap Rabu, Sabtu, dan Minggu jam 7 malam di Jalan Sriwedari, Padang Tegal Kaja, Ubud, kamu bisa menyaksikan tari Kecak. Tiketnya sekitar 70 atau 80 ribu.
Puluhan orang menari mengelilingi api unggun besar sambil menembangkan pujian. Pertunjukan ini berlangsung sekitar 1 jam. Sebaiknya kamu datang lebih awal agar mendapat tempat duduk yang bagus.
  • Melihat Sunrise di Gunung Batur
Gunung Batur berada di sebelah utara Ubud, sekitar 1 jam perjalanan. Untuk bisa melihat sunrise kamu harus mendaki di pagi buta, jadi jangan lupa membawa senter. Pendakiannya kurang lebih 2 jam maka siapkan air minum dan stamina yang cukup.
Sampai di atas kamu akan bertemu banyak monyet. Lalu bersama turis lainnya menyaksikan matahari terbit yang indah dan menawan. 

Seperti itulah beberapa pilihan kegiatan yang bisa kita lakukan selama di Ubud, Bali. Tinggal menyesuaikan dengan keinginan, waktu, dan budget.

No comments:

Post a comment

Terima Kasih - @melfeyadin