Monday, 10 February 2020

SPOTS Mesin EDC Yang Bikin Mudah Segala Transaksi

Waktu saya lagi liburan di kampung awal Januari kemarin, saya sempat kebingungan ketika nggak pegang uang cash sama sekali. Sementara bahan-bahan makanan di dapur sudah habis, juga kebutuhan sehari-hari macam sabun mandi, cairan pembersih lantai, shampoo dan lainnya juga semakin menipis. Jadi nggak bisa belanja-belanja, ATM jauh, minimarket yang menerima pembayaran gesek kartu pun jauh banget. Bingung, asli bingung banget apalagi kalau kondisi lagi mager alias malas gerak karena setiap hari hujan.

Tiba-tiba saya berkhayal, coba ya kalau warung-warung di kampung saya itu punya alat pembayaran, mesin EDC, yang bisa cashless juga, yang bisa gesek kartu debit. Jadi saya nggak perlu susah-susah harus jalan jauh hanya untuk belanja keperluan sehari-hari ke minimarket ataupun ambil uang tunai di ATM. Karena saya ini termasuk orang yang susah liat uang tunai alias boros banget, ada tukang bakso, tukang siomay, es doger lewat depan rumah, maunya langsung dibeli. Terus saya jadi penasaran berapa harga mesin EDC itu, agar warung-warung di kampung bisa punya perangkat kasir yang bisa digunakan.

Begitulah susahnya kalau lagi tinggal di kampung,semua serba terbatas dan sedikit merepotkan. Kalau lapar harus masak sendiri, nggak bisa delivery makanan lewat online. Walau internet dan teknologi sudah maju, namun di kampung tetap saja belum semuanya melek dengan hal-hal semacam itu. Mau ini itu ya kudu dikerjain sendiri. Beda dengan di Kota pastinya.

Kalau di kota, kita layaknya seorang raja, mau ini itu tinggal tunjuk, tinggal klik, tinggal pesan. Semuanya tersedia, semua mudah. Tapi tergantung ada uangnya atau tidak, ya kan? Hehe
Jadi, ya kita harus giat berusaha, bekerja untuk menghasilkan uang, sehingga bisa melakukan atau membeli ini itu sesuai apa yang kita mau dan butuhkan.

Well, seperti yang saya bilang tadi. Kalau tinggal di kota, apapun mudah dicari. Kayak semalam tuh, saat lagi lapar-laparnya banget, ya tinggal jalan saja ke Cibinong City Mall yang nggak jauh dari kosan. Banyak tenant dengan aneka kedai makanan, dari menu lokal sampai yang asing banget di lidah. Dari cemilan ringan biasa, sampai yang makannya harus ramai-ramai sama teman atau keluarga. Apapun mudah sekali ditemukan. Termasuk soal pembayarannya.

Karena saya sukanya cashless, jika membeli sesuatu saya lebih suka dengan cara gesek kartu debit (maklum nggak punya kartu kredit). Karena menurut saya itu lebih simple dan efisien tanpa harus menunggu atau menghitung kembalian, yang terkadang recehan, dompet jadi penuh.


Nah, kemarin saat saya membayar makanan yang saya beli di gerai CFC, di Cibinong City Mall. Saya melihat kasirnya gesek kartu debit BCA saya di mesin EDC Spots. Bukan di perangkat kasir yang biasa saya lihat, terlihat layarnya lebih besar dan touchscreen, mirip smartphone. Karena penasaran, mengapa mesinnya berbeda? Saya langsung bertanya ke Mbak kasir yang melayani saya. Siapa tau saya bisa mengulik informasi soal harga mesin EDC ini, jadi bisa direkomendasikan untuk usaha orang lain yang ingin punya mesin EDC sendiri. Apalagi saat ini mesin kasir Spots sudah digunakan di lebih dari 15.000 outlet di Indonesia.

Beginilah sedikit penjelasan yang saya ingat, yang disampaikan si Mbaknya dengan singkat disela-sela melayani orderan saya.

Jadi, Spots ini merupakan aplikasi kasir online (sistem point of sale) yang multifungsi, yang bisa digunakan untuk mengelola pesanan, mencatat pesanan, pencetakan resi dalam satu perangkat kasir. Sekaligus bisa juga untuk menerima pesanan Go Food, menerima metode pembayaran non tunai seperti Gopay, Ovo dan Debit. Dan next time dalam waktu dekat, bisa juga menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Sesampainya di kosan, saya langsung searching di google untuk mencari tau tentang perangkat kasir Spots, sekaligus mencari tau berapa harga mesin EDC Spots ini. Ternyata canggihnya lagi nih perangkat kasir Spots ini juga bisa menuliskan laporan harian dari berbagai macam tipe pembayaran. Keren banget! Mesin EDC ini sepertinya cocok juga buat usaha toko baju Bu Kos saya. 

Karena dengan mesin EDC Spots, warung-warung maupun tempat usaha, UMKM yang dimiliki seseorang bisa nggak lagi kewalahan saat harus mencatat pesanan, menulis laporan, mencatat resi pembelian dan lain-lain. Semua bisa dikerjakan dalam satu perangkat kasir. Sehingga nggak perlu lagi mesin tambahan untuk nge-prin/cetak resi transaksi.


Mesin EDC Spots ini juga sudah terintegrasi dengan aplikasi GoBiz, pemilik usaha bisa mengatur sendiri menu yang ada di perangkat kasir, bisa terima pesanan Go-Food, mengatur jumlah menu, foto, harga, bisa mengatur promo diskon yang sedang berlaku. Karena Spots sendiri merupakan mesin kasir dari GOJEK, bagian dari grup perusahaan GOJEK.

Canggih banget ya kan, jadi saya langsung cari info soal harga mesin EDC ini. Dari informasi yang saya baca di websitenya Spots dan sosial media instagramnya Spots di https://www.instagram.com/spots.id/. Harga mesin EDC Spots ini sangat terjangkau jika melihat beragam fiturnya yang berkualitas dan integritas. Karena untuk mendapatkan mesin kasir Spots, pelanggan hanya perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 490.000,- (termasuk dengan perangkat kasir-nya sendiri). Jadi buat pemilik usaha apapun, nggak perlu lagi deh beli perangkat lain, seperti tablet atau alat printer terpisah. Karena dengan satu perangkat kasir Spots semua bisa lakukan sekaligus. Praktis banget!

23 comments:

  1. kalo di ktr2 seperti ktr aku, pake mesin edc udh bnyk ya... tapi di warung2, hebat ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, klo ada di warung2 makin memudahkan semua org ya buat transaksi. Apalagi klo misal gak ada kembalian.

      Delete
  2. Kemudahan seperti ini ternyata terjangkau banget ya. Dulu kirain harga mesinnya itu mahal bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, aku pikir juga begitu.
      Klo pake spots ternyata bisa diliat laporannya jg.

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Deket rumah udah mulai banyak gerai yang menggunakan mesin EDC SPOTS nih. Sama-sama diuntungkan, penjual & pembeli, engga ribet dengan tunai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, memudahkan bgt. Semoga semakin banyak toko/warung2 kecil jg mau pakai ini ya.

      Delete
  5. Asli banget, kemudahan transaksi dengan mesin edc ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik ya, saya pun klo punya toko sendiri mau punya mesin ini. Jd all in klo mau transaksi

      Delete
  6. Hehe di warung2 soto dan kecil lainnya di tempatku udah pakai ini.. mempermudah transaksi ya hwhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah serius lan? jd gak repot ya klo mau cashless, apalagi sekarang menghindari virus corona

      Delete
  7. Wah solutif banget nih buat usaha kecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, teknologi makin canggih aja ya.

      Delete
  8. Sekarang UMKM rata-rata sudah menggunakan ini ya 😁 Modern sekali ternyata sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Ham, teknologi modern memang mempermudah semua org yah

      Delete
  9. Suprise banget, anak saya habis belanja di warung klontong kecil pulang2 bawa struk. Enak kaan...bisa nge-cek klw ada kesalahan harga.

    ReplyDelete
  10. Cocok banget nih buat usaha yang baru buka. Ga capek catat manual, semuanya terekam jadi praktis. Kita bisa fokus jualan dan memasarkan produk, ga ribet sama pendataan cash flow penjualan.

    ReplyDelete
  11. Sepertinya bakalan membantu banget kalau dipakai buat UMKM, gak perlu susah-susah cari uang receh buat kembalian...

    ReplyDelete

Terima Kasih Sudah Singgah